Guide

5 Ide Bisnis Sampingan Untuk Si Sibuk Yang Butuh Pemasukan Tambahan

Punya pekerjaan dan penghasilan tetap tak selalu berarti semua kebutuhan hidup sudah bisa terpenuhi. Siapa pun yang mendadak harus dihadapkan dengan pengeluaran tak terduga, terutama para single mother yang harus bergelut mengatur keuangan sendiri, pasti tahu pentingnya punya pemasukan tambahan. Saat sebagian besar waktu sudah tersita untuk melakukan pekerjaan tetap, tentu Anda butuh pekerjaan sampingan yang tak terlalu menyita waktu kan? Ini dia 5 ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan di sela waktu luang Anda.

1. Tutor Online

Ide Bisnis Sampingan - Tutor Online

Apa Anda punya keahlian dan passion dalam bidang tertentu? Ini adalah kombinasi yang sempurna untuk mulai menawarkan jasa tutor pribadi secara online. Mulai dari yang umum seperti bahasa asing, mata pelajaran sekolah, dan alat musik, sampai bidang yang spesifik seperti hukum perdata internasional, manajemen bisnis, ataupun perpajakan. Karena tutoring dilakukan secara online, Anda bisa menentukan sendiri jadwalnya. Sesuaikan saja dengan waktu luang yang ada, tak masalah kalau memang hanya bisa pada akhir pekan atau setiap malam sepulang kerja.

2. Konsultan Travel

Ide Bisnis Sampingan - Konsultan Travel

Senang traveling dan sering berburu tiket serta akomodasi? Pasti Anda juga sudah ahli dalam merencanakan itinerary agar waktu liburan bisa digunakan dengan maksimal kan? Wah, kalau begitu Anda cocok sekali jadi konsultan travel pribadi. Pengalaman dan pengetahuan Anda tentang seluk beluk traveling adalah suatu hal yang tak dimiliki oleh kebanyakan orang. Jadi, jangan ragu untuk mulai menawarkan jasa Anda dari mulut ke mulut, lalu atur waktu konsultasi agar pas dengan waktu kosong Anda.

Baca Juga: Moms, Ingin Penghasilan Lebih? Ini Pilihan Pekerjaan yang Tak Menguras Waktu Untuk Para Ibu

3. Bisnis Baju Second

Ide Bisnis Sampingan - Bisnis Baju Second

Jangan ilfeel dulu, bisnis sampingan ini keuntungannya lumayan menggiurkan, lho. Bila Anda jeli memilih, keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa mencapai 2 atau 3 kali lipat dari harga beli! Asyiknya lagi, Anda bisa berbelanja di sentra penjualan baju second pada akhir pekan, lalu menjualnya di marketplace dan media sosial. Sedikit tips untuk yang mau memulai ide bisnis sampingan ini, pilih niche khusus yang banyak peminat tapi sedikit saingannya, misalnya dress big size atau androgyny style. Pastikan Anda juga punya selera berbusana dan pengetahuan fashion yang baik ya.

4. Fotografer

Ide Bisnis Sampingan - Fotografer

Untuk yang memiliki selera fotografi di atas rata-rata, daripada hasil foto hanya dipajang di Instagram, kenapa tidak jajal kemampuan Anda dengan menjadi fotografer? Pekerjaan ini bisa dilakukan hanya di akhir pekan, dan bayarannya juga cukup lumayan. Kalau belum pede untuk menjadi fotografer acara sebesar pernikahan atau pre-wedding, kenapa tidak mulai dari proyek kecil seperti foto produk atau foto makanan dulu? Banyak sekali pelaku bisnis dan UMKM yang membutuhkan jasa ini, lho.

5. Host Airbnb

Ide Bisnis Sampingan - Host Airbnb

Sayang sekali kalau kamar kosong di rumah hanya dipenuhi tumpukan barang berdebu. Yuk, coba bersihkan dan dekorasi ulang agar menjadi kamar tidur yang nyaman, lalu pertimbangkan untuk menjadi host di Airbnb. Kalau memang sibuk, Anda tak perlu menemani tamu setiap saat. Asal fasilitas lengkap, kamar bersih, dan Anda mudah dihubungi, itu saja sudah cukup. Anda juga bisa kok memilih untuk menerima tamu wanita saja. Asyik kan kalau bisa dapat uang tambahan sekaligus menambah kenalan?

 

Jadi, ide bisnis sampingan mana nih yang paling cocok untuk Anda jalankan saat ini?

PREVIOUS ARTICLE

Alami 5 Perasaan Ini? Jangan Abaikan, Mungkin Ini Tanda Anda Belum Siap Jalani LDR

NEXT ARTICLE

Ketemuan dengan Calon Gebetan dari Dating Apps? Jangan Coba-Coba Lakukan 5 Hal Ini

RELATED ARTICLES