Lifestyle

Sudah Tidak Cocok Dengan Pasangan dan Ingin Putus? Ini Cara Tepat Melakukannya

Rasa sayang yang sudah luntur atau perbedaan pandangan hidup kerap menjadi alasan untuk berpisah dari pasangan. Pilihan yang menyakitkan, namun mungkin akan semakin menyakitkan jika Anda meneruskan hubungan tersebut. Masalah yang sudah ada rasanya akan semakin runyam jika Anda putus dengan pasangan secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas. Bingung bagaimana menghadapi dilema ini? Coba ikuti beberapa tips berikut agar pasangan tidak kecewa dan meninggalkan rasa sakit hati yang mendalam.

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Bicarakan keputusan Anda untuk berpisah di saat kondisi hati pasangan Anda sedang stabil. Jangan memilih waktu untuk putus saat kondisi pasangan tidak mengenakkan, seperti saat ada kerabat yang meninggal atau saat si dia sedang sakit. Hal ini tentu hanya akan membuat emosi pasangan semakin drop. Carilah waktu yang tepat untuk mengutarakannya. Anda bisa mulai mengangkat topik ini ketika dalam suasana santai.

2. Berikan Penjelasan

Putus Dengan Pasangan - Bicara Sopan

Hal utama yang pasti diinginkan pasangan ketika Anda mengatakan putus adalah alasan di balik keputusan tersebut. Anda harus bisa memberikan alasan kuat sebagai dasar keputusan Anda untuk memutuskan hubungan. Setidaknya si dia berhak mengetahui hal ini. Alasan yang kuat hendaknya didukung dengan fakta yang terjadi. Saat menjelaskan alasan putus tersebut, cobalah untuk bersikap tenang. Jangan terbawa amarah serta emosi yang berlebihan karena hal tersebut hanya akan memperburuk suasana. Selain itu, jangan pernah membandingkan hubungan Anda yang sekarang dengan pasangan Anda sebelumnya. Setelah Anda mengatakan ingin berpisah, pastikan si dia mengutarakan pendapatnya. Intinya, Anda harus memastikan tidak ada ganjalan yang tersisa di hati.

3. Bertutur Sopan

Saat berbicara dengan pasangan, cobalah bertutur kata sopan tanpa emosi. Memutuskan suatu hubungan bukan berarti harus mempermalukan pasangan Anda. Meski mungkin si dia dulu melakukan hal-hal yang menyakitkan, tetaplah perlakukan dia dengan baik. Dengan cara seperti ini, setidaknya kenangan yang tertinggal akan lebih indah dan tidak menyakitkan.

4. Hindari Putus Lewat Telepon Atau Chat

Memutuskan hubungan lewat telepon atau chat merupakan hal terburuk yang harus dihindari. Hal ini biasanya dilakukan karena seseorang tersebut takut bertemu langsung atau takut dimarahi oleh pasangannya. Jika sudah berani menetapkan hati untuk memutuskan hubungan, Anda juga harus berani berhadapan dan menyatakan keinginan Anda dong.

5. Lakukan Sendiri

Takut atau malas bertemu bukan berarti Anda bisa menyampaikannya lewat orang lain. Ini sih sama saja seperti Anda memutuskannya melalui chat. Dengan menghindari si dia, hal ini akan membuat Anda terlihat seperti pengecut dan tidak berani menghadapi kenyataan. Mengutarakan niat putus dengan cara ini juga membuat pasangan Anda merasa disepelekan dan bisa berujung dengan rasa sakit hati.

PREVIOUS ARTICLE

Buat Tubuh dan Pikiran Anda Lebih Segar Hanya Dengan Mengubah Teknik Pernapasan

NEXT ARTICLE

5 Inspirasi Dari Film Untuk Menciptakan Momen Romantis Dengan Pasangan

RELATED ARTICLES

Seorang penulis yang ingin keliling dunia lewat tulisannya.

  • Sudah 100% Move On? Yakin Anda Sudah Melewati Fase-Fase ini?

    […] Baca Juga: Sudah Tidak Cocok Dengan Pasangan dan Ingin Putus? Ini Cara Tepat Melakukannya […]

  • Curiga Pasangan Belum Dewasa Secara Emosional? Ini Dia Tandanya

    […] Baca Juga: Sudah Tidak Cocok Dengan Pasangan dan Ingin Putus? Ini Cara Tepat Melakukannya […]

COMMENTS2 comments