Guide

Kulit di Sudut Bibir Kering dan Sering Mengelupas? 3 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Yang sering pakai lipstik mungkin pernah mengalami hal ini: kulit di sudut bibir kering banget (dibanding area sekitar bibir lainnya) dan kadang sampai mengelupas. Dipakaikan pelembap kurang mempan, dioleskan balm juga tak terlalu memperbaiki kondisinya. Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebabnya? Benarkah karena terlalu sering menggunakan lipstik?

1. Alergi Pada Bahan Kimia Tertentu

Kulit di Sudut Bibir Kering

Ada banyak bahan kimia yang terdapat pada produk kecantikan dan kesehatan. Ketika bahan-bahan ini bersentuhan dengan kulit di sekitar bibir, maka akan terjadi reaksi, mulai dari rasa panas, kemerahan, gatal, hingga kulit kering dan mengelupas. Kulit di sekitar bibir cukup tipis dan kemungkinan besar akan rentan dengan bahan-bahan kimia ini.

Yang bisa membuat kulit di sudut bibir kering biasanya adalah kandungan dalam pasta gigi, seperti fluoride, menthol, atau pewangi kimia. Untuk beberapa orang, kandungan ini tergolong ‘keras’ dan efeknya bisa langsung terjadi dengan cepat. Pada beberapa produk yang mengandung alkohol, seperti obat kumur, lipstik, astringent, dan bahkan lip balm, beberapa orang juga akan mengalami efek kulit di sudut kering dengan cepat dibanding orang lain. Jadi, lipstik mungkin saja menyebabkan hal ini, tapi tidak menjadi penyebab utamanya. Kalau Anda sering mengalami hal ini, sering-sering melihat label kandungan pada produk untuk mengetahui komposisi produk tersebut.

2. Pengaruh Lingkungan

Ketika ada perubahan cuaca yang berlangsung ekstrem di tempat Anda, sangat mungkin kalau kulit di sudut bibir kering. Begitu juga kalau Anda sedang berlibur ke tempat dingin. Udara yang dingin dan kering bisa membuat kelembapan kulit menurun. Hal ini diperparah lagi dengan kebiasaan menjilat bibir yang akan membuat bibir dan kulit di sekitar bibir semakin kering. Biasanya, hal ini dapat dengan mudah diatasi dengan lip balm atau lip ointment. Pastikan tidak ada kandungan irritant-nya ya!

3. Adanya Infeksi

Kulit di Sudut Bibir Kering

Faktor yang terakhir ini biasanya sangat jarang ditemui. Namun, pada beberapa kasus, kulit di sudut bibir kering dan mengelupas diakibatkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Biasanya, hal ini diawali dengan kulit yang memang sedang kering dan sistem imun tubuh sedang menurun (bisa karena sedang sakit atau ada perubahan hormon). Ketika imun tubuh rendah, Anda pun akan lebih rentan terkena infeksi jamur dan bakteri tersebut. Nah, kalau ditambah lagi dengan kebiasaan menjilat bibir, bakteri atau jamur tersebut bisa lebih cepat berkembang biak pada permukaan kulit.

Baca Juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Coba Lakukan Tips Ini untuk Merawatnya

PREVIOUS ARTICLE

Catat Tanggalnya, Ini 3 Film Animasi yang Wajib Ditonton di Tahun 2018!

NEXT ARTICLE

Ngefans Dengan Aktor Muda Jefri Nichol? Ini 5 Fakta yang Harus Anda Ketahui!

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments