Beauty

Fakta-Fakta Menarik Tentang Waxing Yang Wajib Anda Ketahui

Sejak menginjak usia puber, tubuh akan mengalami perubahan. Salah satunya adalah tumbuhnya bulu halus di area ketiak, tangan dan kaki, hingga sekitar area kewanitaan. Walau bulu-bulu tersebut memiliki fungsi untuk membantu meregulasi suhu tubuh, masih banyak wanita yang merasa tak nyaman dengan adanya bulu halus ini, terutama jika bulu halus tersebut tergolong lebat. Karena itulah, ada yang namanya metode hair removal untuk mengangkat bulu-bulu halus ini. Salah satu metode yang paling terkenal dan sering digunakan adalah waxing. Namun, bagi Anda para newbies, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa fakta yang harus diperhatikan sebelum Anda melakukan proses waxing pertama Anda.

1. Waxing di Saat Akan Menstruasi Bisa Sangat Menyakitkan

Fakta Menarik Tentang Waxing

Salah satu faktor yang bisa bikin Anda meringis ketika mendengar prosedur waxing adalah rasa sakitnya yang ‘katanya’ tidak tertahankan. Well, sebenarnya opini tersebut ada benarnya, namun kemungkinan besar hal tersebut akan Anda alami hanya jika Anda melakukannya saat menjelang menstruasi. Pasalnya, di kondisi ini, tubuh Anda akan mengalami gejolak hormon dan secara tidak langsung hal tersebut membuat indra perasa Anda jadi jauh lebih sensitif dari biasanya. Rasa sakit dari waxing yang pada hari biasa tidak terlalu menyakitkan menjadi berlipat kali lebih menyakitkan menjelang menstruasi.

Baca Juga: Eyebrow Waxing Bikin Sagging, Benarkah?

2. Hindari Melakukan Waxing Jika Anda Mengonsumsi Obat Pengencer Darah

Jika Anda saat ini menjalani terapi pengobatan penyakit jantung, seringkali dokter Anda akan meresepkan obat pengencer darah. Obat pengencer darah bukanlah sahabat karib bagi metode waxing. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan pengencer darah seperti Coumadin dan Plavix, lebih baik Anda mengurungkan niat untuk melakukan metode ini karena dapat memicu risiko pendarahan. Gunakan metode hair removal lain yang lebih minim risiko pendarahan, seperti hair removal lotion atau shaving.

3. Gunakan Pakaian Longgar dan Mandi Air Dingin Setelah Waxing

Apa hubungannya menggunakan pakaian longgar setelah waxing? Lalu, kenapa juga harus mandi dengan air dingin? Nah, setelah Anda melakukan proses hair removal ini, pori-pori kulit Anda akan terbuka sehingga rawan tersumbat oleh minyak dan terinfeksi oleh bakteri. Pakaian yang ketat akan membuat kulit tidak bisa bernapas dengan leluasa sehingga membuat kulit terasa lembap dan memicu tumbuhnya bakteri. Mandi dengan air panas pun dapat membuat pori-pori kulit semakin terbuka lebar dan mempermudah akses bakteri ke dalam kulit. Jangan lupa untuk mandi dengan menggunakan sabun mandi dengan formula anti-bakteri, ya. Selamat mencoba waxing, ladies.

PREVIOUS ARTICLE

Review: Kulit Terhidrasi Sepanjang Hari dengan Bioderma Hydrabio Sérum

NEXT ARTICLE

Pecinta Makeup, Ada Lipstik dan Highlighter Baru dari Ofra x NikkieTutorials Collection!

RELATED ARTICLES