ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Editors Review

Review Film: Us, Karya Kedua Jason Peele yang Membawa Horor ke Tingkat Berbeda

Kurang dari setahun setelah meraih penghargaan Best Original Screenplay di ajang Oscar 2018, Jordan Peele kembali menghadirkan trailer film terbarunya berjudul Us. Sontak rasa penasaran langsung muncul, terutama dari kalangan pencinta film horor maupun mereka yang kadung jatuh cinta dengan film Get Out. Membayar rasa penasaran dan penantian penonton, film Us akhirnya rilis di Indonesia pada bulan Maret 2019. Lalu bagaimana dengan karya kedua Jordan ini? Masih mampukah sang sutradara menghadirkan cerita horor yang menegangkan nan berkualitas?

Sinopsis Film

review film Us

Menghindari rasa penat, keluarga Wilson yang terdiri dari pasangan suami istri, Gabe Wilson (Winston Duke) dan Adelaide Wilson (Lupita Nyong’o) serta kedua anak mereka Zora Wilson (Shahadi Wright Joseph), dan Jason Wilson (Evan Alex) memilih untuk menghabiskan waktu dengan berlibur di rumah musim panas, di wilayah Santa Cruz, California. Namun ketegangan sempat terjadi saat si anak bungsu, Jason, lepas dari pandangan sang ibu saat menghabiskan waktu di pantai.

review film Us

Sebenarnya bukan tanpa alasan Adelaide begitu protektif, pasalnya Adelaide sempat memiliki pengalaman buruk di masa kecil, sehingga tak ingin kedua buah hatinya mengalami hal serupa. Hampir kehilangan Jason ternyata bukan satu-satunya ketegangan yang dihadapi keluarga Wilson. Di malam hari kediaman Wilson didatangi oleh empat orang yang memiliki penampilan serupa mereka. Ketegangan pun dimulai saat keluarga Wilson harus berjuang mempertahankan diri dan lari dari kejaran ‘kembaran’ mereka. Siapakah ‘kembaran’ keluarga Wilson ini? Apa tujuan mereka? Anda perlu menyaksikan film Us untuk mengetahui kelanjutan kisahnya.

Kisah yang penuh ketegangan hingga penampilan brilian Lupita Nyong’o

review film Us

Jika di film Get Out Jordan menyentuh isu rasial di film Us sang sutradara menampilkan kisah yang menurutnya sering kali tak disadari setiap orang, yaitu diri sendiri adalah musuh terburuk setiap manusia. Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya mengenai siapa sosok kembar yang muncul dalam trailer. Tenang saja, siapa mereka dan asal-usulnya akan terjawab di film ini.

Bagi Anda yang sempat puas dengan karya Jordan di film Get Out, maka film Us tak boleh dilewatkan. Karena melalui film ini, sang sutradara kembali menunjukan kualitasnya dalam membuat film horor nonsupernatural yang menghibur. Belum lagi saya pun masih merasakan unsur satire dalam film kedua Jordan, terutama dalam menggambarkan kehidupan di Amerika Serikat dewasa ini.

Mungkin film ini membutuhkan durasi yang sedikit agak lama untuk membangun ketegangan, tetapi jangan terlena dengan kisah ‘santai’ yang dihadirkan di awal film. Karena jika Anda jeli dan bisa menemukan beberapa petunjuk, sepertinya ‘kejutan’ yang disiapkan Jordan di akhir kisah tidak akan menjadi hal baru bagi Anda.

Sebagai sebuah sajian film horor, Us merupakan film berkualitas yang mampu menampilkan ketegangan dan teror bagi penontonnya. Menariknya, di sela ketegangan Anda masih bisa tertawa atau mungkin ikut gemas dengan berbagai tindakan ‘bodoh’ khas film horor. Semua emosi akan campur aduk hingga di akhir cerita Anda akan mencoba menarik kesimpulan dan (mungkin) dibuat terkejut.

review film Us

Belum lengkap rasanya jika membicarakan film Us tanpa menyentil kualitas akting Lupita Nyong’o. Saya terpukau dengan Lupita yang mampu menampilkan dua karakter secara maksimal. Sebagai pemeran utama, Lupita jelas menyelesaikan pekerjaan rumahnya dengan baik. Lupita mampu hadir sebagai sosok Adelaide Wilson, ibu rumah tangga yang memiliki rasa perhatian besar pada anak-anaknya, juga karakter Red, wanita dengan kepribadian aneh yang membuat saya tak nyaman tiap melihatnya muncul.

Di luar kisah yang ciamik, dan akting mumpuni, film Us makin sempurna berkat scoring yang turut meningkatkan suasana tegang dan teror yang muncul di tiap adegan. Bahkan scoring Anthem karya Michael Abels yang kerap muncul di scene pamungkas benar-benar jadi aksen epik yang turut membangun suasana film semakin menyeramkan. Two thumbs up untuk Jordan!

Film Us resmi rilis di bioskop tanah air pada hari ini (20/3). Jika Anda sudah haus akan film horor baru yang punya kisah cerdas dan menawarkan ketegangan, maka film Us wajib masuk dalam daftar tonton di minggu ini.

Baca juga:  Review Film: Five Feet Apart, Lika-liku Perjuangan Cinta Pasien Cystic Fibrosis yang Manis dan Tragis

PREVIOUS ARTICLE

Tak Perlu Larut dalam Kesedihan, Ini 5 Cara untuk Move On Setelah Mengalami Cinta Tak Berbalas

NEXT ARTICLE

Ragam Fakta Menarik Mengenai Bikram Yoga. Anda Pernah Mencobanya?

RELATED ARTICLES

comments