ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Slugging, Teknik Skin Care dengan Kulit Bak Tertutupi Lendir untuk Dapatkan Hasil yang Halus dan Lembap

Tren perawatan kulit dengan berbagai teknik seakan tidak pernah ada habisnya. Setelah dunia skin care sempat ramai dengan tren 10 Step Korean Skin Care Routine, menggunakan sheet mask setiap hari, pakai 2 masker sekaligus dengan multimasking, kini hadir tren baru yang tidak kalah unik: Slugging. Jika melihat kata ‘slug’ yang memiliki arti siput, mungkin Anda akan langsung teringat akan tren perawatan kulit dengan snail mucin alias lendir siput yang juga populer. Namun, ternyata kata slugging di sini memiliki arti lain, lho! Yuk, simak apa itu slugging dan manfaatnya untuk kesehatan kulit Anda!

Slugging, Cara Unik Atasi Kulit Kering

Teknik Slugging

Ternyata, alih-alih menggunakan lendir siput, teknik slugging hanya menggunakan satu buah produk skin care, yaitu petroleum jelly. Untuk melakukan teknik ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengoleskan lapisan tebal petroleum jelly pada wajah. Hmm, Anda bisa membayangkan kan bagaimana wajah seseorang yang tertutupi dengan lapisan tebal petroleum jelly? Karena setelah melakukan teknik ini, wajah Anda akan terlihat seolah-olah telah tertutupi dengan lapisan lendir yang tebal, teknik inipun diberi nama slugging.

Masih bingung bagaimana cara kerja teknik slugging? Yuk, pelajari dulu prosesnya! Teknik ini dilakukan di malam hari sebelum tidur. Tentu saja Anda tidak mungkin berjalan-jalan di siang hari dengan wajah yang terlapisi tebal petroleum jelly, kan? Di malam hari, setelah Anda menyelesaikan tahapan skin care routine seperti biasa, oleskan petroleum jelly tebal-tebal untuk ‘mengunci’ semua manfaat skin care dan kelembapan kulit Anda di bawahnya. Teknik ini bermula dari kebutuhan para wanita di musim dingin yang kerap mengalami masalah kulit kering. Untuk menjaga kelembapan kulit, petroleum jelly pun digunakan sebagai penutup rangkaian skin care mereka.

Baca juga: Sejuta Manfaat Lendir Siput Untuk Kecantikan

Kontroversi Di Balik Teknik Slugging: Apakah Teknik Slugging Efektif dan Aman?

Teknik Slugging

Setelah teknik ini menjadi cukup ramai diperbincangkan, cukup banyak wanita yang penasaran dan mencobanya. Ada yang menyebutkan bahwa slugging membuat kulitnya terasa sangat lembut, halus, dan lembap saat bangun tidur, bahkan teknik ini membantu mengurangi kemunculan jerawat pada wajahnya. Menggiurkan sekali, bukan? Teknik slugging mungkin dapat bekerja dengan efektif karena petroleum jelly bersifat occlusive. Sifat occlusive artinya petroleum jelly mampu menciptakan lapisan pada kulit dan ‘mengunci’ kelembapan. Jika Anda bertanya-tanya apakah teknik ini akan membuat bantal Anda lengket, menurut beberapa wanita yang telah mencoba teknik ini, petroleum jelly akan terserap pada kulit dan tidak meninggalkan residu pada bantal, kok!

Namun, jika mengingat bahwa petroleum jelly memiliki sifat occlusive yang dapat mengunci kelembapan agar tetap berada di dalam kulit, pada saat yang sama, petroleum jelly juga bisa ‘mengunci’ kotoran, minyak, atau keringat pada kulit. Karena kekhawatiran ini, teknik Slugging pun menuai kontroversi dari beberapa pihak termasuk Naomi Fenlin, skin care specialist dari Philadelphia. Dilansir dari AboutFaceSkinCare, Naomi menambahkan “Petroleum jelly tidak memiliki manfaat apapun untuk kulit, bahkan manfaat melembapkan. Jika Anda memiliki kulit berjerawat dan mencoba teknik ini, ada kemungkinan besar jerawat Anda akan bertambah parah.” Naomi menutup pernyatannya dengan tidak merekomendasikan teknik ini untuk dicoba sama sekali.

Baca juga: Kandungan Skin Care yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Rentan Berjerawat

Mengingat bahwa tiap-tiap orang memiliki kondisi kulit yang juga berbeda-beda, mixed reviews atau ulasan yang berbeda-beda merupakan hal yang tidak mengherankan. Tidak ada patokan khusus apakah akan berhasil atau tidak di kulit kita masing-masing jika tidak dicoba sendiri. Tentu, saat mencoba kita sudah tahu untung dan ruginya. Bagaimana pendapat Anda akan teknik slugging ini? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

PREVIOUS ARTICLE

5 Rekomendasi Dry Shampoo dengan Harga di Bawah Rp100.000 untuk Mengatasi Rambut Lepek dalam Sekejap

NEXT ARTICLE

Rekomendasi Produk Skin Care Lokal dengan Kandungan Kefir untuk Atasi Berbagai Masalah Kulit

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

3comments


  • Lilian Rosita7 months ago

    baru tau.. thanks infonya

  • Sefa Octavianti7 months ago

    I've tried this one when I'm on break out. I think it's effective

  • Fifir Husnah8 months ago

    Makasih infonya