Beauty

Gabriele Grunewald, Tetap Semangat Menjadi Atlet Lari Meski Kanker Terus Menggerogoti Tubuhnya

Terkadang, kunci dari kesuksesan tidak selalu bersumber dari bakat ataupun keahlian, melainkan tekad bulat dan keyakinan hati. Seperti Gabriele Grunewald. Meski dokter mendiagnosis dirinya terkena penyakit kanker, ia tetap yakin dan semangat menjalani kiprahnya sebagai atlet lari. Usaha dan kerja kerasnya pun tak sia-sia. Kini, wanita berusia 31 tahun ini akhirnya berhasil dinobatkan sebagai juara ketiga dari kejuaraan lomba lari USA Track & Field  yang berlangsung 2016 lalu.

Serangan Kanker yang Datang Bertubi-Tubi

Gabriele Grunewald merupakan atlet lari profesional jarak menengah yang berasal dari Minnesota, Amerika Serikat. Pada tahun 2009, dokter mendiagnosis kalau dirinya menderita karsinoma kistik adenoid. Penyakit ini merupakan kanker jenis langka yang biasanya menyerang bagian kelenjar ludah. Selang beberapa waktu setelahnya, Grunewald memutuskan untuk melakukan operasi guna mengangkat kelenjar ludahnya. Dua tahun berselang, ternyata ia terserang kanker lagi, sehingga mau tak mau ia pun kembali melakukan operasi untuk mengangkat kelenjar tiroidnya. Namun, malang tak dapat ditolak. Setelah dua kali melakukan operasi, Agustus 2016 Grunewald lagi-lagi harus berhadapan dengan ruang bedah untuk menjalani operasi pengangkatan tumor kanker berukuran 5,6 inci yang bersarang di livernya. Tak hanya meninggalkan rasa sakit yang teramat sangat, operasi ini juga menyisakan bekas luka sepanjang 13 inchi pada bagian perutnya.

Masa penyembuhan pasca operasi yang dijalani Grunewald ternyata tidak semudah yang ia bayangkan. Pemulihannya berlangsung sangat lambat. Seluruh kegiatan dan latihan pun terpaksa harus ditunda sampai kondisi tubuhnya benar-benar fit. Memasuki bulan Desember, Grunewald kembali berlari sejauh delapan mil untuk persiapan kejuaraan Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Saat itu, ia merasa diriya sudah pulih total. Sayangnya, takdir berkata lain karena kanker kembali menyerang livernya pada awal musim semi di tahun 2017. Setelah mengetahui dirinya kembali mengidap kanker, Grunewald tak lantas melakukan operasi. Ia dan suaminya, Justin Grunewald, sepakat untuk melakukan biopsi dan kemoterapi.

Baca juga: Bailey Pretak, Sang Beauty Queen dengan Kondisi Kulit yang Unik

Tunda Kemoterapi Demi Berlari

Demi mengikuti kejuaraan lomba lari USA Track & Field yang berlangsung di Scaramento, California pada 23-25 Juni lalu, Grunewald bahkan memutuskan untuk menunda kemoterapinya selama beberapa minggu untuk berlatih. Hal ini tentu telah mendapat persetujuan langsung dari dokter yang menanganinya. Meski demikian, Grunewald tetap berhati-hati agar kondisi kesehatan fisiknya tidak menurun. Ia rutin berlatih sekali dalam seminggu sebanyak satu putaran. Berkat kerja kerasnya ini, Grunewald berhasil mencatat waktu terbaik, yakni 4 menit 12,29 detik untuk jarak 1.500 meter. Memang, di awal kemunculan penyakitnya ini, Grunewald sempat pesimis dan sangat takut kalau kanker dapat membuatnya berhenti berlari. Namun, berkat dukungan dari suami, keluarga dan teman sesama atlet, kepercayaan diri Grunewald kembali bangkit. Baginya, hal apapun tak bisa menghentikan niat dan impiannya untuk terus berlari, termasuk kanker.

“I’m trying to keep my life normal, and not let cancer dictate everything I do.”

“Everything about this hurt. Everything about this felt good. I never knew a broken heart could be so whole. Cancer slowed me down, but I haven’t let it stop me. Track, I’ll be back.”

Kata-kata tersebut pernah ditulis Grunewald pada salah satu caption foto Instagram-nya. Sama seperti pejuang kanker lainnya, rasa sakit, kecewa, sedih dan marah mungkin saja terjadi. Bahkan, menjadi sosok yang emosional sangatlah wajar. Namun, Grunewald tak ingin membiarkan dirinya larut dalam kesedihan. Ia merasa harus bangkit, meskipun dari waktu ke waktu kanker sedang menggerogoti tubuhnya. Gabriele Grunewald mengajarkan banyak perempuan di luar sana untuk tak mudah patah semangat meskipun memiliki keterbatasan.

Baca juga: Bethany Hamilton, Kehilangan Satu Lengan tak Menghalangi Kecintaanya Pada dunia Selancar

Sumber gambar cover

PREVIOUS ARTICLE

6 Manfaat Baby Oil untuk Merawat Kecantikan Kulit dan Rambut

NEXT ARTICLE

Hentikan Produk Skin Care yang Anda Gunakan Jika Tanda-Tanda Berikut Mulai Muncul

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments