Beauty

Kulit Berminyak dan Berjerawat? Jangan Takut Pakai Sunscreen!

Bagi pemilik kulit berminyak atau berjerawat, mungkin pernah mengalami pengalaman kurang menyenangkan dengan sunscreen tertentu. Penggunaan SPF untuk kulit berminyak dan berjerawat memang bisa menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan breakout pada sebagian orang. Akibatnya, malah jadi kapok dan tidak mau menggunakan sunscreen lagi. Padahal, menggunakan sunscreen itu penting lho untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Tidak semua sunscreen pasti menyebabkan jerawat. Nah, yuk pelajari lebih lanjut mengapa ada sunscreen yang bisa menyebabkan breakout, dan cari tahu juga cara memilih sunscreen dengan bahan yang aman untuk kulit berminyak dan berjerawat. Dengan begitu, tak ada alasan lagi untuk melewati penggunaan sunscreen!

Mengapa Sunscreen Bisa Menyebabkan Breakout?

Beberapa jenis sunscreen tertentu memang memiliki bahan-bahan yang cukup ‘berat’ untuk diserap oleh kulit. Dalam memilih sunscreen yang aman untuk kulit berminyak dan berjerawat, Anda bisa mencari sunscreen yang bersifat oil-free dan non-comedogenic. Kandungan minyak yang terlalu berat pada sunscreen akan sulit diserap oleh kulit. Begitu pula dengan bahan-bahan bersifat comedogenic yang akan menyumbat pori-pori. Baca lebih lanjut untuk mengetahui bahan apa saja yang perlu dihindari dalam sebuah produk sunscreen.

Bahan yang Perlu Dihindari

Berikut ini adalah bahan-bahan yang umum terkandung dalam sunscreen namun dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat:

  1. Silikon: Meskipun berfungsi menahan minyak, tetapi bahan ini justru menyumbat dan menutup pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat.
  2. Beeswax dan plant wax: Bahan ini aman saja jika terkandung dalam produk perawatan kulit tubuh, namun jika terlalu banyak, terasa berat di kulit wajah.
  3. Heavy comedogenic oil: Bahan seperti cocoa butter dan soybean oil banyak terkandung dalam produk sunscreen. Namun keduanya merupakan bahan minyak yang berat dan sulit diserap oleh kulit. Sebagai gantinya, minyak yang bersifat lebih ringan seperti jojoba, rosehip, atau grapeseed oil lebih aman untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Jenis Produk Seperti Apa yang Aman?

Idealnya, sunscreen yang memiliki perlindungan broad spectrum adalah jenis yang diperlukan karena bisa melindungi wajah dari sinar UVA dan UVB sekaligus. Selain itu Anda juga bisa memilih sunscreen yang bersifat waterproof atau water-resistant untuk memberi perlindungan lebih bagi kulit. Jika Anda cukup sering beraktivitas di luar ruangan selama siang hari, Anda memerlukan sunscreen dengan kandungan SPF 50 atau lebih.

Physical SPF lebih aman digunakan bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Jenis SPF ini bersifat melindungi lapisan kulit dan menghalang sinar UV. Physical SPF biasanya terbuat dari bahan aktif zinc dan titanium. Kedua bahan ini aman bagi kulit berminyak dan berjerawat karena sifatnya ringan dan tidak meninggalkan residu berminyak di kulit wajah.

Anda juga bisa memilih produk sunscreen yang dikhususkan bagi kulit sensitif. Produk untuk kulit sensitif biasanya diformulasikan menggunakan bahan yang aman dan lembut agar tidak menyebabkan iritasi. Jika produk tersebut aman bagi pemilik kulit sensitif, besar kemungkinan akan aman pula digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

(Sumber Foto Cover)

PREVIOUS ARTICLE

Kaleidoskop Akhir Tahun: 5 Model Rambut Selebriti yang Paling Dicari di Google Selama 2017

NEXT ARTICLE

Rangkaian Produk ini Terbukti Mampu Membersihkan Komedo Hanya Dalam 4 Minggu!

RELATED ARTICLES

  • 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Serum Vitamin C | Berita Gaya Hidup Terkini

    […] Baca juga: Kulit Berminyak dan Berjerawat? Jangan Takut Pakai Sunscreen! […]

COMMENTS1 comments