ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Bicara Soal Perkembangan Industri Kecantikan di Tanah Air Bersama Fadly Sahab, Sosok di Balik Suksesnya ZAP Clinic

Saat menghadiri acara Relaunching ZAP Premiere Surabaya, Beauty Journal sempat mengobrol dengan Fadly Sahab, Owner dari ZAP. Di kesempatan ini, Fadly tidak ragu membagikan cerita seputar ZAP Clinic, mulai dari awal mula berdirinya klinik ini, hingga rencana dalam mengembangkan ZAP ke depannya. Yuk, simak hasil perbincangan kami!

Zap Clinic Fadly Sahab

Kalau boleh tahu, latar belakang Anda sendiri kan lulusan Program Studi Perencanaan Pembangunan Wilayah Universitas Gadjah Mada. Lantas, mengapa tertarik terjun ke industri kecantikan?

Waduh, ini ceritanya panjang banget! Tapi, saya coba ceritakan dengan singkat, ya. Sebenarnya dulu kan ZAP bukan klinik kecantikan. Awalnya, kita hanya menyediakan jasa permanent hair removal. Waktu dulu sih karena kebetulan saya punya cukup banyak teman dari luar negeri dan mereka sudah terbiasa melakukan treatment tersebut di negara asalnya. Nah, karena di Indonesia belum ada, saya jadi melihat adanya peluang nih di bidang ini. Awalnya sih saya sediakan untuk teman-teman saja. Tetapi, lama-kelamaan berkembang hingga bisa sebesar sekarang.

Berdiri sejak tahun 2009, apa yang melatarbelakangi Anda untuk mendirikan ZAP Clinic?

Sebenarnya yang mendorong saya untuk membuka ZAP Clinic itu ya klien saya sendiri. Klien-klien yang kebanyakan wanita ini sempat bertanya pada saya. Mereka bilang “Buat apa kalo cuma hair removal saja, coba tambahin dong dengan perawatan untuk muka atau jerawat”. Akhirnya, kita ramu bersama dokter-dokter spesialis juga untuk menentukan perawatan-perawatan apa saja yang sekiranya cocok untuk wanita Indonesia.

Zap Clinic Fadly SahabDengan puluhan cabang yang tersebar di Indonesia, bagaimana cara Anda memastikan bahwa treatment yang diterima customer adalah yang terbaik?

Tim kita sekarang sudah besar sih, karyawannya ada sekitar 900. Untuk di head office-nya sendiri ada sekitar 120 orang. Lalu, kita juga punya tim medis sendiri, quality assurance, dan masih banyak lagi. Jadi, ada tim yang memastikan kalau kualitas satu dokter dengan dokter lainnya tuh sama. Merekalah yang keliling dari satu outlet ke outlet lainnya.

Jika membahas evolusi/perkembangan di industri perawatan kecantikan tanah air, sepertinya ZAP Clinic juga turut andil dalam hal ini, ya. Hal apa saja sih yang menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk menghadirkan sebuah treatment baru di ZAP Clinic? Apakah mengikuti tren luar negeri, atau turut melibatkan konsumen juga?

Sebenarnya yang kita hadirkan itu teknologinya, bukan treatment-nya. Misalnya, Laser Erbium yang khusus kita diadakan di ZAP Premiere ini. Kita pelajari dulu teknologinya, barulah terbuka nih treatment-treatment apa saja yang bisa kita hadirkan dengan teknologi ini. Kalau untuk Laser Erbium, kita gunakan untuk mengatasi masalah kulit yang tidak bisa diatasi di ZAP Clinic. Misalnya, untuk menghilangkan bekas jerawat, bopeng-bopeng, atau peeling laser.

Kalau dilihat dari treatment yang ditawarkan, cukup banyak jenis treatment yang menggunakan metode laser. Sebenarnya, apakah metode ini aman untuk semua orang?

Kalau untuk aman atau tidaknya, sebenarnya sih semua treatment itu aman selama dilakukan oleh ahlinya. Misalnya, tindakan yang seharusnya dilakukan dokter, kalau dilakukan oleh yang bukan dokter tentunya jadi berbahaya. Nah, semua dokter di ZAP sudah dilatih untuk menggunakan alat-alat ini, sehingga treatment seharusnya berjalan dengan aman.

Apa ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat menjalani treatment laser?

Untuk treatment yang berbasis laser, musuh utamanya sih matahari. Treatment dengan laser bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Maka itu, konsumen harus selalu pakai sunscreen setelah melakukan treatment. Kalau tidak, bisa menimbulkan risiko kulit terbakar. Di luar itu, tergantung treatment apa yang diambil dan di mana area tubuh yang menjalani treatment. Semuanya akan dijelaskan saat konsultasi dengan dokter spesialis.

Melihat perkembangannya yang pesat hingga hari ini, menurut Anda, hal apa yang membuat ZAP Clinic lebih unggul dari klinik kecantikan lainnya?

Keunggulannya, ya? Kalau berbicara soal ZAP Clinic, perawatan di sini itu tergolong cepat dan pastinya on time. Kita juga berani memberikan kompensasi untuk konsumen yang tidak mendapatkan pelayanan tepat waktu. Untuk booking treatment di ZAP pun mudah, bisa lewat telepon atau message. Kita juga punya apps, sehingga lebih simpel dan cocok untuk anak muda. Nah, kalau ZAP Premiere tentu kita unggul di teknologinya. Setiap konsumen yang datang pun akan kita beri pilihan dan saran seputar treatment apa yang sebaiknya diambil.

Treatment apa yang paling laris di ZAP Clinic?

Kalau di ZAP Clinic, treatment yang paling laris itu Photo Facial. Treatment ini menggabungkan 3 teknologi dalam satu waktu. Jadi, dia bisa memengaruhi 3 layer kulit yang berbeda-beda. Manfaatnya pun banyak, bisa untuk mengatasi jerawat, flek, kulit kusam, dan untuk mencerahkan kulit wajah pun bisa. Simpel, cepat, dan bisa menyelesaikan berbagai masalah kulit. Kalau untuk ZAP Premiere, treatment Laser 4d jadi salah satu yang paling laku karena bisa mengatasi masalah kulit yang mulai menua.

ZAP Clinic Fadly Sahab

Kalau yang paling baru?

ZAP juga mau menambahkan treatment untuk shaping. Tapi, sekarang kita masih uji coba alatnya terlebih dahulu.

Lalu, ada rencana apa lagi untuk ZAP Clinic ke depannya? Mungkin dari segi klinik, maupun kosmetiknya?

Rencana ke depan ada banyak sih sebenarnya. Kita ingin terus mengembangkan ZAP Premiere karena sambutan dari masyarakat Indonesia pun cukup bagus. Dulunya, klien ZAP Clinic umumnya masih muda-muda. Sejak ada ZAP Premiere, teman-teman kita yang muda ini juga ngajak ibu-ibunya untuk melakukan treatment di ZAP Premiere. Kalau bisa sih di setiap kota harus ada outlet ZAP Premiere. Untuk kosmetik, sepertinya kita belum mau fokus untuk meluncurkan produk baru. Soalnya, proses pembuatan, izin, hingga hingga akhirnya produk bisa diluncurkan tuh lama banget. Mungkin kita hanya akan menghadirkan produk dari brand yang sudah ada saja.

Baca juga: First Impression: ZAP Beauty Lip Matte, Loose Powder Healthy Glow, dan Facial Wash for Acne Skin

PREVIOUS ARTICLE

Kelopak Mata Mudah Berminyak? Ini Primer yang Menarik Dicoba Agar Hasil Eyeshadow Lebih Tahan Lama

NEXT ARTICLE

Resmi Hadir di Indonesia, Brand Asal Jepang KOSÉ Cosmeport Tawarkan Berbagai Produk Perawatan Kulit, Tubuh, dan Juga Rambut

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

3comments


  • Dini Firdaniah1 week ago

    Aku waktu itu mau ke zap tapi gajadi2 muku:(

  • Risda Rahmalia1 week ago

    CEO ZAP Ramah sekali kemarin waktu grand opening ZAP di makassar mengundang beberapa blogger makassar dan berbincang" juga sama pak Fadli selaku CEO ZAP yg masih muda banget orangnya gak sombong sangat baik Ramah pula untuk nyapa kita"

  • Wahyuni Wahyuni1 week ago

    Hmnn