Beauty

Cara Mengatasi Kebiasaan Buruk yang Bisa Memengaruhi Kecantikan dan Kesehatan

Ada yang memiliki kebiasaan menggigiti kuku? Atau, mungkin ada yang suka mencabuti rambut dan mengelupas kulit bibir hingga berdarah? Hati-hati, selain dapat merusak kesehatan kulit, kebiasaan buruk tersebut ternyata juga merupakan salah satu tanda dari penyakit kejiwaan, lho. Supaya tidak berlarut-larut dalam kondisi tersebut, yuk cegah dengan cara berikut ini!

1. Menggigit Kuku

Menurut penelitian, kebiasaan menggigit kuku ternyata hampir dialami oleh mayoritas orang yang sedang gelisah atau mengalami stres. Kebiasaan menggigit kuku, jika sudah sering dilakukan ternyata tidak mudah untuk dihilangkan. Padahal, kebiasaan tersebut bisa menimbulkan risiko yang lebih merugikan, seperti kuku rusak, berdarah, hingga sakit perut akibat berpindahnya kuman dari kuku ke mulut. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kebiasaan buruk ini berkurang, di antaranya dengan memotong kuku hingga pendek (tapi jangan sampai terlalu pendek ya) sampai bagian tersisa yang bisa untuk digigit tidak ada, mengonsumsi permen karet untuk mengalihkan perhatian, atau bisa juga lakukan hal-hal yang dapat mempercantik tampilan kuku. Anda bisa menggunakan cat kuku atau pergi ke salon untuk melakukan manicure dan nail art. Jika tampilan kuku sudah begitu cantik dan menggemaskan, apa iya Anda masih mau menggigit kuku?

Baca juga: Cara Mudah dan Praktis Merawat Kuku Di Rumah

2. Mengelupas Kulit Bibir Hingga Lecet

Kebiasaan ini juga seringkali dilakukan oleh para wanita yang tangannya ‘iseng’ dan nggak mau diam. Padahal, mengelupas kulit bibir sama sekali tidak membawa dampak baik apapun untuk kesehatan, apalagi kalau sampai berdarah. Yang ada kondisi bibir malah jadi kurang menarik karena tampak kering, pecah-pecah, dan muncul bekas luka yang warnanya gelap. Untuk itu, ayo segera hentikan kebiasaan buruk ini sebelum kondisi bibir semakin parah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan hal ini, di antaranya sering-seringlah menggunakan lipbam agar kondisi bibir tidak mudah kering serta hindari menjilat bibir karena hanya akan membuatnya semakin kering. Selain itu, Anda juga wajib mengeksfoliasi kulit bibir minimal seminggu sekali dengan menggunakan lip scrub. Perlu diingat, jangan gunakan gula yang teksturnya terlalu kasar karena malah akan membuat kulit bibir menjadi lecet.

Baca juga: Cegah Bibir Kering dan Terkelupas dengan 5 Rekomendasi Lip Scrub Berikut

3. Mencabuti Rambut

Mencabut rambut dari ujung akar ternyata kerap menjadi kebiasaan bagi sebagian wanita. Walaupun kelihatannya hanya seperti sebuah kebiasaan buruk, hal ini ternyata termasuk sebagai salah satu penyakit kejiwaan, lho. Trikotilomania merupakan kondisi kelainan yang mana penderitanya memiliki dorongan yang tidak tertahankan untuk mencabuti rambut sendiri. Tak hanya rambut di bagian kepala saja, tapi juga rambut-rambut di bagian tubuh lainnya, seperti alis, bulu mata, dan bagian-bagian lainnya. Bahkan, pada beberapa kasus ada yang mencabuti rambutnya hingga botak. Biasanya, kebiasaan buruk ini hadir ketika sang penderita sedang dalam tekanan atau mengalami stres yang tak terbendung. Para pengidap trikotilomania atau yang juga kerap disebut sebagai Trichster ini biasanya tidak merasakan rasa sakit ketika mereka mencabut rambut. Malah, mereka merasakan ‘sakit-sakit-enak’ yang kerap membuat ketagihan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan psikoterapi secara rutin. Selain itu, kerap berpikiran positif dan menjaga mood agar senantiasa bahagia juga diyakini dapat mengurangi kebiasaan buruk yang satu ini.

Baca juga: 3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kulit Tampak Lebih Tua

PREVIOUS ARTICLE

Cream dan Liquid Concealer: Perbedaan, Fungsi, dan Mana yang Lebih Baik?

NEXT ARTICLE

5 Beauty Vlogger Korea yang Layak untuk Di-subscribe

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments