Guide

Diet 5:2, Metode Diet Efektif Untuk Anda yang Ingin Menurunkan Berat Badan Tanpa Merasa ‘Tersiksa’

Jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan secara mudah dan tidak menyiksa, Anda perlu mencoba diet 5:2. Metode diet 5:2, atau dikenal juga dengan intermittent fasting, adalah pengaturan pola makan yang membuat Anda makan secara ‘normal’ selama 5 hari dalam satu minggu dan makan dengan membatasi asupan kalori sebanyak 500 kalori selama 2 hari setiap minggunya. Cara ini dianggap efektif untuk menurunkan berat badan dan berhasil menjadi diet andalan selebriti seperti Miranda Kerr, Beyonce, dan Jennifer Aniston. Tertarik mencobanya? Scroll down untuk cari tahu lebih lanjut mengenai diet 5:2!

Konsep Diet 5:2

5:2 Diet

Diet 5:2 disebut sebagai diet yang efektif untuk menurunkan berat badan karena pengurangan kalori dilakukan secara selang-seling, bukannya sekaligus. Tubuh Anda akan menyesuaikan dan mengubah tubuh ke dalam mode perbaikan serta membuat tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak. Satu-satunya tantangan dalam diet ini adalah menjaga asupan kalori agar tidak melebihi 500 kalori saat sedang berpuasa. Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai cara makan yang perlu Anda terapkan selama berpuasa. Namun, untuk memudahkan, Anda bisa mengubah pola makan sebagai berikut.

  • 3 kali makan kecil (sarapan, makan siang, makan malam) atau 2 kali makan besar (makan siang dan makan malam).
  • Pilih makanan yang kaya nutrisi, serat, dan protein untuk menjaga tubuh kenyang lebih lama.
  • Rencanakan makanan saat masa ‘puasa’ sejak sehari sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah pola makan yang berantakan. Anda bisa melihat beragam resep yang dirancang untuk diet 5:2.
  • Gunakan aplikasi penghitung kalori. Untuk membantu diet agar berjalan lebih lancar, gunakan aplikasi yang dapat membantu Anda mengontrol asupan kalori.

Baca Juga: Olahraga dan Diet ala Meghan Markle Untuk Bentuk Tubuh Ideal, Mau Coba?

Manfaat Kesehatan yang Dirasakan

5:2 Diet

Diet 5:2 merupakan diet yang mudah untuk dilakukan dan sangat mungkin untuk dijadikan pola makan dalam jangka waktu yang panjang. Selain memberikan manfaat tubuh yang menjadi lebih bugar, perubahan pola makan yang terjadi juga dapat berperngaruh terhadap fungsi otak yang secara otomatis akan menahan nafsu makan jika dirasa sudah cukup. Tak hanya itu, melakukan diet yang dapat memperngaruhi fungsi otak juga akan membantu mencegah penyakit Alzheimer dan Dementia. Satu yang perlu Anda ingat, saat melakukan diet ini, bukan berarti Anda bisa makan secara berlebihan pada saat 5 hari bebas, ya!

Siapa Saja yang Sebaiknya Tidak Melakukan Diet 5:2?

5:2 Diet

Meskipun diet 5:2 tergolong aman untuk dilakukan, ada beberapa golongan orang yang sebaiknya tidak melakukan diet ini atau perlu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan diet ini. Beberapa golongan tersebut antara lain:

  • Seseorang yang pernah mengalami eating disorder.
  • Wanita hamil, menyusui, remaja, dan anak kecil yang mengidap diabetes tipe 1.
  • Wanita yang memiliki masalah dengan kesuburan.
  • Seseorang yang mengalami malnutrisi.

Baca Juga: Punya Bentuk Tubuh Ideal, Ternyata Ini Rahasia Diet Selebriti Korea Dalam Menjaga Berat Badan

PREVIOUS ARTICLE

3 Serial Televisi Lokal yang Tenar Pada Era 90-an Ini Akan Dibuatkan Versi Layar Lebar!

NEXT ARTICLE

Untuk Komunikasi yang Berjalan Lancar, Ketahui Hambatan Serta Tips Saat Melakukan Komunikasi Lintas Budaya

RELATED ARTICLES

  • Jenis Diet yang Sedang Happening: Diet CICO. Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan?

    […] […]

COMMENTS1 comments