Guide

Hati-Hati, Anda Ternyata Bisa Lebih Boros Saat Bulan Ramadan! Ini Penyebabnya

Sering merasa bingung kenapa pengeluaran Ramadan lebih boros dari bulan biasa? Padahal kalau dilihat-lihat, Anda kan tak perlu membeli makan siang dan camilan seperti biasa. Seharusnya, pengeluaran malah lebih hemat dan banyak sisa yang bisa ditabung kan, tapi kok malah membengkak tak terkendali ya? Ternyata nih, kalau disimak lebih teliti, ada banyak faktor yang bisa membuat kantong Anda cepat jebol saat bulan puasa. Apa saja hal-hal yang bisa membuat Anda lebih boros saat bulan Ramadan?

1. Harga Naik

Boros Saat Bulan Ramadan - Harga Naik

Ini nih yang menjadi salah satu ‘tradisi’ di bulan Ramadan: harga kebutuhan pokok yang melonjak. Pengeluaran Anda untuk kebutuhan pokok bisa bertambah sampai 25% karena harga naik sejak beberapa minggu sebelum Ramadan. Kalau Anda punya tradisi memasak opor ayam dan sambal goreng ati, hmm siap-siap dengan harga ayam, bawang, hingga cabai yang mendadak tinggi ya.

2. Buka Puasa Berlebihan

Saat berpuasa, semua makanan entah kenapa jadi terlihat enak, sampai-sampai Anda tak bisa menahan keinginan untuk membeli berbagai jenis makanan sekaligus. Istilahnya, Anda lapar mata! Menjelang berbuka puasa, Anda sudah memiliki banyak pilihan makanan. Namun, pertanyaannya, apakah akan termakan semua? Lalu, apakah makanan yang Anda beli baik untuk tubuh?

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengurangi Kadar Lemak Dalam Makanan

3. Acara Buka Bersama

Jadwal sudah padat dengan undangan berbuka puasa bersama? Pasti akan ada ajakan untuk berkumpul, mulai dari teman SD sampai teman kuliah, belum lagi dengan keluarga, relasi bisnis dan teman kantor. Tanpa sadar, hal ini akan membuat Anda mengeluarkan biaya untuk makan di luar yang jauh lebih banyak dari biasanya.

4. Berbagi Hadiah

Bulan puasa memang jadi momen yang tepat untuk berbagi dengan keluarga dan orang lain, mulai dari perlengkapan lebaran sampai parsel cantik. Kadang, Anda juga memiliki acara sosial untuk berbagi rezeki dengan mereka yang membutuhkan. Lho, kan banyak diskon jadi tidak apa-apa dong? Eits, jangan lupakan kalau volume belanja Anda juga bisa naik hingga 300% bahkan lebih.

5. Persiapan Mudik

Ramadan, lebaran, dan mudik memang tak terpisahkan. Tentunya biaya untuk mudik ke kota asal perlu biaya yang tak sedikit kan? Jika Anda mudik menggunakan kereta atau pesawat, harga tiketnya juga bisa melonjak tinggi. Belum lagi, jika Anda memiliki banyak keluarga di kampung halaman. Rasanya tak enak jika tak membawa buah tangan kan?

PREVIOUS ARTICLE

Inilah 5 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat Bagi Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

NEXT ARTICLE

5 Tips Mudah Mengurangi Kadar Lemak Dalam Makanan

RELATED ARTICLES

  • 3 Strategi Sederhana Agar Anda Bisa Lebih Hemat di Bulan RamadanBeauty Journal

    […] Baca Juga: Hati-Hati, Anda Ternyata Bisa Lebih Boros Saat Bulan Ramadan! Ini Penyebabnya […]

COMMENTS1 comments