Lifestyle

Masih Sulit Untuk Berhenti Merokok? Lakukan 7 Cara Berhenti Merokok yang Terbukti Efektif Ini

Siapa nih yang sudah lama berniat untuk berhenti merokok, tapi selalu gagal karena berbagai alasan? Meski sudah tahu kalau rokok sangat berbahaya untuk tubuh dan kesehatan, ternyata berhenti merokok itu tak segampang yang dibayangkan ya. Tapi, mau kan hidup sehat lebih lama supaya bisa terus melihat senyum di wajah orang tercinta dan menciptakan lebih banyak kenangan indah di masa depan? Yuk, mantapkan niat berhenti merokok untuk yang terakhir kalinya, dengan 7 cara berhenti merokok yang bisa Anda terapkan sekarang juga.

1. Buang Semua Pemicu

Cara Berhenti Merokok - Buang Semua Pemicu

Agar keinginan untuk merokok tak timbul lagi, hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai cara untuk berhenti merokok adalah segera membuang habis semua hal yang berhubungan dengan rokok. Ada sisa rokok? Buang! Begitu juga bungkus rokok yang sudah kosong, puntung rokok sekaligus asbaknya, hingga semua korek yang Anda punya. Jangan sampai ada yang tertinggal ya.

2. Hilangkan Bau Rokok

Cara Berhenti Merokok - Hilangkan Bau Rokok

Dikelilingi bau rokok juga bisa menimbulkan dorongan untuk merokok, jadi cuci semua sarung bantal, sprei, baju, tas, dan semua benda yang berbau rokok lain di sekitar Anda. Bila baunya masih menempel di ruangan yang biasa Anda gunakan untuk merokok, luangkan waktu untuk membersihkan ruangan serta menyesuaikan ventilasi agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Boleh juga lho, menyemprotkan pewangi ruangan agar terasa lebih segar dan nyaman.

3. Ubah Kebiasaan

Cara Berhenti Merokok - Ubah Kebiasan

Cara berhenti merokok yang ini super penting untuk dilakukan, terutama bila Anda sulit berhenti karena merokok sudah menjadi bagian dari rangkaian kegiatan tertentu. Untuk itu, ubah kebiasaan atau rutinitas yang biasanya dilakukan sambil merokok. Contohnya, bila Anda terbiasa merokok setelah makan, ubah kebiasaan dengan segera mencuci piring dan membereskan meja setelah makan. Anda juga bisa makan permen jika mulut mulai terasa tak enak. Jika Anda biasa mengisi pagi dengan kopi dan rokok, ganti kopi dengan teh, susu, atau jus buah, lalu langsung sarapan. Begitu juga jika Anda memutuskan makan di luar. Langsung cari tempat duduk di area non-smoking.

4. Cari Kesibukan

Cara Berhenti Merokok - Cari Kesibukan

Dorongan kuat untuk merokok biasanya hanya bertahan selama 10 menit saja, jadi setiap kali Anda merasa ingin merokok, segera cari kesibukan yang bisa mengalihkan perhatian. Selain bisa mengurangi ketergantungan pada nikotin, bergerak lebih aktif juga memastikan tangan dan mulut Anda tetap sibuk hingga keinginan untuk merokok hilang. Anda bisa olahraga, berjalan kaki di luar ruangan, makan permen karet atau camilan buah, atau menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga yang tak merokok. Selain itu, bernapas melalui sedotan saat sedang ingin merokok ternyata sangat membantu meredakan dorongan yang dirasakan, lho. Meski terdengar agak konyol, sudah banyak orang yang sukses berhenti merokok dengan cara ini.

Baca Juga: Sering Beraktivitas di Luar Ruangan Bisa Membantu Anda Menurunkan Stres, Lho!

5. Minta Dukungan Orang Terdekat

Cara Berhenti Merokok - Minta Dukungan Orang Terdekat

Banyak yang awalnya merokok karena tertular teman, sampai akhirnya hangout bersama jadi tak lengkap bila tak merokok, atau malah sengaja janjian bertemu supaya bisa merokok, ya kan? Anda tak harus berjuang untuk berhenti merokok sendirian, semua akan jadi lebih mudah bila teman dan keluarga ikut mendukung. Jadi sampaikan niat Anda untuk berhenti merokok, lalu minta dukungan mereka dengan cara spesifik, seperti tidak merokok dulu di sekitar Anda selama beberapa waktu.

6. Hindari Stress

Cara Berhenti Merokok - Hindari Stress

Anda juga pasti tahu deh kalau sedang stres karena banyak pikiran, sering begadang, atau lembur bekerja, pasti bawaannya ingin merokok. Karena itu, penting sekali untuk menghindari dulu segala hal yang bisa membuat Anda stres saat awal berhenti merokok. Jangan ragu juga untuk curhat dan bercerita pada teman bila ada hal yang membebani pikiran ya.

Baca Juga: Mengenal Spinner, Mainan Baru Untuk Meredakan Stres

7. Buat Tabungan Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok - Buat Tabungan

Sedang mengincar tas kece keluaran terbaru atau butuh liburan singkat untuk menyegarkan pikiran? Dengan tabungan berhenti merokok, tak perlu menunggu lama kok untuk mendapatkan apapun yang Anda mau. Setiap kali Anda merasa ingin membeli sebungkus rokok, langsung masukkan uang sejumlah harga rokok ke dalam sebuah toples khusus. Anda pasti terkejut deh dengan banyaknya uang yang bisa dikumpulkan dalam waktu singkat. Pokoknya, cara berhenti merokok yang satu ini dijamin 100% akan bikin Anda happy.

 

Ingat ya, alasan “satu batang lagi gak apa-apa deh” hanya akan membuat Anda makin sulit untuk berhenti. Meskipun tidak mudah, kami percaya kok Anda pasti bisa melalui proses berhenti merokok. Yuk, dimulai!

PREVIOUS ARTICLE

Pacaran dengan Kakak Sahabat? Intip 5 Tips Ini Agar Hubungan Persahabatan Tak Canggung

NEXT ARTICLE

Beyonce Melahirkan Anak Kembar dan Bikin Netizen Gempar. Ada Apa Ya?

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments