ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Review: Emina Creamatte

Tahun ini, brand lokal benar-benar membuat tim editor kami sangat senang. Banyak lip cream baru dengan warna dan kualitas yang mengagumkan. Tiap ada bocoran brand lokal A atau brand lokal B mau meluncurkan lipstik matte atau lip cream, kami langsung tumpengan bersorak sorai. Begitu produknya datang, kami langsung berebut ingin coba. Begitulah. Antusiasme tim editor Beauty Journal Sociolla untuk lipstik lokal memang sangat tinggi.

review emina creamatte

Nah, belum lama ini, salah satu brand lokal favorit saya, yaitu Emina, ternyata juga punya produk lip color baru. *Dun dun dun* Meet Emina Creamatte, lip cream dengan hasil akhir matte! Ini jenis lip color favorit saya. Bentuknya cukup mungil, tidak setinggi liquid lipstick yang beredar di pasaran. Ada total 7 warna dalam koleksi ini, yang mencakup warna wajib dan warna ‘kekinian’: mauve nude, pink, pink fuchsia, coklat, hingga oranye. Siap untuk mengulik lip cream bersama saya? Yuk, lanjut scroll ke bawah 😉

KEMASAN

Yang sudah kenal dengan Emina, pasti tahu kalau brand ini punya desain kemasan yang girly dan fun. Konsep yang sama juga diterapkan pada Creamatte. Tubenya cukup standar, berbentuk bulat dengan tutup berwarna hitam yang memiliki logo Emina di atasnya. Nah, desain kotaknya pasti bikin Anda berseru, ‘unyuuu!’. Kotaknya dirancang berbeda untuk setiap warna. Di dua sisinya, ada tulisan Creamatte. Sisi lainnya berisi keterangan warna dan kandungan. Di sisi lainnya, ada ilustrasi yang menggambarkan nama warnanya. Contohnya, warna Frostbite digambarkan dengan es krim dan warna Flamingo ditunjukkan dengan burung flamingo.

Untuk ukuran, awalnya saya menyangka isi lip cream ini pasti sedikit. Jika dengan tutup, tingginya hanya sekitar 9cm. Namun, kalau dilihat dari beratnya, isi Creamatte ternyata cukup banyak dibanding beberapa lipstik lokal lainnya. Berat Creamatte adalah 5,5 gram, sedangkan beberapa liquid lipstick lokal lain rata-rata sekitar 4 atau 4,5 gram. Yang beratnya sama atau lebih banyak tentu saja ada, namun kemasannya lebih tinggi dari Creamatte. Kecil-kecil cabe rawit ya?

WANGI DAN TEKSTUR

Lipstik biasanya memiliki aroma tersendiri. Ada yang manis seperti permen, ada yang harumnya seperti Tipp-Ex (beneran), ada juga yang wangi kimianya kencang. Bagaimana dengan Emina Creamatte?

Tidak. Ada. Wangi. Sama. Sekali.

Saya sempat heran, sih. Saya yakin lip cream ini pasti punya aroma dan hidung saya sedang mampet. Ternyata, setelah dicoba ke beberapa orang, hasilnya tetap sama. Emina Creamatte tidak memiliki aroma sedikitpun. Dengan tidak adanya aroma, saya rasa ini sangat membantu mereka yang penciumannya cukup tajam dan cenderung sensitif dengan tambahan pewangi.

Sama seperti klaimnya, tekstur Creamatte adalah creamy. Terasa tipis ketika disapukan ke punggung tangan, tapi tidak encer. Namun, ada 1 warna yang menurut saya agak berbeda dalam soal tekstur. Frostbite (hot pink) sedikit lebih kental dan kering dibanding saudara-saudaranya. Meski begitu, cairannya tetap mudah diratakan. Warnanya memang terang, namun pigmentasinya juga pekat (lebih pekat dibanding Fuzzy Wuzzy yang berwarna pink nude). Saat benar-benar kering, warnanya memang pekat dan matte. Jenis matte-nya pun bukan yang muted matte.

WARNA, FORMULA DAN PIGMENTASI

review emina creamatte

(kiri ke kanan): Tumbleweed, Jelly Bean, Flamingo, Frostbite, Mauvelous, Fuzzy Wuzzy, Choco Lava

01 Choco Lava: medium-toned yellow brown
02 Fuzzy Wuzzy: deep nude pink
03 Mauvelous: mauve pink
04 Frostbite: hot pink
05 Flamingo: fuchsia
06 Jelly Bean: deep red
07 Tumbleweed: bright orange

Untuk lip cream ini, Emina cukup berani dalam pemilihan warna. Ada 2 warna terang dalam 7 warna ini, yaitu Frostbite dan Tumbleweed. Anda bisa melihat contoh pemakaiannya di bibir saya yang berkulit sawo matang dan Griss yang berkulit terang pada slide di akhir artikel. Warna coklat yang sedang happening juga dihadirkan Emina pada Choco Lava. Fuzzy Wuzzy dan Mauvelous yang saya pikir akan membuat saya (yang berkulit sawo matang) terlihat pucat, ternyata tidak juga. Namun, untuk tiga warna yang cenderung nude dan natural ini, ada baiknya tambahkan sedikit blush agar ada sedikit rona di wajah.

Setelah swatch di punggung tangan, saatnya saya mencobanya langsung di bibir. Di kotak kemasannya, ada keterangan kalau lip cream ini mengandung Vitamin E dan synthetic beeswax. Dua kandungan inilah yang membuat formulanya cukup nyaman di bibir tanpa meninggalkan rasa lengket. Rasanya pun ringan, seperti saat saya menyapukannya pada punggung tangan.

Transferproof tidak? Tidak. Lip cream ini masih akan meninggalkan jejak di gelas meski tipis. Namun, jangan remehkan daya tahannya. Lip cream ini tahan seharian, kecuali jika Anda makan nasi Padang, soto Betawi, pisang goreng, atau menu apa pun yang mengandung minyak. Warnanya pasti luntur dan bolong di bagian tengah. Jika sudah begini, hindari mengatupkan kedua bibir untuk meratakan warnanya. Lip cream ini punya formula yang membuat warnanya tak bisa dibaurkan begitu kering. Lain halnya kalau ditimpa ulang. Warnanya langsung rata tanpa ada belang.

Dari 7 warna ini, hampir semua varian terbilang pekat alias langsung ‘jadi’ di bibir. Kulit bibir saya cenderung gelap, jadi saya selalu mengacungkan jempol kalau menemukan lipstik yang warnanya bisa langsung menutup bagian gelapnya. Saya hanya butuh sekali lapis untuk Flamingo dan Jelly Bean. Namun, untuk Fuzzy Wuzzy dan Mauvelous, saya harus menimpanya sekitar 2-3 kali agar warnanya terlihat nyata.

PENDAPAT SAYA

Kata orang, ‘ada harga, ada kualitas’. Emina Creamatte dibanderol dengan harga Rp45.000 dengan kualitas yang setara dengan produk seharga 100ribuan. It exceeds my expectation! Dari segi warna, Emina juga tidak setengah-setengah. Creamatte punya warna kalem, ada warna sejuta umat (alias siapa saja bisa pakai), warna yang sedang tren, dan warna gonjreng. Saya cukup senang bisa mencoba semua warnanya, karena saya suka hampir semua variannya.

review emina creamatte

Rangkaian Emina Creamatte ini bisa Anda dapatkan di Sociolla mulai 28 Oktober 2016. Klik di sini untuk mengoleksi semua warnanya. Kalau Anda sudah coba, share pendapat Anda tentang Emina Creamatte di kolom di bawah ini. Apakah Anda juga menyukainya sama seperti saya? Warna apa yang jadi favorit Anda? Ditunggu komentarnya ya! 😉

PREVIOUS ARTICLE

7 Warna Rambut 2016 Yang Paling Digemari

NEXT ARTICLE

Mitos Seputar Kondisioner yang Perlu Anda Ketahui

RELATED ARTICLES

comments