Beauty

Tips Merawat Kuku Kaki Yang Bisa Anda Lakukan

Walaupun sering tertutup alas kaki, kuku kaki memiliki peran yang tak kalah penting seperti kuku tangan, lho. Namun saat merawat kuku kaki (apalagi dilakukan sendiri), memang lebih sulit karena beberapa bagiannya lebih susah dijangkau. Masalah kuku kaki seperti ‘cantengan’ atau bau tidak sedap juga mudah muncul akibat pemakaian sepatu yang terlalu lama. Sebenarnya Anda bisa melakukan pedicure di salon untuk merawatnya. Tetapi, jika ingin lebih hemat dan rileks, Anda bisa merawat kuku kaki sendiri di rumah! 🙂

Merawat Kuku Kaki

1. PASTIKAN KAKI DALAM KEADAAN BERSIH

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah terkena bakteri dan kuman. Hal ini membuat Anda harus lebih ekstra dalam merawat kuku kaki. Awali dengan mencuci kaki seusai beraktivitas di luar ruangan. Bersihkan kuku menggunakan sikat khusus kaki, terutama pada area sela kuku kaki dan sisi kutikula. Atau jika Anda tidak memiliki sikat khusus tersebut, gunakan sikat gigi bekas dengan tekstur bulu yang halus. Lakukan minimal 3 hari sekali ya.

2. RENDAM KAKI DENGAN CAMPURAN BAHAN ALAMI

Tak hanya tubuh yang bisa lelah, kaki yang sudah menemani kita seharian juga bisa lelah! Salah satu cara untuk membuat kaki menjadi rileks, yaitu dengan merendam kaki. Nah, ternyata merawat kuku kaki bisa dilakukan dengan cara ini. Rendam kaki dengan air hangat dan campuran bahan alami seperti 2-3 tetes minyak zaitun dan minyak kelapa sekaligus dapat melembapkan kuku kaki, garam berfungsi sebagai antiseptik untuk menghilangkan bakteri yang menempel, atau jeruk nipis yang memicu efek segar dan tenang. Sehabis itu, keringkan kuku kaki dengan handuk bersih ya.

Baca Juga: Cara Mudah dan Praktis Merawat Kuku Di Rumah

3. TERATUR MENGGUNTING KUKU

Terlalu lama menunggu kuku kaki panjang sehingga sering terlupa memotongnya? Eitsss, hal ini jangan dibiarkan ya. Kuku kaki yang panjang mudah menimbulkan beberapa masalah, seperti jadi kurang nyaman memakai sepatu tertutup, rentan terserang bakteri dan lebih sulit untuk dibersihkan. Anda sebaiknya menggunting kuku kaki setiap dua minggu sekali agar tumbuh sehat dan indah. Usahakan juga memotong kuku sehabis mandi ya sehingga kuku lebih lunak dan mudah digunting.

4. GUNAKAN PELEMBAP KUKU

Tips merawat kuku kaki yang terakhir ini tidak boleh terlewatkan ya 😉 Pelembap kuku penting untuk menjaganya tetap kuat dan tidak mudah patah. Gunakan pelembap sebelum dan sesudah beraktivitas, khususnya bagi Anda yang memakai sepatu tertutup setiap harinya. Coba intip produk rekomendasi dari kami berikut ini, yuk.

PRODUK REKOMENDASI:

EKSTRA TIPS:

  • Gunakan alas kaki dengan ukuran yang pas

Selain menghambat peredaran darah, ukuran alas kaki yang kurang cocok dapat membuat kuku kaki menjadi infeksi. Jadi, sebaiknya pilih dengan ukuran yang tidak terlalu kecil untuk Anda. Dan bagi kuku kaki yang sudah mulai menunjukkan tanda rusak, gunakan sepatu dengan open toe atau sandal ya.

  • Jangan terlupa untuk merawat kutikula

Bila Anda melihat kulit di sekitar kuku menjadi keras, itulah kutikula. Bagian ini dapat menghambat pertumbuhan kuku kaki. Maka dari itu, bersihkan dengan memakai gunting khusus kutikula.

  • Hindari pengunaan penghapus cat kuku berbahan aseton

Bahan aseton bisa membuat kuku menjadi kering dan rentan patah. Pilih nail polish remover berlabel non-aseton yang biasanya lebih sulit menghapus cat kuku, namun lebih aman 😀

PREVIOUS ARTICLE

Sedang Mencari Eyeshadow Drugstore dengan Harga Terjangkau? Coba Lihat 7 Pilihan Ini

NEXT ARTICLE

Review: Sulwhasoo Cream Set, Rangkaian Produk Pelembap Wajah yang Bisa Digunakan untuk Beragam Kondisi Kulit

RELATED ARTICLES

comments