Guide

Tak Hanya Kemampuan Leadership, Kemampuan Bertanya Juga Penting Untuk Kesuksesan Karier!

Ada yang bilang kita bisa menilai kepribadian seseorang dari cara dia bertanya. Sebenarnya ini cukup menjelaskan sih karena dari pertanyaan yang dilontarkan, Anda bisa melihat alur dia berpikir yang menunjukkan daya cernanya terhadap sebuah persoalan. Untuk itulah kemampuan bertanya menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam karier. Nah, bagaimana teknik bertanya yang membantu peningkatan karier?

1. Ketahui Profil Lawan Bicara Anda

teknik bertanya 1

sumber foto: huffpost.com

Mengetahui profil orang yang menjadi tempat Anda bertanya akan memudahkan Anda untuk memilih jenis kalimat yang akan digunakan. Apakah perlu bertanya formal atau kasual saja? Bila Anda berada di perusahaan yang hampir semua stafnya adalah generasi millennials, hindari bertanya dengan formal. Gunakan pemilihan bahasa yang kekinian namun tetap sopan, supaya semua orang, terlebih orang yang Anda tanyai, memahami maksud dari pertanyaan Anda.

2. Apakah Pertanyaan Tersebut Memang Patut Ditanyakan?

teknik bertanya 2

sumber foto: www.mehtaphysical.com

Jangan-jangan pertanyaan yang mau Anda ajukan, jawabannya sudah ada di dalam notulen rapat atau sudah didiskusikan sebelumnya. Karena Anda tidak konsentrasi atau belum ‘nyambung’, Anda jadi tidak paham dan butuh menanyakannya. Intinya sih, coba resapi informasi yang Anda terima secara utuh sebelum bertanya.

3. Bertanya Secara Runut dan Jelas

teknik bertanya 3

Namanya juga bekerja dalam dunia profesional, wajib dong bertanya secara runut dan teratur. Jangan sampai Anda bicara berantakan yang membuat semua orang bingung dengan inti pertanyaan Anda. Pastikan Anda menguasai kemampuan bertanya ini.

4. Pertanyaan yang Sifatnya Tidak Menjatuhkan

teknik bertanya 4

sumber foto: www.talentrise.org

Wajib dicatat, ketika Anda melontarkan pertanyaan, tujuannya untuk mencari atau mengkroscek informasi bukan untuk menjatuhkan apalagi mencari-cari kesalahan. Jadi, perhatikan intonasi dan nada bicara Anda sebelum mengajukan pertanyaan. Imbangkan dengan fakta yang Anda dan jangan mengada-ada pertanyaan supaya terlihat aktif ataupun terkesan ‘pintar’.

5. Asah Kemampuan Menimpali dan Menerima Pesan

Kemampuan bertanya 5

sumber foto: www.learnvest.com

Tentunya setelah menerima jawaban, Anda tidak serta merta menerima bulat-bulat jawaban tersebut. Perlu Anda telaah, apakah memang hal ini menjawab pertanyaan Anda ataupun tidak. Jangan-jangan jawabannya malah mengawang. Tidak masalah kalau Anda mengajukan ulang dan menanyakan kembali hal-hal yang belum jelas dan terlewatkan. Justru ini menunjukkan pola pikir Anda yang sistematis. Memang, ini tidak datang begitu saja perlu waktu untuk melatihnya. Mulai sekarang, jangan sungkan untuk berpendapat di depan umum atau saat meeting untuk melatih kemampuan Anda bertanya.

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Karier Anda

PREVIOUS ARTICLE

5 Pertanyaan Yang Harus Diajukan Agar Hubungan Anda Dengannya Semakin Dekat

NEXT ARTICLE

Mulai Sering Lupa? Duh, Jangan Dibiarkan Saja. Ayo Siasati dengan Tips Berikut!

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments