ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Ini 5 Tanda yang Muncul di Kulit Anda Akibat Eksfoliasi Berlebihan

Punya goals kulit wajah flawless dan bebas kusam? Eksfoliasi adalah jawabannya. Tahapan skin care ini merupakan salah satu langkah untuk mendapatkan kulit cerah. Tujuan eksfoliasi adalah untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Jika sel kulit mati menumpuk, banyak masalah kulit yang akan terjadi, mulai dari kulit kusam, komedo, hingga jerawat. Meskipun begitu, eksfoliasi sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena bisa mengiritasi kulit. Berikut ini lima tanda yang memperlihatkan bahwa Anda melakukan eksfoliasi secara berlebihan.

Jerawat Makin Parah

Eksfoliasi berlebihan bisa membuat lapisan pelindung kulit rusak sehingga membuat bakteri mudah berkembang biak di wajah. Mungkin Anda akan menganggapnya sebagai purging, tapi kalau sudah lebih dari dua minggu bukan lagi purging, tetapi peradangan.

Kulit Mirip Lilin

Kalau kulit Anda terasa seperti manekin, itu bukanlah pertanda baik. Penggunaan Retin-A yang biasanya terdapat pada produk eksfoliasi yang digunakan secara berlebihan akan membuat kulit tampak mengilap. Efek yang Anda kira glowing bisa berarti bahwa tekstur alami kulit Anda terangkat. Jika sudah begini, sebaiknya hentikan penggunaan produk eksfoliasi.

Baca juga: 5 Kunci Melakukan Eksfoliasi Wajah Tanpa Merusak Kulit

Kulit Terasa Kering dan Kencang

Jika kulit wajah Anda terasa terlalu kencang seperti tertarik saat Anda tersenyum, terutama setelah mencuci wajah? Saat kulit kehilangan kelembapan alaminya, kulit akan terasa sangat kering dan kencang. Salah satu penyebab mengapa kulit Anda seperti tertarik ini adalah penggunaan produk eksfoliasi yang berlebihan.

Kulit Dehidrasi

Kulit yang dehidrasi sering kali disalah artikan sebagai kulit kering atau kasar. Tapi kalau tiba-tiba muncul kerutan atau kulit di area bawah mata Anda tampak menghitam, garis senyum sangat terlihat, bisa jadi disebabkan karena terlalu seringnya Anda mengeksfoliasi kulit.

Kulit Sangat Berminyak

Karena eksfoliasi berlebihan, kulit berminyak atau kombinasi bisa terlihat semakin parah. Hal ini disebabkan kurangnya hidrasi kulit yang membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak lagi di kulit sehingga kulit Anda akan tampak seperti gorengan.

Baca juga: Kulit Berjerawat Boleh Melakukan Eksfoliasi dengan Mengikuti Aturan Ini

PREVIOUS ARTICLE

Bingung Memilih Eksfoliator? Ini Dia Jenis Eksfoliator yang Cocok untuk Jenis Kulit Anda

NEXT ARTICLE

Review: SASC Time to Shine Collection, 3 Lip Gloss Terbaru yang Dibuat dari Warna Terlaris SASC

RELATED ARTICLES

Content Editor of Beauty Journal

COMMENTS

4comments


  • Sakinah Chaerunisa2 weeks ago

    kayaknya emang bbrapa lg terjadi di aku skarang sih ini, time to go back to the basic :)

  • Rr Saphira Septa Aryanti2 weeks ago

    sebenernya masih belum ngeh eksfoliasi itu apa. baca begini tuh aku makin obsessed sm skincare emang.

  • Aprilia Kiki2 weeks ago

    Sedang mencoba memahami pola eksfoliasi kulit dan baca artikel ini💞

  • Maslahatul Adawiyah2 weeks ago

    Mungkin ini yg trjd sama kulit aku skrg,, aku mulai stop pakek produk yg biasa aku pakek trrlu sering..mskipun produknya bilang bs dipakek tiap hari..