Lifestyle

Hati-Hati, 5 Kesalahan Ini Tanpa Sadar Bisa Menyabotase Karier Anda

Apakah Anda merasa karier Anda saat ini tidak mengalami kemajuan, padahal Anda sudah bekerja dengan baik dan tidak pernah melanggar aturan di kantor? Selain keterampilan teknis, ada hal-hal lain yang ternyata juga cukup berpengaruh pada perkembangan karier kita. Tak heran, jika kesalahan-kesalahan seperti yang berikut ini bisa menghambat atau bahkan menyabotase karier seseorang!

Mengabaikan Hubungan Dengan Rekan

Produktivitas dan performa kerja memang yang paling utama. Namun, kita juga tidak boleh menutup mata jika hubungan dengan rekan kerja dan atasan juga memiliki andil dalam perkembangan karier kita. Konflik dengan rekan kerja bisa memberikan kesan negatif bagi pribadi kita. Sementara itu, membangun hubungan yang lebih dekat dengan atasan juga lebih memudahkan kita untuk menunjukkan potensi yang kita miliki. Nah, jangan sampai Anda menyabotase karier sendiri karena malas bekerja dengan sesama rekan ya.

Mengabaikan Penampilan

Ada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang menuntut kita untuk berpenampilan rapi dan menarik, misalnya saja Customer Service, staf Public Relation, Resepsionis, dan masih banyak lagi. Bahkan, meskipun perusahaan mengizinkan pakaian kasual untuk penampilan sehari-hari, ada kalanya kita diharuskan untuk berpakaian lebih formal di momen-momen tertentu. Penampilan tak hanya mencerminkan diri kita, namun juga mewakili perusahaan. Penampilan yang pantas memberi kesan bahwa kita menghargai perusahaan tempat kita bekerja.

Bersikap Pasif

Terlalu agresif bisa membuat Anda dinilai ambisius oleh rekan-rekan Anda. Namun, jika Anda bersikap terlalu pasif, itu pun juga akan menghambat karier Anda. Terkadang Anda perlu berinisiatif untuk mendapatkan kesempatan bagus agar bisa menunjukkan kemampuan Anda, seperti mengajukan diri untuk menangani project tertentu atau memberikan ide-ide di dalam meeting. Dengan lebih aktif, Anda pun akan lebih menonjol dan kesempatan untuk dipromosikan lebih terbuka. Selain itu, ada beberapa pekerjaan yang juga mengharuskan Anda aktif, seperti PR, marketing, dan lain sebagainya.

Terlihat Terlalu Mementingkan Kepentingan Pribadi

Memang benar, selalu ada ruang untuk negosiasi antara perusahaan dengan pegawai, baik itu mengenai gaji, tanggung jawab, peraturan perusahaan, dan lain sebagainya. Anda memiliki hak untuk memperjuangkan kepentingan Anda. Namun, ingat, perusahaan pun memiliki kepentingannya sendiri. Jadi, jangan terlalu terlihat mementingkan kepentingan sendiri ketika melakukan negosiasi dengan perusahaan Anda. Tekankan bahwa apapun yang Anda negosiasikan juga akan berdampak positif bagi perusahaan.

Tidak Menunjukkan Kemampuan Memimpin

Mungkin Anda sangat mahir dalam pekerjaan Anda. Namun, jika ingin karier berkembang lebih pesat, Anda juga perlu memiliki kemampuan leadership atau managerial karena posisi yang lebih tinggi memerlukan skill ini. Anda bisa mengembangkannya dengan mengikuti seminar atau kursus, meminta saran dari supervisor Anda, serta banyak membaca buku.

Baca Juga: Saatnya Anda Bersinar, Coba Tips Berikut Untuk Menonjolkan Diri di Depan Bos Tanpa Terlihat Berlebihan

PREVIOUS ARTICLE

Terjebak di Antara Pasangan yang Baru Putus? Hadapi Dengan Tips Berikut!

NEXT ARTICLE

Ini Dia 5 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan yang Banyak Orang Belum Tahu!

RELATED ARTICLES

  • Menuju Karier di 2018 yang Lebih Baik, 5 Hal Berikut Wajib Anda Lakukan!

    […] Baca Juga: Hati-Hati, 5 Kesalahan Ini Tanpa Sadar Bisa Menyabotase Karier Anda […]

COMMENTS1 comments