Inspiration

Jangan Pernah Menyerah! Inilah Pesan Utama dari 5 Kisah Inspiratif Tokoh Dunia Berikut

Saat saya bingung memikirkan jalan keluar untuk berbagai masalah yang dihadapi, kadang terbersit di pikiran untuk lari dan menyerah saja. Apa Anda juga begitu? Memang ya, saat kita ada pada titik terendah, rasanya sulit sekali untuk bangkit dan berjuang memperbaiki keadaan. Anda tak sendiri. Di balik glamornya dunia Hollywood dan kesuksesan para pebisnis, mereka juga pernah kok merasakan problem seperti kita tadi sebelum mereka terkenal. Mau tahu bagaimana caranya mereka berhasil bangkit dan meraih kesuksesan? Yuk, contek semangat pantang menyerah dari kisah inspiratif selebriti ini:

1. Oprah Winfrey

Pasti Anda tahu dong Oprah Winfrey? Pemandu acara ternama ini ternyata memiliki kisah luar biasa yang bisa jadi pelajaran berharga. Oprah yang sedari kecil hidup dan tumbuh dalam keluarga miskin, dilecehkan oleh anggota keluarganya sejak berumur 9 tahun, dan berujung tragis pada kehamilan Oprah di usia 14 tahun! Setelah mengalami kejadian memilukan tersebut, Oprah kecil tidak hanya pasrah dan meratapi keadaan, tapi berusaha bangkit. Ibunya mengirim Oprah untuk tinggal dengan seseorang yang diduga adalah ayah kandungnya, yaitu Vernon Winfrey. Sejak saat itu, Oprah berusaha sekuat tenaga untuk bangkit dari keterpurukan, dengan bekerja keras mengasah bakat dan tanpa lelah mencari peluang. Berkat dorongan dan dukungan yang sangat kuat dari Vernon, semua usaha tadi akhirnya menuntun Oprah menjadi ratu media dan wanita inspiratif yang dikenal di seluruh dunia.

Baca Juga: Bicara Emansipasi Wanita, Manfaat Olahraga, Hingga Work-Life Balance Bersama Dian Sastrowardoyo

2. Charlize Theron

Kisah Inspiratif

Siapa sangka, pemeran ratu jahat di film “Snow White and the Huntsman” ini mengalami masa kecil yang tidak bahagia. Tinggal di Afrika Selatan, Charlize memiliki ayah yang seorang pecandu alkohol. Pada satu saat, sang ayah memukuli serta mengancam ibu dan dirinya dalam keadaan mabuk. Untuk menyelamatkan nyawanya dan Charlize, sang ibu terpaksa menembak ayahnya hingga mati, tepat di depan mata Charlize saat ia baru berumur 15 tahun! Terbayang kan betapa traumatisnya kejadian itu?

Hebatnya, itu tak menghentikan Charlize untuk menjalani kehidupannya. Ia pun berusaha mewujudkan mimpinya menjadi penari balet. Sayangnya, Charlize harus kembali merelakan mimpinya kandas karena didera cedera lutut sehingga tidak bisa menari lagi. Apa Charlize setelah itu menyerah? Tentu tidak, dia mulai bangkit lagi dan gigih berjuang mencapai keberhasilan hingga akhirnya sekarang menjadi aktris terkenal yang telah memenangkan banyak penghargaan. Sst, coba deh nonton film Dark Place yang menunjukkan kemampuan penghayatan Charlize untuk peran yang sangat luar biasa sebagai wanita yang menjadi saksi pembunuhan brutal ibu dan saudara perempuannya.

3. J.K Rowling

Ya, penulis seri Harry Potter ini juga mempunyai kisah inspiratif yang akan membuat Anda tercengang. Pasti Anda tidak akan menyangka kalau penulis terkenal ini dulu pernah mengalami titik terendah dalam hidupnya. Ia depresi berat, gagal menikah, dan menjadi orangtua tunggal yang tidak punya pekerjaan. Rowling pun tak menyerah. Saat sedang dalam perjalanan kereta dari Manchester ke stasiun King’s Cross di London, Rowling mendapat ide mengenai Harry Potter. Meski nyaris jadi gelandangan dan harus hidup dalam tanggungan negara, ia tetap tidak berhenti menulis.

Tantangan hidup tak berhenti sampai di situ. Naskah Harry Potter sempat ditolak mentah-mentah oleh 12 penerbit, tapi Rowling tetap menolak untuk menyerah, sampai akhirnya mendapatkan kepercayaan dari penerbit Bloomsbury. Seperti yang kini Anda tahu, Harry Potter menjadi buku yang sudah dijual lebih dari 450 juta eksemplar di seluruh dunia, mendapatkan banyak penghargaan, sudah dijadikan film, dan jelas mengubah hidup Rowling yang menjadi miliuner. Yang paling menyentuh, Rowling gemar beramal menggunakan kekayaannya ini. Memang ya, hidup itu seperti roda berputar.

Baca Juga: Shareefa Daanish, Si Penyuka Gaya Eksentrik yang Mengubah Ejekan Menjadi Potensi Diri

4. Keanu Reeves

Si tampan yang dikenal melalui film “Speed” dan “The Matrix” ini punya kepribadian yang sangat rendah hati. Siapa sangka, masa kecil Keanu sangat tidak bahagia. Saat berumur 3 tahun, ia ditinggalkan ayahnya yang ditahan karena menjual heroin, dan sejak itu ia berpindah ke sana ke mari tanpa keluarga dan tempat tinggal tetap. Meski sering dikeluarkan oleh sekolah karena dianggap sebagai anak aneh yang terlalu pendiam, Keanu berhasil menjadi pemain hoki saat SMA. Sayangnya, cedera membuat Keanu harus gantung sepatu dan mengubur mimpinya menjadi pemain nasional Kanada.

Dengan kegigihan dan usaha pantang menyerah, ia berhasil bangkit lagi dan mulai sukses sebagai seorang aktor pada tahun 1990-an. Lagi-lagi, ia masih harus mengalami kepahitan hidup, yaitu kehilangan sahabat, kekasih, dan anak semata wayangnya. Sedih ya? Bukan Keanu namanya kalau harus berhenti dan menyerah. Buktinya sekarang ia menjadi aktor terkenal yang sangat dihormati di dunia perfilman.

5. Colonel Sanders

Suka menyantap ayam goreng dari perusahaan ritel raksasa Kentucky Fried Chicken alias KFC. Kisah pendiri KFC, yaitu Harland David Sanders alias Colonel Sanders, ternyata juga tak berjalan mulus. Terlahir sebagai anak petani, Sanders telah meninggalkan rumah dan bekerja sejak umur 13 tahun. Sanders telah berkali-kali mengalami kegagalan dalam hidupnya, terutama dalam pekerjaan dan bisnis. Bayangkan saja, ia pernah menjadi pengacara, sales asuransi, sales lampu, hingga sales ban. Semuanya gagal.

Barulah pada tahun 1952, Sanders mematenkan resep rahasia “Kentucky Fried Chicken”. Sukses? Belum! Agar ayam dengan resep rahasianya ini dilirik dan membuat pemilik restoran mau menjualnya, Sanders mengunjungi restoran di kawasan Amerika Utara satu per satu. Sanders pun kerap tidur di jok belakang mobil. Usahanya ini membuahkan hasil. KFC menjadi ritel cepat saji pertama yang berkembang di luar AS. Di pertengahan tahun 1960-an, KFC telah memiliki cabang di Kanada, Meksiko, hingga Jamaika. Kini, KFC telah menjadi salah satu restoran cepat saji terkenal di seluruh dunia.

PREVIOUS ARTICLE

Yuk, Poles Profil LinkedIn Supaya Anda Cepat Direkrut Perusahaan Besar!

NEXT ARTICLE

Habis Makan Siang Kok Malah Mengantuk Ya? Hmm, Coba Atasi Dengan 5 Tips Ampuh Ini

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments