ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Hindari Kulit Kusam, Berikut Tips Perawatan Kulit yang Bisa Diikuti Jika Anda Rutin Berkendara Motor

Siapa sih yang tidak pusing menghadapi kemacetan di ibukota? Karena itulah, banyak orang yang beralih ke sepeda motor sebagai moda transportasi utama mereka. Selain dapat mempersingkat waktu tempuh ke tujuan, mengendarai motor juga dipercaya lebih irit dari segi bahan bakar. Sayangnya, sebagai pengendara motor, khususnya wanita, harus lebih ‘tahan banting’ dalam menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu, serta terpapar debu dan polusi dari asap kendaraan setiap harinya. Walaupun sudah menghindari kebiasaan buruk saat berkendara motor, kondisi ini mau tidak mau membuat kulit mudah terlihat kusam serta memicu jerawat. Nah, jika Anda juga merupakan salah satu pengendara motor harian dan tidak ingin mengalami masalah kulit tersebut, yuk simak tips merawat kulit bagi para pengendara sepeda motor di bawah ini!

Jangan Lupa Menggunakan Sunscreen

Berkendara Motor

Menggunakan sunscreen sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap pengendara motor. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan penggunaan sunscreen sebelum berkendara. Angin yang memberi rasa sejuk saat berkendara memberi kesan ‘palsu’ bahwa sinar matahari tidak terasa panas dan tidak membakar kulit Anda. Selain membuat kulit menjadi belang, kulit yang sering terekspos sinar UVA dan UVB dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit, bahkan kanker kulit, lho! Nah, Anda harus mulai rutin menggunakan sunscreen dengan SPF 30 ke atas untuk mendapatkan perlindungan ekstra sebelum naik motor. Carilah sunscreen dengan tekstur yang ringan dan mudah meresap ke dalam kulit serta tidak merepotkan jika harus diaplikasikan berkali-kali jika Anda harus berkendara seharian.

Bersihkan Wajah Setelah Sampai di Tujuan

Berkendara Motor

Setelah Anda tiba di tujuan dengan selamat, beristirahatlah sejenak lalu jangan menunda untuk langsung mencuci wajah. Menggunakan produk pembersih wajah seperti micellar water memang kurang bisa mengangkat debu dan polusi yang telah mengendap di kulit akibat berkendara seharian. Jika kotoran tersebut tidak terangkat dengan sempurna, maka akan membuat kulit Anda rentan berjerawat. Karena itulah, setelah menggunakan micellar water, lakukan double cleansing dengan menggunakan sabun cuci muka berbusa ringan dan bebas sulfat untuk menghilangkan kotoran, debu, serta minyak dari wajah Anda. Anda juga bisa menggunakan cooling gel-based mask yang juga menghidrasi agar menenangkan kulit dari paparan sinar matahari serta memberikan kelembaban agar kulit tetap halus dan sehat.

Rutin Menggunakan Masker Wajah

Berkendara Motor

Agar kulit Anda tetap terbebas dari berbagai permasalahan kulit akibat sering berkendara dengan motor, rutin melakukan masker wajah bisa menjadi salah satu solusinya. Selain dapat mengangkat sel-sel kulit mati, masker wajah juga dapat menyerap kotoran, debu, dan racun-racun radikal bebas lainnya dari pori-pori wajah Anda. Tak hanya itu, masker wajah juga dapat memberi efek relaksasi dan memiliki kandungan lainnya untuk membantu mengembalikan keremajaan kulit. Produk masker wajah yang berbentuk clay atau charcoal bisa menjadi pilihan utama Anda agar mengangkat kotoran dari kulit wajah secara lebih efektif. Namun, perlu diperhatikan jika jenis masker tersebut hanya disarankan untuk digunakan seminggu sekali karena dapat menyerap kelembapan alami kulit jika terlalu sering digunakan.

Menggunakan Pelembap dan Body lotion

Berkendara Motor

Salah satu masalah kulit yang rentan terjadi pada pengendara motor adalah kulit kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, pastikan untuk menggunakan pelembap wajah sebelum menggunakan sunscreen. Hal ini dikarenakan saat matahari tidak bersinar cerah, Anda masih bisa terbakar sinar matahari yang dapat menembus awan. Lindungi juga kulit di bagian tubuh lainnya setiap hari dengan body lotion. Body lotion tidak hanya membuat kulit Anda terasa lembut, tetapi juga membantu melindungi dari udara dingin serta paparan debu dan polusi yang bertebaran jalanan. Gunakan body lotion dengan bahan pelembap alami seperti oatmeal dan shea butter atau lidah buaya yang memiliki sifat menenangkan kulit.

Perawatan Ekstra untuk Kulit Tangan

Berkendara Motor

Bagian tangan, seperti punggung tangan dan telapak tangan, seringkali terlupakan oleh para pengendara motor. Padahal, jika dibiarkan begitu saja dan tidak dirawat, bagian tangan dapat menjadi belang, kasar, kusam, sekaligus kering akibat paparan sinar matahari dan terekspos polusi dalam intensitas yang sering. Untuk mengatasinya, Anda perlu memberi perhatian ekstra pada tangan Anda, seperti merendamnya di air hangat yang telah ditambahkan beberapa tetes essential oil favorit Anda. Setelah direndam selama sepuluh menit, Anda dapat menggosok tangan Anda dengan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Setelah itu, Anda dapat mengoleskan hand cream di seluruh bagian tangan, baik punggung tangan dan telapak tangan agar kulit semakin ternutrisi. Jika Anda rutin melakukannya seminggu sekali, dijamin kulit tangan Anda tetap terawat, terasa halus serta lembut.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut Bagi Wanita yang Sering Naik Motor

PREVIOUS ARTICLE

Banyak Ditemukan dalam Kandungan Skin Care, Berikut Manfaat Linoleic untuk Kesehatan Kulit

NEXT ARTICLE

Selain Hadir dalam Bentuk Pembersih Wajah, Teknologi Micellar Kini Juga Bisa Ditemukan pada Produk Sampo, Lho!

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

comments