Lifestyle

Yuk, Persiapkan Diri Agar Tetap Fit di Bulan Puasa Dengan Cara Ini

Bulan Ramadan sudah tinggal hitungan hari. Untuk Anda yang menjalankan ibadah puasa, apa saja yang sudah Anda persiapkan? Menjalani puasa, tubuh tentunya harus tetap fit agar ibadah dapat berjalan lancar dan Anda bisa lebih khusyuk dalam beribadah. Tapi, bagaimana caranya agar tubuh tetap fit di bulan puasa dengan pola makan yang berubah? Ikuti caranya di sini, yuk!

1. Minum 8 Gelas Sehari Dengan Pola 2-4-2

Meski berpuasa, Anda harus tetap menjaga asupan air mineral ya. Selalu cukupkan meminum 8 gelas air dalam sehari. Lho, caranya bagaimana? Kan sedang puasa. Nah, terapkan pola 2-4-2. Anda sebaiknya meminum 2 gelas air saat berbuka, dilanjutkan dengan 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur. Saat sahur, pastikan Ana meminum 2 gelas lagi. Meski harus banyak minum, Anda juga tak boleh minum berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan pengenceran darah dan hiponatremia atau kadar natrium dalam darah yang berada di bawah batas normal. Jadi, sangatlah penting untuk mengatur jumlah konsumsi air minum dari sahur hingga berbuka.

Baca Juga: Cara Tetap Segar dan Cantik Selama Bulan Puasa

2. Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas dapat memicu kambuhnya penyakit maag. Bagaimana tidak? Perut yang tak diisi makanan seharian lalu langsung ‘dihajar’ makanan pedas, pasti mengakibatkan lambung perih. Hal ini dapat memicu kambuhnya penyakit maag. Dengan pencernaan yang terganggu, Anda bisa jatuh sakit dan tak mampu menjalankan ibadah puasa. Sayang kan? Karena itulah, hindari makanan yang terlalu pedas saat berbuka atau saat sahur.

3. Lakukan Olahraga Ringan

Jangan menjadikan puasa sebagai alasan Anda untuk tidak berolahraga. Agar tubuh tetap fit di bulan puasa, Anda harus tetap berolahraga lho. Tentu saja olahraga yang dilakukan bukan olahraga menguras tenaga seperti biasa. Lakukan olahraga yang tergolong ringan, misalnya yoga di pagi hari. Pada sore hari, Anda bisa melakukan jogging santai di taman dekat rumah sekitar 1 jam sebelum waktu berbuka puasa.

4. Berbuka Secukupnya

Melihat berbagai menu di meja makan jangan sampai membuat Anda lapar mata ya. Perut memang kosong, sih, namun langsung berbuka dengan makanan berat dan dalam porsi yang banyak bisa menganggu kesehatan lho. Sebaiknya, Anda makan secara bertahap, mulai dari minum air putih, makan beberapa buah kurma atau manisan, lalu beri jeda dengan salat Magrib. Setelah itu, barulah Anda lanjutkan dengan makan malam. Atau, Anda juga bisa memulai makan malam setelah melakukan salat Tarawih dan salat Isya. Dengan begitu, perut tak akan ‘kaget’ dan punya ruang untuk menerima makanan berat.

Baca Juga: Tutorial: Riasan Malam Cantik untuk Acara Buka Puasa

PREVIOUS ARTICLE

Sering Ribut Dengan si Dia? Ini Strategi Ampuh Agar Konflik Selesai Tanpa Harus Putus

NEXT ARTICLE

5 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Saat Di Depan Umum

RELATED ARTICLES

Beauty B/Vlogger based in Makassar

  • Puasa Sama Dengan Detoks Tubuh. Apakah Teori Ini Benar?Beauty Journal

    […] Baca Juga: Yuk, Persiapkan Diri Agar Tetap Fit di Bulan Puasa Dengan Cara Ini […]

  • Cara Mengatasi Bau Mulut yang Mungkin Muncul Saat BerpuasaBeauty Journal

    […] atau kekurangan cairan. Oleh karena itu, pastikan Anda cukup minum air selama berpuasa ya. Gunakan pola 2-4-2 untuk mengatur jumlah air yang masuk selama […]

  • Kok Cepat Loyo Ketika Puasa? Hmm, Mungkin Anda Harus Lakukan 5 Hal IniBeauty Journal

    […] Baca Juga: Yuk, Persiapkan Diri Agar Tetap Fit di Bulan Puasa Dengan Cara Ini […]

  • Hindari Makanan Ini Untuk Mencegah Asam Lambung Meningkat Selama Berpuasa

    […] Baca Juga: Yuk, Persiapkan Diri Agar Tetap Fit di Bulan Puasa Dengan Cara Ini […]

  • Tips Atasi Bau Mulut yang Mungkin Muncul Saat Berpuasa – fun

    […] kekurangan cairan. Oleh karena itu, pastikan kamu cukup minum air selama berpuasa ya. Gunakan pola 2-4-2 untuk mengatur jumlah air yang masuk selama […]

COMMENTS5 comments