ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Hobi Traveling ke Pantai? Pastikan Anda Melakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Menghabiskan liburan ke pantai menjadi salah satu cara menghilangkan stres yang ampuh untuk sebagian orang. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menghabiskan waktu di pantai karena suasananya yang tenang sehingga mampu menenangkan pikiran, mengurangi depresi, meningkatkan kreativitas, ditambah lagi pasir pantai yang dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati. Namun, segala relaksasi tersebut bisa hancur saat Anda menyadari kondisi rambut yang berubah menjadi kering setelahnya akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Anda harus tetap menjaga kondisi kesehatan rambut agar tidak menjadi kering atau bahkan semakin parah. Menutupnya dengan topi atau scarf tidak cukup, ladies. Coba lakukan beberapa tips berikut ini agar liburan di pantai tidak berbuah merusak rambut.

Jaga kelembapan rambut

Paparan sinar matahari, air laut yang asin, dan keringat dapat menghilangkan kelembapan rambut sehingga membuatnya kering dan rentan terhadap kerusakan. Hindari hal ini dengan membasahi rambut terlebih dulu, kemudian gunakan kondisioner tanpa bilas, untuk membantu melindungi rambut dari air garam yang bisa merusak dan mengurangi kesehatan rambut. Pilih kondisioner yang berbahan bebas sulfat ya, ladies, karena produk ini disebut mampu memulihkan kerusakan rambut.

Menggunakan hairspray

Seperti halnya kulit yang membutuhkan perlindungan dari sinar matahari, begitu pula rambut Anda. Paparan sinar UV dapat merusak kutikula rambut yang membuatnya menjadi kasar dan rapuh. Jangan sampai kesehatan rambut ikut terganggu akan hal ini. Gunakan hairspray yang mengandung SPF di dalamnya sebagai pelindung matahari saat berlibur ke pantai atau ketika Anda sekadar berjemur menikmati panas matahari.

Jaga kelembapan rambut keriting dengan memanfaatkan hair oil

Anda memiliki rambut keriting alami? Kondisioner saja tidak cukup untuk mengunci kelembapan jenis rambut ini. Bagi Anda yang berambut keriting, jagalah kelembapan rambut selama berada di pantai dengan mengoleskan minyak rambut, seperti argan, camelia, dan pracaxi. Ketiga minyak rambut ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dan kehalusan rambut keriting.

Pilih jenis sampo yang sesuai kebutuhan

Masalah rambut lepek atau berkeringat tidak hanya terjadi saat berada di pantai, tetapi juga pada aktivitas sehari-hari. Rambut lepek merupakan akibat dari tubuh yang mengeluarkan banyak keringat. Ketika panas, kulit kepala akan berkeringat dan memindahkan sebum secara alami ke seluruh rambut, sehingga menyebabkannya menjadi lepek. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya gunakan sampo untuk rambut kering sebelum ke pantai agar rambut tidak menjadi kering dan kasar.

Keringkan rambut dengan tepat

Cara mengeringkan rambut setelah bermain di pantai seharian merupakan salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda membiarkan rambut kering di bawah sinar matahari karena hal tersebut dapat merusak rambut. Anda harus mengeringkan rambut dengan cara yang tepat szesuai dengan jenis rambutnya. Khusus untuk pemilik rambut keriting natural atau bergelombang, setelah mandi, keringkan rambut dengan handuk lalu sisir menggunakan jari untuk menjaga teksturnya agar tetap utuh. Kemudian oleskan krim styling rambut agar tampilannya menjadi bergelombang.

Merawat rambut setelah berlibur ke pantai

Sudah terlanjur berlibur ke pantai tapi belum melakukan tips di atas? Tak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa melakukan perawatan kesehatan rambut. Coba aplikasikan vitamin atau masker rambut selama 15 menit sebelum keramas. Selain dapat meningkatkan kelembapan, kedua perawatan ini juga dapat merevitalisasi setiap helai rambut yang dehidrasi sehingga membuatnya lebih halus, lembut, dan berkilau.

Baca juga: Wah, Ternyata Menghabiskan Waktu di Pantai Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Lho! Apa Saja?

PREVIOUS ARTICLE

Ragam Bentuk Alis yang Diprediksi Akan Populer Sepanjang Tahun 2019

NEXT ARTICLE

Tawarkan Manfaat yang Sama dengan Retinol, Bakuchiol Diklaim Lebih Unggul karena Bebas Efek Samping

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

comments