ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Jika Salah Satu dari 5 Tanda Berikut Pernah Anda Alami, Mungkin Ini Saatnya untuk Mengganti Alat Catok

Belakangan, decluttering ala Marie Kondo semakin populer. Decluttering sendiri merupakan kegiatan menyortir barang-barang yang sudah tak lagi terpakai atau kedaluwarsa dan menumpuk di rumah. Mungkin, banyak juga dari Anda yang akhirnya ‘merelakan’ produk kecantikan lama yang sudah kedaluwarsa untuk dibuang. Misalnya saja, lipstik, pelembap, atau masker. Rupanya, tak hanya makeup dan skin care saja, alat catok pun memiliki masa kedaluwarsa alias perlu diganti. Kira-kira, apa saja sih indikasi yang menunjukkan bahwa alat catok sudah perlu diganti? Temukan jawabannya di sini!

1. Kondisi pelat alat catok buruk

Tanda Anda Perlu Mengganti Alat Catok

Cara termudah untuk mengetahui apakah alat catok Anda masih berada pada kondisi yang baik atau tidak adalah dengan mengecek kondisi pelatnya (lapisan metal alat catok). Jika pelat alat catok sudah penuh goresan, menipis, atau warnanya memudar, besar kemungkinan alat catok sudah ‘berumur’ dan perlu untuk diganti. Apalagi, kalau pelat alat catok sudah tak lagi menempel dengan baik alias longgar, sehingga rambut jadi sering terjepit. Menurut expert hair stylist Fabio Scalia, pelat alat catok yang rusak berpotensi menghantarkan suhu yang tidak merata atau bahkan memungkinkan sebagian rambut menerima suhu panas yang terlalu tinggi, sehingga dapat berujung pada kerusakan rambut.

2. Indikator suhu tak lagi berfungsi dengan baik

Tanda Anda Perlu Mengganti Alat Catok

Umumnya, alat catok dilengkapi dengan indikator suhu berupa lampu atau layar digital. Nah, lampu indikator alat catok yang masih ‘sehat’ seharusnya menyala sesuai pengaturan (pengaturan lampu bisa berbeda-beda untuk tiap alat catok). Misalnya, berkedip selama alat catok memanas, lalu menyala konstan saat sudah mencapai suhu ideal. Kalau lampu indikator ini tak berhenti berkedip, atau bahkan tak lagi menyala, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk mendapatkan alat catok baru, nih!

3. Anda perlu menggunakan alat catok berulang kali untuk menata rambut

Tanda Anda Perlu Mengganti Alat Catok

Padahal, dulu Anda memutuskan untuk membeli alat catok karena klaimnya yang dapat menghasilkan rambut lurus hanya dalam hitungan detik. Tapi, sekarang kok jadi butuh waktu bermenit-menit untuk mendapatkan rambut yang lurus, ya? Sebelum ‘menuduh’ klaim alat catok tersebut salah, coba diingat, sudah berapa lama Anda menggunakan alat tersebut? Apabila alat catok sudah berumur lebih dari 3 tahun, hal tersebut tergolong wajar. Pasalnya, tiap benda elektronik memiliki masa pakainya masing-masing.

Baca juga: Selain Meluruskan Rambut, Ini Berbagai Gaya yang Bisa Anda Dapatkan dengan Menggunakan Catokan

4. Suhu terlalu tinggi

Pertimbangkan pula untuk mengganti alat catok apabila suhu yang dihasilkan terlalu tinggi (padahal sebelumnya tidak). Ketika alat catok rusak, hal tersebut tak hanya sekadar memengaruhi bagian luar alat catok, tapi juga pengaturan suhu dari dalam. Alhasil, suhu yang dihasilkan kerap tak sesuai dengan pengaturan dan malah terlalu panas. Pada akhirnya, hal tersebut hanya akan merusak rambut.

5. Kabel rusak

Tanda Anda Perlu Mengganti Alat Catok

Apabila kondisi kabel alat catok sudah koyak dan bagian kawat di dalamnya telah terlihat, well… sepertinya umur alat catok Anda sudah tak lama lagi, deh! Tak sekedar memengaruhi kerja catokan, hal ini juga berbahaya untuk keselamatan diri karena bisa menyebabkan korslet. Walaupun kabel mungkin masih terlihat seperti sedia kala, Anda tetap perlu berhati-hati apabila alat catok mengeluarkan bau aneh, seperti gosong atau bau terbakar.

* * * * *

Menurut GHD Education Manager Robert Kovacs, menggunakan alat catok tua dapat merusak rambut, mulai dari menyebabkan rambut bercabang hingga membuatnya kehilangan kilau alami. Seperti kebanyakan alat elektronik lainnya, umur alat catok bergantung pada seberapa sering alat tersebut digunakan dan cara perawatannya. Namun, ia merekomendasikan agar tidak menggunakan alat catok yang berumur lebih dari 4 tahun. Untuk memperpanjang umur alat catok, pastikan Anda selalu merawatnya dengan baik, ya!

Baca juga: Agar Hasilnya Maksimal dan Tidak Menyebabkan Kerusakan, Coba Hindari 5 Hal Ini Saat Mencatok Rambut!

PREVIOUS ARTICLE

Mengenal Pijat Buccal, Perawatan Favorit Meghan Markle untuk Menjaga Kekencangan Kulit

NEXT ARTICLE

Cara Melepas Eyelash Extension Sendiri di Rumah dengan Aman

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

2comments


  • Yvon Alifa Rakhman2 months ago

    nice

  • Sharira Ramadhani2 months ago

    nice share