ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Ragam Profesi Unik yang Diprediksi akan Ada di Masa Depan. Tertarik Menggelutinya?

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat tiap orang mau tak mau harus mengikuti arus tersebut. Jika tidak, Anda akan dihadapkan pada persaingan. Hal tersebut rupanya juga akan memengaruhi aspek karier, yang mana dalam beberapa waktu ke depan mungkin saja pekerjaan akan diganti dengan kemampuan teknologi yang mumpuni. Berangkat dari ojek online yang keberadaannya kini mulai menggeser ojek tradisonal, yuk, lihat deretan pekerjaan yang diprediksi akan banyak digeluti di masa depan menurut berbagai sumber!

1. Insinyur Makanan

Populasi manusia yang terus tumbuh tentu perlu dibarengi dengan persediaan makanan yang menjadi kebutuhan dasar. Namun, para ilmuwan khawatir jika makanan yang menjadi penopang kehidupan ini jadi tak seimbang jumlahnya dengan pertumbuhan populasi. Oleh karena itu, dibuatlah laboratorium yang akan mengubah genetik pada sayuran dan buah untuk mempercepat pertumbuhan dan hasil panen. Genetically Modified Food atau frankendfood merupakan jenis makanan hasil modifikasi genetik yang memiliki keunggulan dari makanan biasanya. Mengingat keberadaan frankendfood kini mulai marak, maka tak heran jika pekerjaan sebagai insinyur makanan alias Food Engineer akan begitu diminati di masa depan.

2. Tele-Surgeon

Jika pernah menonton film series berjudul The Resident, mungkin Anda tak akan asing dengan cara kerja Tele-surgeon. Pasalnya, dalam film ini menunjukkan bagaimana pekerjaan dokter bedah menjadi mudah dengan adanya peralatan robot. Tele-surgeon sendiri memungkinkan dokter bedah untuk tidak secara fisik berada pada ruang bedah, melainkan diganti dengan peralatan robot yang terhubung secara online. Dokter bedah nantinya tak lagi perlu menggunakan tangannya langsung untuk membedah pasien karena dapat digantikan dengan lengan robot.

Meski demikian, kontrol penuh dalam pembedahan tetap berada pada kuasa sang dokter bedah dan tetap memerlukan keahlian dokter tersebut. Tele-surgeon sendiri sudah mulai diperkenalkan tahun 2012 dan memungkinkan pekerjaan ini akan terus berkembang di masa depan.

3. Banker Mata Uang Digital

Bitcoin atau Ripple sempat menjadi bahan perbincangan berbagai orang beberapa tahun belakangan. Mata uang digital ini dianggap menjadi solusi pengganti untuk mata uang konvensional karena nilai tukar yang terus naik dari tahun ke tahun. Namun, Bank Indonesia sebagai regulator keuangan menegaskan bahwa cryptocurrency atau mata uang virtual tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah atau ilegal di Indonesia. Meski demikian, kepopuleran mata uang virtual ini tetap naik di beberapa negara sehingga dicanangkan adanya bank mata uang digital atau Cryptocurrency Bank. Berbeda dengan bank pada umumnya, Cryptocurrency Bank tidak memiliki alamat tetap. Oleh karena itu, ke depannya dibutuhkan Cryptocurrency Banker yang memahami transaksi perbankan mata uang digital ini.

Baca juga: Mengenal Bitcoin, Mata Uang Virtual yang Kini Digilai Banyak Orang Sebagai Investasi

4. Avatar Designer

Dilansir dari situs macleanssalah satu pekerjaan di masa depan yang diprediksi akan diminati banyak orang adalah designer avatar. Avatar sendiri merupakan penggambaran atas diri manusia secara virtual atau online. Ke depannya, avatar ini diprediksi akan menggantikan manusia dalam bentuk visual di dunia nyata; mulai dari tinggi badan dan bentuk wajah, semuanya didesain benar-benar serupa. Avatar tersebut akan berbicara, bersosialisasi, bahkan memecahkan permasalahan pribadi dengan menggantikan posisi manusia aslinya. Dengan semakin meningkatnya teknologi, banyak yang memprediksi bahwa pekerjaan ini akan punya banyak peminat.

5. Nostalgist

Menurut The Canadian Scholarship Trust Plan salah satu pekerjaan yang terbilang unik di masa depan adalah sebagai Nostalgist. Seorang nostalgist adalah mereka yang ditugaskan membantu menciptakan desain rumah untuk para lansia. Daripada tinggal di sebuah desa lansia yang memiliki bentuk rumah hampir serupa, lansia pada tahun 2030 akan lebih memilih rumah yang dapat menciptakan kembali kenangan masa lalunya. Para Nostalgist nantinya akan mengatur kembali waktu dan tempat yang dipilih para lansia untuk dirancang khusus di rumah mereka sebagai gambaran masa lalu. Hmm, adakah yang tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: Ini Dia 5 Jenis Pekerjaan yang Diprediksi akan Hilang dalam 10 Tahun Mendatang

PREVIOUS ARTICLE

Terkenal Berkat Photobomb di Karpet Merah Golden Globes 2019, Ini Sosok Fiji Water Girl Sebenarnya

NEXT ARTICLE

Ingin Memulai Gaya Hidup Minimalis? Ini Berbagai Pertimbangan yang Perlu Dipikirkan Saat Menyortir Barang

RELATED ARTICLES

comments