Lifestyle

Lakukan Kebiasaan Ini Di Umur 20-an Agar Anda Selalu Sehat Sampai Tua

Banyak yang bilang usia 20-an adalah periode keemasan karena tubuh sedang dalam masa puncak kebugarannya. Saat usia bertambah, secara perlahan kesehatan dan penampilan Anda akan mulai menurun dengan sendirinya, tapi bukan berarti tidak bisa diperlambat, lho. Mumpung masih umur 20-anan, yuk mulai lakukan rutinitas dan kebiasaan sehat ini, agar tubuh sehat dan wajah segar sampai tua.

1. Biasakan Latihan Beban

Siapa bilang latihan beban bikin tubuh wanita jadi berotot? Faktanya, latihan beban akan menghilangkan lemak dan mengencangkan otot sehingga tubuh terlihat lebih ramping, meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lebih banyak kalori, bahkan bisa membantu mencegah penyakit seperti diabetes. Jadi selain olahraga, mulai sekarang biasakan juga latihan beban ya, pasti tubuh Anda akan berterima kasih di masa depan.

Baca Juga: Tak Punya Waktu Untuk Nge-gym? Coba Lakukan 7 Gerakan Workout Berikut di Rumah!

2. Banyak Minum Air

Jadi ingin tahu, kapan terakhir kali Anda minum 2 liter air setiap harinya? Jika sering lupa, sekarang saatnya Anda lebih giat melakukan kebiasaan ini, agar fungsi tubuh dan kinerja organ dalam bisa berjalan optimal sampai tua nanti. Kekurangan air bisa bikin tubuh mudah capek, gampang mengantuk, dehidrasi, kulit kering, dan rentan penyakit, jadi mulai sekarang biasakan minum air setidaknya 2 liter per hari ya.

3. Belajar Meditasi

Sehat Sampai Tua

Hmm, apa pentingnya belajar meditasi di umur 20-an? Jangan salah, kebiasaan meditasi ini ternyata akan sangat menolong Anda seiring dengan bertambahnya usia. Selain untuk menjaga kesehatan emosional, Anda juga akan membiasakan diri menjadi pribadi yang lebih tenang, mudah mengontrol emosi, tidak gampang marah, dan bisa berpikir lebih jernih. Nah, hati yang tenang dan kesehatan emosional adalah salah satu rahasia tetap sehat dan awet muda sampai tua nanti.

4. Dengarkan Tubuh Anda

Tanpa disadari, ternyata kita sering cuek dengan apa yang dirasakan oleh tubuh, malah seringkali memaksa tubuh bekerja di luar batas yang bisa ditolerir. Hayo, siapa yang pernah begadang semalaman demi nonton maraton seri drama korea, padahal perut sudah terasa mual dan mata pedih? Atau, Anda jadi gampang ngantuk dan berat badan naik karena terlalu banyak konsumsi gula akibat keseringan mencoba dessert dengan porsi besar ala kekinian di Instagram? Saat Anda melakukan sesuatu di luar batas toleransi, tubuh akan memberikan sinyal sebagai tanda bahaya. Daripada merusak kesehatan dalam jangka panjang, mulai biasakan untuk lebih peka dalam mendengarkan sinyal yang diberikan oleh tubuh. Segera hentikan semua hal yang membuat tubuh menjadi stress dan tidak nyaman, kalau mau terus sehat sampai tua.

Baca Juga: Lelah Hayati? Mungkin Anda Harus Coba Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Berikut

5. Belajar Memasak

Siapa yang belum bisa masak? Yuk mulai memasak sendiri, untuk menghemat banyak uang dan makan lebih sehat. Anda bisa mulai dengan belajar membuat masakan yang mengandung sayuran dan bahan bernutrisi lainnya. Saat nanti sudah mulai terbiasa dengan teknik memasak dan cara meracik bumbu, Anda akan tahu kalau ternyata masakan lezat itu tidak perlu terlalu banyak lemak, gula, atau garam. Kini, fokuskan diri untuk belajar memasak makanan enak, tapi tetap kaya gizi serta bisa menjaga berat badan ideal. Skill memasak ini juga dijamin akan tetap berguna sampai tua.

6. Kurangi Gula

Pasti Anda tak mau kan kalau harus menghabiskan masa tua dengan bolak balik ke rumah sakit? Karena itulah sebaiknya mulai kurangi asupan gula dari sekarang, agar obesitas, diabetes, dan berbagai penyakit kronis lainnya tidak mampir ke tubuh. Sebagai ganti dessert tinggi gula dan tinggi kalori, Anda bisa menikmati rasa manis alami dari buah yang juga mengandung nutrisi dan sehat untuk tubuh.

 

Yuk, sayangi tubuh dengan kebiasaan yang baik dari umur 20-an, agar Anda bisa menikmati hidup sehat sampai tua. Apa Anda punya kebiasaan sehat lain yang sudah dilakukan? Share di kolom di bawah ya.

PREVIOUS ARTICLE

Patah Hati Membuat Pekerjaan Anda Terhambat? Begini Cara Mengatasinya

NEXT ARTICLE

Bicara Mematangkan Bisnis Fashion Hingga Soal "Menikah Itu Bukan Solusi" dengan Yelly Lumentu, Pendiri Label Day and Night

RELATED ARTICLES

  • Selain Bagus Untuk Berbuka Puasa, Kurma Juga Punya Manfaat Lain Untuk Kesehatan Tubuh!Beauty Journal

    […] Baca Juga: Lakukan Kebiasaan Ini Di Umur 20-an Agar Anda Selalu Sehat Sampai Tua […]

  • Sering Minum Kopi Tiap Hari, Berbahaya Bagi Kesehatan Nggak Ya?

    […] Baca Juga: Lakukan Kebiasaan Ini Di Umur 20-an Agar Anda Selalu Sehat Sampai Tua […]

  • Fans Berat Dessert Kekinian? Waspadai Risiko Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

    […] Baca Juga: Lakukan Kebiasaan Ini Di Umur 20-an Agar Anda Selalu Sehat Sampai Tua […]

COMMENTS3 comments