ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

5 Jenis Minuman yang Harus Dihindari Saat Mengonsumsi Obat

Saat sakit dan harus mengonsumsi obat, pasti ada aturan khusus yang harus Anda ikuti untuk memaksimalkan khasiat dari obat tersebut. Misalnya, harus diminum 3 kali sehari, sesudah makan atau sebelum makan. Namun, saat mengonsumsi obat ternyata ada beberapa minuman yang harus Anda hindari juga, nih. Mengonsumsi minuman yang tidak tepat saat minum obat, dapat menurunkan khasiat obat sekaligus memberi dampak negatif pada tubuh Anda. Alih-alih menjadi sembuh setelah mengonsumsi obat, khasiat obatnya justru tidak akan bekerja secara maksimal nantinya. Apa saja minuman yang harus dihindari saat mengomsumsi obat? Cek selangkapnya dalam artikel ini ya, ladies!

Jus Buah

Minuman yang Harus Dihindari Saat Mengonsumsi Obat

Mengonsumsi jus buah memang sangat bermanfaat bagi tubuh karena kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya. Namun, jus buah adalah salah satu minuman yang harus dihindari terutama saat mengonsumsi obat, lho. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Western Ontario University, mengonsumi jus buah saat minum obat akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap khasiat dari obat tersebut. Jus buah menghasilkan beberapa enzim tertentu pada tubuh yang dapat membuat khasiat obat menjadi berkurang atau justru malah menimbulkan efek overdosis.

Susu

Minuman yang Harus Dihindari Saat Mengonsumsi Obat

Susu adalah minuman yang kaya kandungan kalsium dan bermanfaat bagi kesehatan tulang. Namun ternyata kandungan kalsium tersebut justru akan membuat kemampuan tubuh untuk menyerap khasiat obat menjadi berkurang dan tidak maksimal. Saat Anda mengonsumsi obat, tubuh membutuhkan waktu yang cukup untuk melarutkan dan kemudian menyebarkannya melalui aliran darah agar khasiatnya dapat bekerja menyembuhkan bagian tubuh yang sakit. Jika obat yang Anda konsumsi bertemu kalsium dari susu, proses penyerapan obat akan terganggu sehingga kehilangan efektifitasnya. Untuk dapat memaksimalkan khasiat obat, Anda dapat meminum susu 2-3 jam setelah mengonsumsi obat.

Kopi

Minum kopi saat mengonsumsi obat sangat tidak dianjurkan karena akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh Anda. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat merangsang kerja otak dan jantung. Meminum kopi saat mengonsumsi obat akan membuat detak jantung meningkat dengan drastis dan hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Selain itu, meminum kopi saat mengonsumsi obat akan menimbulkan beberapa efek negatif yang lain, seperti: keracunan, sakit kepala, tekanan darah rendah dan juga mual. Untuk menghindari efek negatif tersebut, sebaiknya hindari meminum kopi saat mengonsumsi obat.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Minum Obat Warung, Ikuti Dulu Panduan Berikut Ini

Teh Hijau

Minuman yang Harus Dihindari Saat Mengonsumsi Obat

Apakah Anda adalah salah satu orang yang masih memiliki kebiasaan minum teh saat mengonsumsi obat? Sebaiknya mulai hentikan kebiasaan ini. Karena selain membuat efektiftas obat dalam tubuh berkurang, kandungan kafein dalam teh hijau juga dapat memberi dampak buruk bagi denyut jantung saat dicampurkan dengan obat. Ditambah lagi, teh hijau adalah jenis teh yang memiliki kandungan kafein paling tinggi di antara jenis teh yang lain. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan vitamin K yang dapat menurunkan khasiat dari obat yang Anda konsumsi.

Minuman Isotonik

Minuman yang Harus Dihindari Saat Mengonsumsi Obat

Minuman isotonik adalah minuman yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh karena memiliki nilai elektrolit yang  serupa dengan tubuh. Dengan mengonsumsi produk yang memiliki kandungan asam sitrat, mineral dan gula ini tubuh Anda akan kembali terpenuhi asupan cairannya, terutama setelah melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga atau saat diare. Namun perlu diperhatikan juga kapan mengonsumsinya. Karena minuman isotonik tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat Anda ingin mengonsumsi obat. Karena dikhawatirkan terjadi penumpukan kadar natrium dalam darah yang dapat meningkatkan risiko peningkatan tekanan darah. Selain itu penumpukan kalium cenderung berbahaya bagi otot jantung. 

Baca Juga: Waspada! Ini Dia 5 Jenis Obat-Obatan yang Wajib Dihindari Wanita Hamil

PREVIOUS ARTICLE

Supaya Hubungan Lancar, Coba 5 Strategi Ini untuk Lebih Dekat dengan Keluarga Pasangan

NEXT ARTICLE

5 Gerai Makanan Asli Lokal Selain J.CO, yang Kerap Dianggap sebagai Brand Luar Negeri

RELATED ARTICLES

COMMENTS

10comments


  • Amelia Suryani4 months ago

    kalo susu tauu, kalo yg lain lain blm tau???trnyata banyak juga dan ada lg yg lain selain susu

  • Fanya Arisa4 months ago

    Air mineral is the best lah

  • Ramdhani K Putra4 months ago

    Kadang suka enggak sadar, terimakasih infonya

  • Nazwa Nazar4 months ago

    Wah bermanfaat sekali nih, terimakasih yaaa

    • Ramdhani K Putra4 months ago

      @Nazwanazar Follow back yaa

  • Elisa Fitriyani4 months ago

    Nice

    • Ramdhani K Putra4 months ago

      @elilisasa Follow back ya

  • Muslyha R5 months ago

    tmksh infonya

  • Kiky Martha5 months ago

    Ada baiknya disebutkan buah apa saja dengan obat apa, karena tidak semua buah mempengaruhi metabolisme obat ?

    • Siti Annisa Oktaviani3 months ago

      @kikymarthaa sepakat

  • Angela Melinda5 months ago

    Nice info :)

  • Widya Limmena5 months ago

    thankyou infonya kak ^^

  • Kendisza Larassati5 months ago

    Thanks for sharing this information!