ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Sebagai Upaya Mengurangi Sampah Plastik, Ini 5 Alternatif Sedotan Plastik yang Bisa Anda Gunakan

Meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, membuat sebagian besar masyarakat jadi lebih peka terhadap gerakan zero-waste, salah satunya diwujudkan dengan aksi mengurangi pemakaian kantung plastik atau sedotan plastik. Walaupun terkesan sepele, kenyataannya sedotan plastik merupakan salah satu dari 10 sampah yang paling banyak ditemukan di laut dan bisa mengancam kesehatan biota laut, lho! Nah, demi mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan oleh sampah sedotan plastik, banyak masyarakat Indonesia yang kini mulai menggalakan kampanye anti sedotan plastik. Well, jika Anda ingin turut menjadi bagian dari kampanye tersebut, berikut 5 pilihan sedotan alternatif yang bisa dicoba!

1. Sedotan stainless steel

Alternatif Sedotan Plastik

Sesuai namanya, sedotan stainless steel terbuat dari bahan metal yang anti noda. Jenis sedotan ini umumnya dijual secara paket, lengkap dengan sikat khusus untuk membersihkan rongganya. Dengan adanya sikat tersebut, para pengguna jadi dapat memakainya secara berulang kali. Selain masa pakainya yang panjang, keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari sedotan stainless steel adalah materialnya yang kuat. Anda jadi tidak perlu khawatir sedotan akan mudah rusak. Menariknya lagi, sedotan stainless steel juga tersedia dalam banyak pilihan warna lho, mulai dari emas, rose gold, bahkan ada pula yang hologram.

2. Sedotan kaca

Walau terbuat dari kaca yang mungkin akan sedikit lebih rentan pecah ketimbang sedotan stainless steel, sedotan kaca juga tak kalah digemari. Salah satu kelebihannya adalah permukaannya yang transparan, sehingga Anda bisa tahu dengan pasti bahwa sedotan berada dalam keadaan bersih atau tidak. Soal desain, sedotan kaca juga hadir dalam variasi warna yang menggemaskan, kok!

3. Sedotan bambu

Alternatif Sedotan Plastik

Alternatif sedotan plastik berikutnya adalah sedotan yang terbuat dari bambu. Dikarenakan terbuat dari bahan alami, sedotan bambu diyakini lebih aman dan lebih ramah lingkungan untuk digunakan. Namun, perlu diingat; karena terbuat dari bahan alami tersebut, sedotan bambu memiliki jangka waktu penggunaan yang lebih singkat ketimbang sedotan stainless steel atau kaca. Seiring dengan penggunaannya, lambat laun sedotan bambu akan terurai (sedotan ini dapat dibuang sebagai sampah kompos). Beberapa jenis minuman juga akan meninggalkan noda pada sedotan ini. Namun, apabila Anda mencari sedotan yang benar-benar ramah lingkungan dan alami, sedotan bambu bisa dijadikan pilihan.

4. Sedotan silikon

Alternatif Sedotan Plastik

Jika Anda ingin mengenalkan sedotan alternatif pada si kecil namun khawatir dengan material kaca yang mudah pecah, stainless steel yang terlalu keras, atau sedotan bambu yang dapat terurai, material silikon tentu menjadi pilihan yang tepat. Hadir dengan material silikon yang lentur, sedotan ini dapat dengan mudah digunakan oleh siapa saja dan juga mudah untuk dibersihkan. Selain itu, sedotan silikon juga hadir dalam warna-warna yang cerah. Pssst, karena materialnya yang lentur, pastikan Anda mempersiapkan tusuk gigi atau benda tajam lainnya untuk melubangi kemasan minuman sebelum memakai sedotan silikon ini, ya!

5. Sedotan Kertas

Alternatif Sedotan Plastik

Jika mencari alternatif yang lebih terjangkau, Anda bisa mengandalkan sedotan kertas, lho! Penggunaan sedotan kertas dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sudah cukup lazim, terlebih untuk acara spesial yang membutuhkan kuota besar. Selain dapat meminimalisir sampah plastik, sedotan kertas juga datang dalam desain yang menggemaskan dan bisa di-customize untuk memaksimalkan dekorasi suatu acara.

Baca juga: 3 Hal Sederhana yang Dapat Anda Lakukan Sebagai Bentuk Rasa Sayang Pada Bumi

PREVIOUS ARTICLE

Di Balik Krisis Berkepanjangan, Venezuela Simpan Keindahan Wisata Alam yang Memesona

NEXT ARTICLE

Rekomendasi Restoran Romantis untuk Ngedate dengan Pasangan Saat Valentine di Yogyakarta

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments