ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Selain Uban, 5 Hal Ini Dapat Menjadi Tanda Penuaan pada Rambut

Serupa dengan bagian tubuh lainnya, rambut juga mengalami penuaan. Salah satu ciri penuaan pada rambut yang paling banyak disadari adalah munculnya uban atau rambut yang berubah warna menjadi keabuan. Namun tahukah Anda, munculnya uban hanyalah satu dari sekian banyak ciri penuaan pada rambut. Mulai dari rambut kering hingga rapuh, ini dia beberapa tanda penuaan pada rambut yang perlu Anda waspadai.

Rambut kering

Penuaan pada Rambut

Rambut yang mulai menua dapat menjadi semakin kering. Penyebabnya adalah menyusutnya kelenjar minyak pada kulit kepala, sehingga kadar minyak alami rambut ikut berkurang. Proses ini bersifat alami, tetapi akan menjadi semakin buruk bila Anda termasuk orang yang rutin menata rambut menggunakan hair styling tools. Untuk meminimalisir kerusakan ini, pastikan untuk mengurangi frekuensi penggunaan hair styling tools dan rawat rambut menggunakan hair mask secara rutin.

Warna rambut memudar

Penuaan pada Rambut

Perubahan warna rambut tidak hanya terjadi pada helaian uban saja, tetapi juga pada keseluruhan warna rambut. Ada dua sel yang bertugas memproduksi pigmen pada rambut, yaitu eumelanin untuk warna gelap dan phaeomelanin untuk warna terang. Usia yang bertambah membuat dua sel pigmen ini memburuk dan menghasilkan warna yang keabuan. Kalau hal ini sudah terjadi, Anda tidak bisa mengembalikan warna alami rambut yang pekat. Namun, Anda bisa membuatnya lebih nyala dengan rutin melakukan deep conditioning atau mengaplikasikan serum.

Baca juga: Berbagai Cara untuk Mengatasi Rambut Statis yang Mengganggu

Rambut menipis

Penuaan pada Rambut

Ramput menipis adalah salah satu ciri penuaan pada rambut. Ada beberapa faktor yang membuat rambut terlihat tipis, yaitu berkurangnya kepadatan rambut, pertumbuhan rambut baru yang lebih tipis, atau kerontokan rambut dengan jumlah yang lebih banyak. Tak hanya itu, ukuran folikel rambut juga mengecil sehingga menyebabkan hairline menjadi tipis atau membuat belahan rambut menjadi lebih lebar.

Perubahan pada tekstur rambut

Penuaan pada Rambut

Selain perubahan warna, rambut juga berpotensi mengalami perubahan tekstur. Hal ini terjadi akibat fluktuasi hormon yang biasa dialami seseorang saat menopause. Fluktuasi ini juga bisa terjadi saat seseorang mengidap penyakit tertentu atau sedang mejalani kemoterapi. Tak hanya akibat perubahan hormon, sebenarnya teksur rambut kita juga dapat mengalami perubahan setiap lima hingga tujuh tahun sekali. Jika menyadari adanya perubahan ini, jangan lupa untuk mengganti produk perawatan rambut Anda, ya!

Baca juga: Ingin Punya Rambut Sehat? Yuk, Mulai Hindari Hal-Hal Berikut Saat Mengeringkan Rambut!

Rambut rapuh

Penuaan pada Rambut

Berhubungan dengan poin pertama, kondisi rambut yang semakin kering akan menyebabkan rambut menjadi lebih mudah patah karena berkurangnya elastisitas. Kondisi ini juga dapat diperburuk dengan penggunaan hair styling tools yang terus menerus atau proses penataan rambut menggunakan bahan kimia yang keras. Untuk memperbaiki kondisi ini, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang kaya akan biotin atau menggunakan kondisioner kaya protein.

Baca juga: Tips Mendapatkan Rambut Panjang dan Sehat dari Anastasiya Sidorova, Real-Life Rapunzel dari Russia

PREVIOUS ARTICLE

Kulit Wajah Cantik Alami dan Bebas Masalah dengan Senka Perfect Whip

NEXT ARTICLE

Hadir di Mal Kota Kasablanka, CLIO Professional Buka Konter Pertamanya di Luar Korea

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments