Beauty

3 Tren Perawatan Kulit yang Hadir di Generasi Millennial

Tren dalam dunia kecantikan, baik makeup maupun perawatan kulit, seolah tidak pernah ada habisnya. Mulai dari tren perawatan kulit Korea, tren-tren tampilan makeup yang unik, dan masih banyak lagi. Nah, ‘mengintip’ dari kebiasaan kecantikan yang banyak dilakukan generasi millennial di sini, salah satu kebiasaan kini semakin naik daun adalah meningkatnya kesadaran akan pentingnya perawatan kulit. Dalam hal perawatan kulit, millennial ternyata juga memiliki tren sendiri, lho! Penasaran? Yuk, langsung saja lihat tren perawatan kulit millennial berikut ini!

1. Merawat Kulit dari Polusi dan Sinar UV 

Tren Perawatan Kulit Generasi Millennial

Salah satu poin dalam kebiasaan-kebiasaan kecantikan yang banyak dilakukan generasi millennial adalah memilih mencegah daripada mengobati. Nah, kebiasaan tersebut berkaitan erat dengan tren perawatan kulit millennial dimana polusi dan sinar UV menjadi permasalahan utama. Berada dalam usia produktif, aktivitas sehari-hari kerap tidak luput dari paparan sinar UV dan polusi. Padahal, baik polusi maupun sinar UV memiliki dampak buruk pada kulit, dan yang lebih ‘ngeri’-nya lagi, dampak dari kedua ancaman ini baru akan terlihat setelah memasuki usia 30an dan sedikit sulit untuk dihilangkan.

Oleh karena itu, langkah pencegahan menjadi tren perawatan kulit yang hadir dalam generasi millennial. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya produk skin care, bahkan makeup yang menawarkan perlindungan tambahan dari sinar matahari dengan kandungan SPF, baik moisturizerserum, maupun dalam day cream. Selain itu, untuk mencegah dampak buruk dari polusi pada kulit, kini muncul istilah polluaging (penuaan akibat polusi) dan anti-polllution. Alih-alih berfokus pada anti-aging, generasi millennial cenderung memilih produk dengan khasiat anti-pollution yang dapat menangkal efek buruk polusi pada kulit.

Baca juga: 5 Pilihan Produk yang Bisa Digunakan untuk Lindungi Kulit Dari Polusi

2. Merawat Kulit dengan Konsep Clean Beauty

Tren Perawatan Kulit Generasi Millennial

Pada dasarnya, pengertian dari konsep clean beauty adalah brand atau produk kecantikan maupun perawatan kulit yang terbebas dari bahan-bahan yang termasuk ke dalam kategori toxic seperti fragrance, paraben dalam kuantitas besar, SLS, microbeads, dan masih banyak lagi. Namun, lebih jauh lagi clean beauty tidak hanya melihat daftar komposisi atau ingredients dari sebuah produk, melainkan juga melihat proses pembuatannya. Misalnya apakah brand tersebut menguji produknya pada binatang atau tidak (cruelty free), penggunaan bahan-bahan alami, serta apakah produk tersebut termasuk ke dalam kategori vegan dan halal atau tidak.

Baca juga: Apa Beda Label Cruelty Free dan No Animal Testing? Kalau Leaping Bunny dan Vegan? Yuk, Cari Tahu di Sini

Meningkatkan kesadaran pada generasi millennial akan hal-hal tersebut membuat hal ini menjadi sebuah tren tersendiri. Oleh karena itu, kini semakin banyak brand yang hadir dengan label cruelty freeveganparaben-free, serta sertifikasi halal. Selain itu, untuk mendukung clean beauty, kini generasi millennial juga semakin beralih pada deretan brand yang menawarkan rangkaian produk organik atau alami, karena diyakini menggunakan lebih sedikit bahan-bahan kimia yang berpotensi mengganggu kesehatan kulit maupun tubuh.

3. Merawat Kulit dengan Memilih Key Ingredients

Istilah less is more tidak hanya hadir dalam tren makeup natural yang effortless, kini istilah tersebut pun hadir dalam tren skin care yang digenari oleh millenial, lho! Mengusung konsep less is more, kini millennial cenderung lebih memilih produk perawatan kulit yang berfokus pada bahan utama atau key ingredients alih-alih banyak kandungan dalam satu produk. Alasannya, selain mampu mengatasi masalah kulit secara spesifik, umumnya produk seperti ini memiliki kuantitas kandungan inti yang lebih banyak. Hal ini dapat terlihat dari popularitas brand skin care The Ordinary yang menawarkan ragam produk dengan key ingredients spesifik seperti The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% atau The Ordinary Lactic Acid 5% + HA. Selain The Ordinary, SK-II yang identik dengan kandungan Pitera pun selalu ramai digemari.

Baca juga: 5 Ingredient dalam Produk Skin Care yang Banyak Dicari Generasi Millennial

Tren Perawatan Kulit Lainnya

Selain ketiga tren tersebut, masih ada lagi lho beberapa tren perawatan kulit yang juga hadir di generasi millennial. Misalnya saja melakukan perawatan non-invasive atau tanpa operasi di klinik kecantikan seperti microdermabrasion, memilki rangkaian perawatan kulit yang berkiblat pada satu negara seperti perawatan kulit dengan produk skin care Jepang, skin care Korea, atau skin care Prancis, serta memilih produk dengan melihat kemasannya terlebih dahulu (hayo, ada yang pernah membeli produk skin care karena kemasannya instagrammable?)

Baca juga: 5 Brand Kecantikan yang Image-nya Lekat dengan Warna Millennial Pink

PREVIOUS ARTICLE

5 Rekomendasi Liquid Glitter Eyeshadow dari Brand Korea untuk Anda yang Ingin Praktis Merias Mata

NEXT ARTICLE

Rosé All Day Hadirkan The Realest Lightweight Foundation: Your Skin But Better!

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments