Guide

Sering Menggunakan Earphone Seharian? Hati-hati, Dampak Buruk Penggunaan Earphone Ini Dapat Menimpa Anda!

Earphone biasanya menjadi salah satu barang wajib yang saya bawa ke mana-mana. Selain digunakan saat merasa bosan di perjalanan, menggunakan earphone juga membantu saya lebih fokus saat sedang bekerja. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang gemar menggunakan earphone? Memang sih, mendengarkan musik dengan earphone saat berkegiatan dapat membuat kita lebih fokus. Namun, jika digunakan terlalu sering, ada dampak buruk penggunaan earphone yang dapat menimpa Anda, lho! Apa saja sih dampak buruknya? Baca selengkapnya di bawah ini!

Ear Numbness dan Ear-Ache

Dampak Buruk Penggunaan Earphone

Sebuah studi membuktikan bahwa orang yang sering menggunakan earphone ataupun headphone dalam rentang waktu yang lama seringkali mengalami numb ear. Ini adalah kondisi saat telinga Anda kehilangan kemampuannya untuk mendengar dalam beberapa waktu sebelum akhirnya kembali berfungsi dengan normal. Jangan diabaikan jika Anda mengalaminya karena kondisi ini dapat menyebabkan Anda menjadi tuli. Selain ear numb, ada juga kondisi yang disebut dengan ear-ache. Penderita ear-ache merasakan rasa sakit pada beberapa titik di telinga dan mengalami telinga berdengung.

Infeksi Telinga

Dampak Buruk Penggunaan Earphone

Suka meminjam atau meminjamkan earphone kepada teman Anda? Hati-hati, ladies! Bahaya infeksi telinga mengincar Anda! Sebaiknya, gunakan earphone secara personal saja. Earphone sering kali jatuh dan tergeletak begitu saja, namun seberapa sering Anda membersihkannya? Selain itu, telinga kita pun merupakan tempat bakteri dapat berkembang biak. Bertukar earphone dengan orang lain dapat memungkinkan terjadinya perpindahan bakteri.Hal ini dapat menyebabkan infeksi telinga. Kalaupun Anda terpaksa harus bertukar earphone dengan orang lain, pastikan untuk membersihkannya dahulu sebelum menggunakannya agar lebih steril.

Baca Juga: Konsentrasi Kerja Mulai Menurun? Coba Hindari Jenis Makanan Berikut Ini

Kerusakan Pada Otak

Dampak Buruk Penggunaan Earphone

Selain menyebabkan kerusakan pada telinga, otak Anda juga berisiko terkena dampak negatif dari penggunaan earphone yang berlebihan, lho! Suara yang dihasilkan earphone membawa gelombang elektromagnetik yang dapat berbahaya bagi otak. Bagian dalam telinga berhubungan langsung dengan otak. Jadi, infeksi sekecil apapun pada bagian dalam telinga dapat memberi pengaruh pada otak serta memicu masalah kesehatan yang serius. Sebenarnya sih belum ada penelitian yang valid mengenai kasus ini. Namun umumnya, orang yang sering menggunakan earphone secara berlebihan cenderung memiliki masalah yang berhubungan dengan otak.

Pendengaran Berkurang

Dampak Buruk Penggunaan Earphone

Saat menggunakan earphone, suara yang dihasilkan langsung masuk ke dalam telinga. Penggunaan earphone yang terlalu lama, disertai dengan volume yang terlalu kencang dapat menyebabkan kerusakan pada telinga. Tidak usah menunggu terlalu lama, sesaat setelah selesai menggunakan earphone, Anda dapat langsung merasakan berkurangnya pendengaran Anda. Hal ini disebabkan karena telinga Anda mebutuhkan waktu untuk beradaptasi kembali dengan lingkungan luar sebelum akhirnya pendengaran kembali normal dalam beberapa saat. Dalam jangka waktu yang lama, penggunaan earphone yang disertai volume kencang dapat mengakibatkan Anda kehilangan pendengaran secara permanen. Ada baiknya untuk mengistirahatkan telinga Anda dari earphone dan hindari untuk mendengarkan musik dengan volume yang kencang.

Baca Juga: Tidak Bisa Lepas dari Gadget? Hati-Hati, Mungkin Ada Efek Buruknya Pada Kecantikan Anda

Tidak Peka dengan Kondisi Sekitar

Dampak Buruk Penggunaan Earphone

Nah, ini juga salah satu permasalahan yang berbahaya jika Anda menggunakan earphone saat berkegiatan. Penggunaan earphone dengan volume yang kencang dapat membuat kita asyik sendiri dan ter-‘disconnect’ dari dunia luar. Hal ini membuat kita jadi tidak peka dengan kondisi sekitar. Sudah banyak kecelakaan yang melibatkan pengguna earphone. Hindari penggunaan earphone dengan volume yang maksimal saat berkegiatan di luar ruangan, apa lagi jika sedang membawa kendaraan. Anda jadi tidak bisa mendengar suara klakson atau pun peringatan dari orang sekitar. Selain membahayakan nyawa diri sendiri, Anda juga dapat membahayakan nyawa orang lain.

PREVIOUS ARTICLE

Image Seramnya Tak Bisa Lepas! Ini 5 Seleb yang Terkenal Karena Perannya Dalam Film Horor!

NEXT ARTICLE

Profesi Ini Kian Digemari Karena Sedang Banyak Dicari. Anda Minat Berkarier di Bidang Ini?

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments