ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Ban-shin-yoks alias Half Bath, Tren Baru dari Korea yang Diyakini Jadi Rahasia untuk Dapatkan Tampilan Kulit Berkilau

Jika perhatikan secara lebih seksama, mungkin Anda akan cukup menyadari bahwa kunci dari perawatan kulit wanita Korea bukan terletak pada produk, melainkan pada cara dan prosesnya. Mulai dari proses double cleansing, cara mengaplikasikan toner hingga tujuh lapis, proses pemijatan wajah saat mengaplikasikan pelembap, dan masih banyak lagi. Mengingat banyaknya cara perawatan kulit yang dilakukan oleh para wanita Korea, maka jangan heran jika ternyata mereka pun memiliki cara tersendiri untuk mandi demi mendapatkan kulit yang lebih sehat, yaitu dengan cara Ban-shin-yoks atau Half Bath!

Mengenal Ritual Half Bath ala Korea

Tren Half Bath dari Korea

Seperti yang mungkin sudah bisa Anda tebak dari namanya, half bath merupakan salah satu kegiatan merendam separuh tubuh dalam air. Bagian atas tubuh mulai dari pusar akan tetap dibiarkan kering (inilah kenapa dibutuhkan bathtub atau bak mandi untuk melakukan half bath). Adanya perbedaan temperatur antara tubuh bagian atas dan bagian bawah diyakini akan mendorong sirkulasi darah, di mana darah akan membawa oksigen dan nutrisi untuk fungsi sel yang optimal–termasuk sel kulit, sehingga turut menyehatkan kulit.

Dari segi kesehatan secara keseluruhan, sirkulasi darah yang yang lebih baik akan melepaskan ketegangan pada otot, yang mana nantinya akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga dapat membuat seseorang merasa jauh lebih rileks sekaligus efektif juga untuk melepas stres. Menariknya lagi, secara tidak langsung proses ini pun akan membantu menyehatkan kulit, karena radikal bebas yang menjadi musuh utama kulit akan dikeluarkan. Selain itu, stres yang kerap menjadi penyebab jerawat juga berkurang dengan melakukan ritual ini.

Baca juga: Mengenal Radikal Bebas yang Mengintai Setiap Hari dan Dampaknya Pada Kulit

Cara Mempraktikkan Half Bath

Tren Half Bath dari Korea

Isi separuh bathtub dengan air hangat (yang penting, volumenya cukup untuk merendam separuh tubuh Anda). Dikarenakan ritual ini juga berfokus pada rasa nyaman dan relaksasi, Anda pun bisa menambahkan beberapa produk untuk menjadikan pengalaman mandi semakin menyenangkan, mulai dari menambahkan beberapa tetes essential oil, menggunakan garam mandi, atau bahkan bath bombs. Selanjutnya, rendam tubuh Anda tanpa membahasi bagian atas tubuh (termasuk wajah) selama kurang lebih 45 menit.

Sambil bersantai, Anda bisa membaca buku atau menonton video dari handphone. Anda akan merasakan tubuh mulai menghangat dan bagian atas tubuh, kemungkinan Anda pun juga akan berkeringat. Untuk itu, ada baiknya Anda menyiapkan air minum di dalam kamar mandi selama melakukan half bath guna menghindari terjadinya dehidrasi. Setelah 45 menit, bilaslah tubuh dengan menggunakan air dingin. Mengingat manfaat yang ditawarkan, tertarikkah Anda untuk mencoba ritual yang satu ini?

Baca juga: Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin, Mana yang Lebih Sehat?

PREVIOUS ARTICLE

Ragam Solusi Praktis untuk Menyembuhkan Jerawat. Tertarik Coba yang Mana?

NEXT ARTICLE

Ragam Pilihan Serum Niacinamide untuk Atasi Masalah Hiperpigmentasi. Mau Coba yang Mana?

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

4comments


  • Laila Santi Aryani3 months ago

    thanks for sharing kakk

  • Ghina Aulia3 months ago

    Aku sering liat banyak yang ngasih tips Half Bath ini tapi belum ngerti manfaatnya apa dibanding berendam full XD Thanks for sharing!

  • Lolika dia amora3 months ago

    wah keren

  • Fenny Marpaung3 months ago

    Korea dan idenya untuk meng-kinclong-kan kulit