ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Alasan Mengapa Anda Harus Mencoba Pound Fit, Olahraga Kardio yang Seperti Bermain Drum

Untuk sebagian orang, olahraga merupakan kegiatan yang melelahkan dan membosankan karena membuat seluruh anggota tubuh bergerak secara monoton. Akibatnya, banyak orang yang jadi malas berolahraga karena tidak dapat menikmati kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh ini. Jika Anda merasa olahraga itu membosankan, mungkin Anda belum pernah mencoba pound fitness atau biasa dikenal dengan pound fit.

Pound fit adalah olahraga kardio dengan simulasi drum yang gerakannya terinspirasi dari yoga dan pilates. Alih-alih mendengarkan musik saat berolahraga, dalam pound fit, Anda justru membuat musik sendiri dengan menggunakan ripstix ringan yang dibuat khusus untuk berolahraga. Olahraga ini memiliki taktik cerdas, yaitu mampu mengalihkan fokus ke volume dan ritme, sehingga lupa akan waktu yang telah dihabiskan. Lagu berdurasi dua hingga empat menit memastikan Anda mendapatkan latihan terbaik dalam rentan waktu yang pendek. Yang paling keren, setelah menyelesaikan kelas pound fit selama 45 menit, itu berarti Anda telah melakukan repetisi sebanyak 15 ribu gerakan, menampilkan lebih dari 30 interval, dan memainkan lebih dari 70 teknik tanpa menyadarinya. Wow!

Untuk memantapkan tekad Anda memulai olahraga, berikut lima alasan yang harus diketahui, mengapa Anda harus mencoba pound fit.

Olahraga yang Menyenangkan

Olahraga sambil mendengarkan musik merupakan dua hal yang sulit untuk dilepaskan. Dalam pound fit, Anda tidak hanya mendengarkan musik saja, tetapi juga turut membuat musik sendiri dengan menggunakan ripstix. Bak seorang drummer, Anda dapat menggerakkan ripstix sesuai dengan alunan lagu dan juga instruktur. Ripstix-nya pun ringan, sehingga memudahkan Anda memainkannya dan berfungsi untuk mengaktifkan upper body yang membuat tubuh terasa kencang. Selain itu, menurut salah satu instruktur pound fit di Jakarta, Sistya Windasari, hasil suara ripstix yang ditabuhkan juga dapat membantu membakar semangat.

Menggerakkan Semua Anggota Tubuh

Ritme, waktu, koordinasi, kecepatan, ketangkasan, daya tahan, dan musikalitas Anda akan meningkat pesat saat melakukan pound fit. Bayangkan, berapa banyak kalori yang dapat Anda keluarkan saat semua otot, bahkan otak bekerja? Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa bermain drum mampu menguatkan otak dan menghilangkan stres. Dikutip oleh Women’s Health, “Ritme drum menembus ke seluruh otak untuk meningkatkan fokus, pemikiran tingkat tinggi, ketepatan mengambil keputusan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit kronis, kecemasan, dan kelelahan,”.

Anda akan Merasa seperti Rockstar

Meskipun pound fit tidak dapat merubah Anda menjadi seorang drummer, namun keikutsertaan dalam simulasi drum yang diiringi dengan lagu-lagu band, seperti Paramore atau Fall Out Boy adalah sebuah perasaan yang luar biasa. Terutama jika Anda sedang mengalami stres atau dilanda amarah dan butuh pelampiasan yang tentu tidak merugikan orang lain, pound fit merupakan cara yang tepat untuk melampiaskannya.

Kegiatan secara Kelompok

Sebuah studi menunjukkan bahwa 95% orang yang memulai program penurunan berat badan di sebuah kelas yang terorganisir akan tetap mengikuti pelatihan, sedangkan yang berolahraga sendirian kian menurun menjadi 75%. Bergabung dan mengikuti pelatihan bersama dalam sebuah grup memiliki efek besar, karena semangat dari setiap individu dapat menular. Pelatihan dalam kelompok juga dapat memberikan motivasi, tawa, pengalaman bersama. “Kelas yang baik akan mencakup elemen-elemen penting untuk menghindari cedera, seperti pemanasan dan pendinginan yang tepat. Ketika berlatih sendiri, kita sering melewatkan langkah-langkah itu,” jelas seorang ahli dari Virgin Active, Cari Hannan. Bukankah, menjadi hal yang sangat menyenangkan saat bertemu dengan orang-orang baru dalam sebuah komunitas?

Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah

pound fit

Jika tidak ada kelas pound fit di sekitar tempat tinggal, Anda dapat melakukannya di rumah dengan membeli DVD atau melihat instruksi melalui video di Youtube. Kini, tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya, karena kegiatan olahraga yang menyenangkan bisa Anda temukan di pound fit! Yang terpenting, dalam melakukan olahraga apapun, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum memulainya dan melakukan pendinginan setelah selesai, ya!

Baca juga: Yuk, Jaga Kesehatan Tubuh dengan Rekomendasi Studio Olahraga di Jakarta Berikut Ini!

 

Sumber cover

PREVIOUS ARTICLE

Masih Belum Bisa Mengenal Karakter Generasi X, Y, dan Z? Ternyata Ini Lho yang Membedakannya!

NEXT ARTICLE

5 Alasan yang Membuat Seseorang Sulit Meninggalkan Hubungan Tidak Sehat

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

comments