ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Bukan Gangguan Mental, Berikut 5 Alasan Kesehatan yang Membuat Seseorang Menjadi Mudah Menangis Tanpa Sebab

Semua orang di dunia baik wanita maupun pria pasti pernah meneteskan air mata. Biasanya orang akan menangis ketika mereka merasa sedih ataupun sangat bahagia. Namun dalam beberapa kasus, ada orang yang mudah menangis secara tiba-tiba bahkan mungkin jarang orang tahu apa penyebabnya. Banyak orang yang mengaitkan hal tersebut dengan terjadinya gangguan mental yang dialami oleh seseorang. Namun, sebenarnya ada beberapa alasan kesehatan yang membuat seseorang menjadi mudah menangis. Berikut ini lima alasannya!

Gangguan Kecemasan

alasan kesehatan mengapa seseorang menangis tanpa sebab

Rasa cemas atau takut terhadap sesuatu merupakan hal yang wajar. Namun ketika tingkat kecemasan sudah masuk ke dalam kategori generalized anxiety disorder (gangguan kecemasan) maka hal ini dapat menyebabkan tekanan fisik dan emosional yang mengganggu kemampuan seseorang untuk menjalani kehidupan normalnya. Menurut  Yvonne Thomas, Ph.D., seorang psikolog asal Los Angeles, tekanan emosional saat seseorang mengalami kecemasan yang berlebihan inilah yang membuat mereka ketakutan dan otak akan mengirimkan sinyal untuk menangis sebagai luapan dari emosi yang tak tertahankan.

Stres

alasan kesehatan mengapa seseorang menangis tanpa sebab

Saat sedang merasa tertekan atau stres, Anda akan menjadi mudah menangis karena kondisi mental dan emosi Anda menjadi tidak stabil. Menurut penjelasan Psikolog Lauren Bylsma dalam The Huffington Post, menangis merupakan efek dari rasa stres atau tertekan terhadap suatu keadaan. Hal ini sangatlah wajar, bahkan menurut Lauren, menangis justru bisa membantu untuk meredakan rasa stres yang dialami seseorang dan memperbaiki suasana hati mereka, lho!

Depresi

alasan kesehatan mengapa seseorang menangis tanpa sebab

Depresi adalah gangguan kesehatan mental serius yang meliputi kesedihan mendalam dengan perasaan tidak berdaya, tidak berharga, dan putus asa yang dapat berlangsung cukup lama. Biasanya seseorang yang mengalami depresi akan menjadi lebih mudah menangis, bahkan terhadap hal-hal yang mungkin remeh. Saat orang mengalami depresi, tekanan di dalam diri dan perasaan yang rapuh membuat mereka menjadi lebih mudah dan banyak mengeluarkan air mata. Tangisan yang keluar juga menjadi salah satu tanda jika mereka merasa tidak lagi berdaya, dan menangis adalah satu-satunya cara untuk mengekspresikan perasaannya.

PMS

alasan kesehatan mengapa seseorang menangis tanpa sebab

Para wanita saat sedang PMS akan mengalami perubahan mood yang tak terduga, bahkan ada beberapa orang yang menjadi lebih mellow hingga mereka bisa menangis tanpa sebab. Hal ini dikarenakan perubahan hormon estrogen dan progesteron yang tidak menentu ketika seorang wanita memasuki masa PMS. Kedua hormon tersebut memiliki tanggung jawab untuk mempengaruhi suasana hati. Sehingga, ketika hormon estrogen dan progesteron mengalami fase naik turun, maka kita para wanita akan menjadi lebih mudah marah, emosi, bahkan membuat para wanita bisa dengan mudah menangis tanpa sebab yang jelas.

Pseudobulbar Affect (PBA)

alasan kesehatan mengapa seseorang menangis tanpa sebab

Penyebab terakhir seseorang bisa menjadi mudah menangis bahkan tanpa sebab yang jelas bisa dikarenakan orang tersebut mengalami Pseudobulbar Affect (PBA). PBA sendiri merupakan keadaan cedera saraf otak yang mengakibatkan kemampuan seseorang untuk mengendalikan emosi menjadi terganggu. Penyakit ini disebut juga dengan inkontinensia emosional. Dikutip dari Webmd, orang yang mengalami PBA bukan hanya bisa menangis tanpa alasan, tetapi mereka juga tertawa dan marah tanpa sebab. Seseorang yang pernah memiliki riwayat penyakit seperti, stroke, Alzheimer, Parkinson, atau multiple sclerosis rentan terhadap penyakit ini.

Baca Juga: Wow, Ternyata Menangis Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan!

PREVIOUS ARTICLE

Wajib Tahu! Ini 5 Tipe Wanita yang Dihindari Para Pria untuk Dijadikan Kekasih

NEXT ARTICLE

Plant Based Meat Foods, Alternatif Daging yang Terbuat dari Tumbuhan. Tertarik Mencobanya?

RELATED ARTICLES

QC Content at Beauty Journal

COMMENTS

8comments


  • Amanda Alethea11 hours ago

    shock

  • Jane Abigail4 weeks ago

    shock

  • Christa Bella Septarisanty4 weeks ago

    Wah, thank you for writing this 🙏🏻

  • Zarima Shakun4 weeks ago

    Aku kadang suka gini jg

  • dhani prisantika1 month ago

    wow

  • Nabila Lifa1 month ago

    Kebiasaan Aku bgt ini mah

  • SINTA INDRIANI1 month ago

    kadang suka netesin air mata dg sendirinya

  • emma puspita1 month ago

    kadang kalo nahan kesal mending di nangisin, hati bisa langsung plong