ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Meskipun Lapar, 5 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Terbangun dari tidur dan langsung dihadapkan dengan bau makanan yang lezat mungkin terasa menyenangkan dan membuat Anda ingin cepat-cepat menikmati sarapan. Tetapi tahukah Anda betapa berbahayanya jika perut yang masih kosong terisi dengan pilih makanan yang salah?

Banyak alternatif makanan yang bisa memuaskan rasa lapar di pagi hari ketika sedang dilanda rasa lapar. Namun, langsung mengonsumsi apapun yang bisa dimakan bukanlah solusi yang tepat. Ada beberapa makanan tertentu yang dapat memberi efek buruk bagi kesehatan jika Anda memakannya di saat perut kosong, ladies! Apa saja sih makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong?

1. Pisang

Buah ini mungkin menjadi pilihan paling mudah bagi Anda untuk dikonsumsi saat perut kosong. Selain mudah dikonsumsi, buah yang tinggi akan kandungan zat besi-nya ini juga terkenal akan manfaatnya yang bisa mempertahankan tekanan darah, mengurangi depresi, membantu merangsang produksi hemoglobin, dan segudang manfaat baik lainnya.

Namun, meski memiliki potassium, magnesium, dan serat yang tinggi, mengonsumsi pisang di saat perut kosong ternyata tidak disarankan. Kadar gula alami yang terdapat dalam pisang memang bisa meningkatkan energi bagi tubuh untuk sementara waktu, namun sekaligus dapat menyebabkan rasa kantuk dan lelah dalam beberapa jam ke depan. Mengonsumsi pisang saat perut kosong juga akan meningkatkan kadar magnesium dalam aliran darah dengan cepat dan berdampak buruk pada liver dan jantung.

2. Tomat

Sering dianjurkan sebagai salah satu alternatif menu sarapan, buah berwarna merah dengan rasa asam segar ini memang terkenal akan nutrisi dan kandungan Vitamin C yang tinggi. Tetapi, tomat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika perut Anda masih kosong, terlebih jika Anda memiliki penyakit maag atau tukak lambung. Tomat mengandung sifat asam tanat yang tinggi yang dapat merangsang produksi asam lebih banyak di saluran pencernaan dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan juga terjadinya gangguan pada lambung.

3. Kue kering

Kue kering mungkin menjadi pilihan yang pas untuk dijadikan camilan di kala perut lapar. Akan tetapi, menjadikan kue kering sebagai pilihan sarapan bukanlah hal yang baik. Sebagian besar kue kering terbuat dari tepung terigu dan gula. Dua kandungan yang terdapat dalam kue kering ini dapat menghasilkan gas, yang mengakibatkan masalah pencernaan dan bahkan bisa membebani liver. Beberapa kue kering juga mengandung ragi yang dapat mengganggu lapisan perut dan menyebabkan perut menjadi kembung bahkan sembelit.

4. Yoghurt

Seperti yang diketahui, yoghurt memang baik untuk melancarkan pencernaan dan makanan ini juga menjadi salah satu alternatif menu sarapan kebanyakan orang. Tetapi sebaiknya, jangan mengkonsumsi yoghurt saat perut Anda masih kosong karena yoghurt yang dicerna pada perut kosong tidak akan memberikan manfaat baik apapun. Mengonsumsi yoghurt di saat perut masih kosong hanya akan membuat bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt terbunuh oleh asam hidroklorida dari lambung dan bisa menyebabkan gangguan perut.

5. Makanan pedas

Pernah mendengar bahwa makanan pedas ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan? Ternyata hal ini benar adanya loh, ladies! Beberapa manfaat baik jika Anda mengonsumsi makanan pedas antara lain membantu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, membantu mengontrol nafsu makan, menjaga metabolisme tubuh, dan lain-lain.

Tapi cukup disayangkan karena di saat yang bersamaan, makanan pedas, terutama yang dikonsumsi saat perut kosong bisa mengiritasi sistem pencernaan yang memicu pelepasan asam lambung. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pencernaan seperti diare sehingga makanan pedas tidak disarankan untuk dikonsumsi saat perut Anda masih kosong. Jika Anda termasuk salah satu orang yang gemar makan pedas-pedas di pagi hari, mulai kurangi kebiasaan ini, ya!

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Perlu Anda Konsumsi untuk Membersihkan Darah Kotor Dalam Tubuh

[Sumber Foto Cover]

PREVIOUS ARTICLE

5 Rekomendasi Kafe Hits yang Wajib Dikunjungi Saat Traveling ke Yogyakarta

NEXT ARTICLE

Destinasi Wisata Ekstrem di Dunia yang Wajib Dikunjungi para Pecandu Adrenalin

RELATED ARTICLES

COMMENTS

8comments


  • Karissa K2 days ago

    Nice info

  • Firdausy Lestari6 days ago

    wah pisang dan yogurt termasuk ya ternyata

  • Yuki Kokuo1 week ago

    yang pedes iya banget wkwkwk langsung diare

  • fiana putri1 week ago

    follow back sistuer

  • Suari Pradnyastuti1 week ago

    Wah makasih infonyaa

  • Maria Sri Puspitasari1 week ago

    Kalo perut kosong dan makan pisang, aku bawaannya lapar lagi beberapa menit setelah pisangnya habis. 😂

  • Nabilla Rohadhatul1 week ago

    Thank you for the info!

  • Zivha Habsyi1 week ago

    Siipp