Guide

Ladies, Yuk Cegah Risiko Terkena Kanker Serviks dengan Vaksin Virus HPV

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti wanita. Alasannya? Kanker ini merupakan penyakit ganas yang tumbuh dalam jaringan serviks pada organ intim wanita. Sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (human papillomavirus) yang bersifat menular. Seringkali, kanker serviks tidak menimbulkan gejala yang mencurigakan dan baru diketahui ketika kanker sudah mencapai stadium lanjut. Karena itu kita perlu melakukan vaksin virus HPV.

Baca Juga: Waspadai 5 Jenis Kanker Yang Sering Menimpa Wanita Ini

Penyebab dan Pencegahan

Kanker serviks dapat timbul karena menggunakan pil KB, perubahan hormon dari terapi hormon, dan juga hubungan seksual yang bebas. Penyakit ini lebih mudah dimiliki oleh wanita muda, apalagi wanita yang tidak menjaga kebersihan organ intimnya dan tidak melakukan pola hidup sehat. Pencegahan kanker ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, dimulai dari membiasakan menjaga kebersihan vagina, memiliki pola hidup sehat, dan memakai alat kontrasepsi ketika berhubungan seksual. Cara lain mencegah kanker serviks adalah dengan melakukan pap smear dan vaksinasi HPV.

Baca Juga: Ini, Lho, Cara Menjaga Kesehatan Vagina

Vaksin HPV, Efektif Tidak?

Nah, vaksin HPV menjadi salah satu cara paling aman dan tepat untuk mencegah penyakit kanker serviks. Vaksin ini sebaiknya diberikan kepada wanita di usia mulai dari 12 tahun karena belum memiliki kontak seksual. Harga vaksin HPV sendiri tergolong mahal, dimulai dari Rp1.200.000 untuk satu kali vaksin. Pada dasarnya, dibutuhkan 3 kali proses vaksin agar terhindar dari kanker serviks. Meski mahal, tentu akan jauh lebih baik mencegah daripada mengobati kan?

Kanker Serviks Vaksin Virus HPV - Cover

Efek samping vaksin HPV tergolong ringan dan normal. Beberapa kemerahan dan bengkak akan terjadi di sekitar tempat suntikan vaksin. Meski jarang terjadi, ada juga efek samping berupa demam, mual, atau sesak napas.

Baca Juga: 7 Langkah Mengurangi Risiko Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Sebetulnya, vaksin HPV hanya salah satu pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah virus HPV. Pencegahan lainnya dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, tidak berhubungan seksual di usia dini, mengurangi konsumsi alkohol, dan juga hindari merokok. Setelah melakukan vaksin, Anda tetap harus rutin melakukan pap smear agar kesehatan terus terjaga. Mulai sekarang, ayo lebih memerhatikan kesehatan diri sendiri agar tidak terkena penyakit berbahaya di masa depan.

PREVIOUS ARTICLE

Seleb Indonesia Berikut Punya Bisnis Kue. Tertarik Pesan Untuk Kue Lebaran Nanti?

NEXT ARTICLE

Di Kantor atau di Rumah, Barang-Barang Berikut Ternyata Bisa Membantu Anda Berolahraga, Lho!

RELATED ARTICLES

Makeup, Fashion, Music, Books, and Art are the source of my oxygen.

  • Ini Lho Hak Cuti yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Karyawan Perusahaan

    […] Baca Juga: Ladies, Yuk Cegah Risiko Terkena Kanker Serviks dengan Vaksin Virus HPV […]

  • 5 Keajaiban Calendula, Tanaman Anti Bakteri yang Ampuh Merawat Kulit Sensitif

    […] Baca juga: Ladies, Yuk Cegah Risiko Terkena Kanker Serviks dengan Vaksin Virus HPV […]

COMMENTS2 comments