Beauty

Ini Dia Beberapa Kandungan Bersifat Comedogenic yang Perlu Dihindari Pemilik Kulit Rentan Berjerawat

Punya kulit rentan berjerawat memang jadi PR tersendiri, apalagi saat memilih produk perawatan wajah. Di samping harus mencari kandungan yang bisa menyembuhkan jerawat, Anda juga perlu memilih kandungan yang tepat agar jerawat tidak kembali muncul. Kalau selama ini proses perawatan wajah sudah dilakukan maksimal bagaimana dengan produk skin care Anda? Yakin sudah menggunakan bahan yang aman dan bersifat non-comedogenic? Simak beberapa kandungan pada skin care yang ternyata bersifat comedogenic tingkat tinggi berikut ini!

1. Alkohol

Alkohol memiliki keampuhan dalam menyerap minyak berlebih di wajah, tapi sayangnya efek instan yang dihasilkan ini malah akan memberikan efek buruk jangka panjang bagi kulit. Selain bersifat comedogenic, pengunaan alkohol sebagai pembersih wajah bisa merusak kelembapan alami kulit. Hasilnya pertahanan kulit akan melemah dan kulitpun rentan terhadap infeksi dan iritasi. Alih-alih mengontrol minyak di wajah, yang ada jerawat malah bertambah parah lho.

Baca juga: Punya Kulit Rentan Berjerawat? Pastikan Pelembap Wajah Anda Memiliki Kriteria Esensial Ini

2. Silicone

Dalam beberapa produk makeup, silikon punya fungsi besar dalam menciptakan kesan kulit tampak lebih halus, lihat saja bagaimana penggunaan primer dapat menutupi ketidaksempuraan kulit dan membuat lapisan kulit Anda terlihat lebih halus. Tapi sayangnya, Anda yang memiliki kulit acne-prone perlu hati-hati dalam menggunakan produk berbahan ini. Silicone punya sifat menyumbat pori-pori dan menjadikan kulit dehidrasi. Jadi kalau Anda terpaksa memakai primer usahakan untuk melakukan pembersihan wajah secara menyeluruh dengan melakukan double cleansing sesudahnya. Rutin eksfoliasi setidaknya seminggu 2 kali juga tidak kalah pentingnya untuk dilakukan.

3. Cocoa Butter

Selain coconut oil, ini dia satu lagi kandungan bahan alami yang ternyata punya potensi besar tidak cocok untuk pemilik jenis kulit acne-prone. Meskipun dikenal dengan kemampuannya dalam menghidrasi kulit, tapi cocoa butter wajib dihindari dipakai langsung di kulit wajah oleh Anda yang rentan berjerawat. Bahan alami ini termasuk kedalam kandungan comedogenic tingkat tinggi. Sebaiknya cukup oleskan cocoa butter sebagai pelembap tubuh, terutama pada area lipatan kulit seperti siku maupun lutut saja, ya!

Baca juga: Stop Melakukan Hal-Hal Ini Saat Ada Jerawat di Wajah Karena Bisa Membuatnya Tambah Parah!

 

PREVIOUS ARTICLE

Yang Punya Kulit Berminyak, Yuk Coba Sabun Berbahan Dasar Charcoal Ini

NEXT ARTICLE

Naksir Rambut Baru Selena Gomez dan Ingin Menirunya? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu

RELATED ARTICLES

  • 5 Rekomendasi Powder Foundation Drugstore yang Cocok untuk Kulit Berminyak

    […] Baca juga: Ini Dia Beberapa Kandungan Bersifat Comedogenic yang Perlu Dihindari Pemilik Kulit Rentan Berjerawat […]

  • Pentingnya Melakukan Patch Test Sebelum Menggunakan Skin Care di Seluruh Wajah

    […] Baca Juga: Ini Dia Beberapa Kandungan Bersifat Comedogenic yang Perlu Dihindari Pemilik Kulit Rentan Berjerawat […]

  • Duh! 5 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Menyumbat Pori-Pori Kulit Wajah

    […] Baca juga: Ini Dia Beberapa Kandungan Bersifat Comedogenic yang Perlu Dihindari Pemilik Kulit Rentan Berjerawat […]

COMMENTS3 comments