Inspiration

5 Gerai Makanan Asli Lokal Selain J.CO, yang Kerap Dianggap sebagai Brand Luar Negeri

Bagi Anda para pencinta kuliner yang juga memiliki hobi berjalan-jalan ke mall, pastinya sudah tidak asing lagi dengan beberapa gerai makanan yang ada di pusat perbelanjaan, kan? Mulai dari gerai makanan yang berasal dari luar negeri, hingga gerai-gerai makanan asli lokal. Namun ternyata, ada juga beberapa gerai makanan asli Indonesia yang kerap dianggap sebagai merek internasional. Sebut saja gerai donut J.CO, gerai roti Bradlife serta salah satu fast food ternama, CFC. Tidak hanya 3 merek itu saja, masih ada lagi beberapa gerai makanan yang berasal dari Indonesia tapi sering dianggap berasal dari luar negeri, lho. Apa saja? Coba cek di bawah ini, yuk!

Nanny’s Pavillon

Restoran ala western dengan menu utama pancake ini hadir dengan konsep yang unik di setiap gerainya. Pertama kali dibuka pada 23 Maret 2009, Nanny’s Pavilion kerap dianggap sebagai restoran dari luar negeri karena menu-menu yang disajikan bersifat western food. Tapi nyatanya restoran yang awalnya dibuka di Kota Bandung ini adalah restoran asli Indonesia lho! Pemilik dari restoran ini merupakan mojang Bandung, bernama Mellisa Sugianto.

Jika Anda mengunjungi restoran yang mengusung tema French American Family Restaurant ini, Anda dapat mencoba menu favorit para pengunjung seperti, auntie’s sausage bake rice dan cecile’s hot tuna spaghetti. Kini gerai Nanny’s Pavillon telah membuka cabang di beberapa kota besar di Indonesia, bahkan di Malaysia, lho!

Excelso

Bagi Anda pencinta kopi, pasti sudah tidak asing lagi dengan gerai kopi satu ini. Bahkan mungkin banyak diantara Anda yang mengira Excelso sebagai gerai kopi asal luar negeri, tapi yang perlu Anda ketahui ternyata gerai kopi ini asli buatan Indonesia lho, ladies! Excelso, merupakan salah satu usaha bisnis PT Santos Jaya Abadi yang juga memproduksi kopi Kapal Api. Saat ini Excelso menawarkan 3 konsep kafe yang berbeda yaitu, de’Excelso, Kafe Excelso, dan Excelso Express. Selain menyediakan berbagai racikan minuman dari kopi, Excelso juga menyediakan minuman non kopi, serta berbagai menu makanan yang lezat. Kini gerai kopi yang didirikan tahun 1991 ini, sudah memiliki sekitar 120 gerai yang tersebar di 32 kota di Indonesia.

Baca juga: Unakaffe System, Sajikan Kopi Berkualitas Hanya dalam Hitungan Detik

Sour Sally

Para penggemar yoghurt pasti pernah mendengar istilah frozen yoghurt, dan mungkin Anda sudah tidak asing dengan gerai  frozen yoghurt satu ini. Yap, Sour Sally, yang merupakan pioner frozen yoghurt di Indonesia ini ternyata berasal dari Indonesia, lho. Gerai yoghurt yang didirikan oleh Donny Pramono pada 2008 ini, kini sudah memiliki 28 Outlet yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, bahkan Sour Sally juga sudah melebarkan sayapnya ke negeri tetangga yaitu Singapura, dengan membuka 2 outlet di sana.

Hoka-Hoka Bento

Dari banyaknya restoran masakan Jepang yang menjamur di Indonesia, pasti Anda tak asing lagi dengan restoran khas Jepang cepat saji satu ini. Hoka Hoka Bento atau yang kini berganti naman menjadi Hokben ini, merupakan restoran cepat saji yang menyediakan makanan khas Jepang pertama di Indonesia. Didirikan oleh PT Eka Bogainti pada tahun 1985, Hoka-Hoka Bento pertama hadir di Jakarta, tepatnya di wilayah Kebon Kacang. Setelah 5 tahun berjalan, baru di taun 1990 Hokben melebarkan sayap dengan mendirikan cabang di Kota Bandung. Kini Hokben sudah memiliki lebih kurang 145 cabang di beberapa kota di Indonesia.

Richeese Factory

Disebut sebagai pelopor ayam goreng crispy berbalut Korean Sauce dengan level kepedasan, Richeese Factory sering kali dianggap sebagai gerai makanan siap saji yang berasal dari luar negeri. Padahal, Richeese Factory merupakan restoran cepat saji milik PT Richeese Kuliner Indonesia, yang merupakan anak usaha dari Kaldu Sari Nabati.

Richeese Factory membuka gerai pertamanya di pusat perbelanjaan Paris Van Java, Bandung, pada 8 Februari 2011. Setelah 7 tahun berdiri kini Richeese Factory sudah memiliki 50 gerai yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Solo, Yogyakarta, Malang, dan Denpasar.

Meskipun sempat dianggap sebagai merek luar negeri, tapi tentunya kita patut berbangga ya ladies, karena hal ini membuktikan jika gerai-gerai makanan asli Indonesia tersebut memiliki kualitas rasa dan penyajian yang mampu bersaing dengan gerai makanan asal luar negeri.

Baca juga: 5 Makanan Para Bangsawan Kerajaan yang Kini Juga Bisa Anda Nikmati

PREVIOUS ARTICLE

5 Jenis Minuman yang Harus Dihindari Saat Mengonsumsi Obat

NEXT ARTICLE

Tak Selalu Sama, Ini Berbagai Cara dalam Menghadapi Stres Sesuai Jenisnya

RELATED ARTICLES

QC Content at Beauty Journal

comments