Guide

Benarkah Kurang Tidur Akan Membuat Berat Badan Anda Naik?

Tubuh ideal, siapa sih yang tak mau? Untuk mencapai berat badan yang diinginkan, beberapa wanita biasanya melakukan diet untuk menjaga porsi makan. Nah, bagaimana kalau berat badan tak kunjung ideal bahkan cenderung stagnan? Ada beberapa faktor yang memengaruhi hal ini, salah satunya adalah kurang tidur. Kok bisa?

1. Perubahan Kadar Hormon

Penelitian yang dilakukan di Universitas Stanford mengungkapkan bahwa tidur di bawah 7 jam sehari akan berakibat pada ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Saat Anda kurang tidur, hal ini akan memengaruhi hormon kortisol dan ghrelin. Peningkatan hormon kortisol akan mengacaukan nafsu makan sehingga Anda selalu merasa lapar dan ingin makan terus. Begitu juga dengan hormon ghrelin. Hormon ini sangat berperan dalam mengontrol nafsu makan. Jika terjadi peningkatan hormon ghrelin, maka nafsu makan pun akan bertambah pula.

2. Muncul Sifat Malas

Saat waktu tidur berkurang, tubuh akan kekurangan energi sehingga timbul rasa malas, terutama keinginan untuk berolahraga. Ini menjadi salah satu faktor yang membuat Anda mengalami peningkatan berat badan: Anda jadi kurang bergerak! Saat rasa malas timbul, Anda menjadi lamban dan ingin segala sesuatu yang instan. Saat hal itu menjadi kebiasaan, bukan hal yang mengherankan jika berat badan Anda naik.

Baca Juga: Sedang Diet Tapi Tetap Gagal Menurunkan Berat Badan? Hindari 7 Kesalahan Ini

3. Penurunan Metabolisme

Tidur memegang peranan penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Ketika Anda kurang tidur, maka metabolisme tubuh pun akan terganggu dan terjadi penurunan. Saat terjadi penurunan metabolisme, proses pembakaran lemak dan kalori juga semakin melambat dan penurunan berat badan berjalan lambat. Ini adalah efek berantai.

4. Kecenderungan Memilih Makanan Yang Buruk

Kurang Tidur Penyebab Gemuk - Camilan

Saat Anda begadang, rasa lapar pasti muncul di jam-jam rawan seperti dini hari. Ya kan? Untuk mengganjal perut, banyak orang cenderung mengonsumsi makanan cepat saji seperti camilan atau minuman berkafein dan bersoda. Minuman berkafein atau bersoda rasanya memang enak sih, sayangnya kedua minuman ini mengandung kadar gula serta kalori yang tinggi. Gula dan kalori adalah resep terbaik untuk penumpukan lemak. Selain itu, konsumsi camilan yang mengandung banyak lemak juga berpotensi dalam meningkatkan berat badan.

PREVIOUS ARTICLE

Habiskan Long Weekend di Jakarta Dengan 5 Ide Jalan-Jalan Ini!

NEXT ARTICLE

Punya Kebiasaan Menunda Pekerjaan? Ubah Kebiasaan Ini Dengan Cara Mudah Berikut

RELATED ARTICLES

Seorang penulis yang ingin keliling dunia lewat tulisannya.

  • Kalau Cuaca Sedang Labil, Ini Penyakit yang Harus Anda WaspadaiBeauty Journal

    […] Batuk juga jadi hal biasa yang terjadi jika cuaca sedang tak bersahabat. Yang dikhawatirkan adalah jika batuk ini tak segera ditangani, karena batuk bisa menjadi pertanda penyakit TBC. Penyakit ini paling sering muncul saat cuaca sedang tak menentu. Untuk mengantisipasi TBC, cara terbaik adalah dengan menjaga imun tubuh melalui gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan sehat, olahraga, dan jangan sampai kurang tidur. […]

  • Waspada! Selain Berdampak Pada Kesehatan Tubuh, Ternyata Stres Juga dapat Memengaruhi Kondisi Kulit

    […] Baca juga: Benarkah Kurang Tidur Akan Membuat Berat Badan Anda Naik? […]

COMMENTS2 comments