Lifestyle

Bersiap Akan Interview Kerja? Hindari Melakukan 5 Kebiasaan yang Tak Disengaja Ini

Ketika sedang mecncari kerja, jangan sepelekan proses interview kerja. Banyak hal yang perlu Anda persiapkan jika ingin mendapatkan hasil yang baik, mulai dari persiapan materi wawancara, pengetahuan umum, akademik, hingga menyangkut bidang yang diminati. Intinya, jangan pernah memberikan kesan buruk saat interview kerja. Namun, ada beberapa hal yang kadang Anda lupakan, yaitu kebiasaan tak disengaja yang muncul saat interview. Nah, kebiasaan ini kadang menjadi perhatian pewawancara dan bisa membuat Anda tidak lulus saat interview kerja. Mau tahu apa saja kebiasaan yang tak disengaja ini?

1. Berjabat Tangan Terlalu Lemah

Interview Kerja - Jabat Tangan

Hal pertama yang dilakukan saat interview kerja adalah berjabat tangan dengan para penguji. Ini sebagai etika yang baik saat memulai interview kerja. Tapi jangan asal jabat tangan ya. Sebelum masuk ruangan, pasti ada rasa gugup yang membuat tangan berkeringat. Oleh karena itu, usahakan lap tangan dulu sebelum berjabat tangan dengan orang lain. Kemudian saat masuk, jabatlah tangan penguji dengan firm; jangan terlalu lemah. Hal ini jadi penilaian penting bahwa Anda adalah orang yang kurang percaya diri.

Baca Juga: Punya Jadwal Interview Pekerjaan Melalui Video Call? Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Ini

2. Posisi Tangan yang Kurang Nyaman

Interview Kerja - Posisi Tangan

Posisi tangan juga memegang peranan penting saat interview kerja. Jangan pernah memosisikan tangan yang salah, seperti menyilangkan tangan di depan dada karena hal ini dianggap sebagai bentuk perlawanan. Atau, hindari memasukkan salah satu tangan ke dalam saku agar tidak memberi kesan angkuh dan tidak bersahabat. Jika mau aman, Anda cukup menaruh telapak tangan di setiap sisi kursi atau ditumpuk manis di atas pangkuan sembari sesekali melakukan gerakan tangan untuk memperkuat pernyataan yang Anda sampaikan.

3. Suka Mengangguk

Interview Kerja - Cover

Ternyata, terlalu banyak mengangguk saat interview kerja tidak baik lho. Terlalu banyak mengangguk akan membuat fokus pembicara menjadi terpecah. Selain itu, Anda seolah dianggap tidak mengerti dengan apa yang penguji utarakan. Jadi, cukup anggukkan kepala sekali atau dua kali saja. Hal itu menunjukan bahwa Anda mengerti dengan topik yang sedang dibicarakan saat interview.

4. Memotong Pembicaraan

Interview Kerja - Memotong Pembicaraan

Saat interview kerja, hindari memotong pembicaraan yang diungkapkan oleh penguji. Orang yang suka memotong pembicaraan sering dianggap sebagai orang yang keras kepala, sombong, dan egois. Hal tersebut juga dianggap kurang sopan sehingga Anda akan dicap kurang beretika.

Baca Juga: 5 Kesalahan Dandanan yang Sering Dilakukan Saat Interview Kerja

5. Bicara Terlalu Cepat

Bukan berarti bicara terlalu cepat membuat para penguji mengerti terhadap apa yang Anda bicarakan. Hal ini bisa memberi kesan negatif pada diri Anda. Bicara cepat juga kadang menandakan kegugupan, sehingga kadang Anda mengatakan hal yang tidak-tidak. Topik pembicaraan pun kadang melenceng, karena Anda terlalu asyik mengatakan banyak hal dengan cepat.

PREVIOUS ARTICLE

5 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Para Single Mother Saat Menjalin Hubungan Lagi

NEXT ARTICLE

8 Makanan Kaya Asam Folat Yang Baik Untuk Kesuburan Calon Ibu

RELATED ARTICLES

Seorang penulis yang ingin keliling dunia lewat tulisannya.

  • Jangan Ragu Ajukan 5 Pertanyaan ini Agar Sesi Interview Kerja Berjalan Sukses

    […] Baca Juga: Bersiap Akan Interview Kerja? Hindari Melakukan 5 Kebiasaan yang Tak Disengaja Ini […]

  • 5 Bahasa Tubuh Positif yang Perlu Dipraktikkan Saat Wawancara. Gestur yang Baik Meningkatkan Peluangmu Diterima – Zaki

    […] Sembunyikan grogi-mu via journal.sociolla.com […]

COMMENTS2 comments