ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Suntik Jerawat, Benarkah Efektif untuk Atasi Masalah Jerawat yang Meradang?

Datang dan perginya jerawat sering kali tidak dapat kita diperkirakan. Meskipun jerawat bukanlah masalah yang mengancam, namun kehadirannya sudah tentu sangat mengganggu. Bahkan, tak jarang pula dapat menurunkan tingkat percaya diri wanita. Terlebih, jika jerawat datang dalam kondisi yang memerah, besar, dan meradang. Selain itu, tampilan jerawat akan semakin mengganggu saat terasa sakit ketika disentuh dan mengandung nanah di dalamnya (pustula).

Sebenarnya, ada berbagai macam obat hingga metode perawatan yang bisa dilakukan untuk mengusir jerawat. Namun, belakangan ini ada sebuah metode yang disebut-sebut cukup ampuh dalam melenyapkan jerawat dalsingkat, yakni suntik jerawat. Kira-kira bagaimana cara kerja dan efek sampingnya, ya? Simak terus penjelasan lengkapnya di artikel ini, ya.

Apa Itu Suntik Jerawat?

Suntik jerawat adalah metode untuk menghilangkan jerawat meradang secara instan. Umumnya, hanya membutuhkan satu hingga dua hari untuk mengusir jerawat meradang dari wajah. Suntikan akan diisi dengan cairan kimia bernama steroid yang bersifat sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Steroid sendiri merupakan senyawa kimia yang sebetulnya bisa diproduksi oleh tubuh manusia pada organ kelenjar adrenal. Jenis steroid yang digunakan untuk mengatasi masalah jerawat adalah kortikosteroid. Kandungan ini bekerja dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengurangi peradangan. Oleh sebab itu, suntikan berisi steroid ini dapat mengatasi jerawat batu yang sedang meradang sekalipun.

Bagaimana Prosedurnya?

Jika Anda memiliki jerawat yang berisi nanah, maka akan terjadi dua kali penyuntikan. Suntikan pertama adalah proses untuk mengeluarkan nanah yang ada, sedangkan suntikan kedua adalah untuk memasukan steroid guna mengempiskan jerawat. Saat disuntik, mungkin rasanya tidak akan begitu sakit. Namun, saat obat steroid sudah masuk ke kulit akan ada sedikit rasa nyeri. Hasil dari suntikan steroid ini umumnya akan terlihat selama 24-48 jam ke depan. Jerawat yang awalnya meradang pun akan hilang tanpa meninggalkan bekas jerawat berupa noda kehitaman ataupun bopeng.

Metode ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit yang kompeten dalam bidang dermatologis. Hal ini dikarenakan seluruh prosedur (mulai dari teknik penyuntikan hingga pemberian dosis obat) suntik jerawat, semuanya harus dilakukan dengan tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Jika dilakukan dengan keliru, hasilnya tentu akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari, yakni munculnya bopeng ataupun keloid.

Pada dasarnya, suntik jerawat ini akan bekerja bukan bersifat mengobati, tetapi hanya untuk menanggulangi reaksi radang yang sedang terjadi pada jerawat tersebut. Jadi, suntik jerawat tidak diperbolehkan untuk dilakukan secara rutin setiap kali Anda memiliki jerawat. Bagi para pemilik kulit sensitif yang tertarik untuk melakukan treatment ini, sebaiknya lakukanlah konsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis guna menghindari terjadinya iritasi dan pembengkakkan kulit pasca suntik jerawat.

Baca juga: Menyamarkan Sekaligus Menyembuhkan Jerawat dengan Acne Patch. Ini 7 Produk Rekomendasinya untuk Anda

Pantangan Sebelum dan Sesudah Suntik Jerawat?

Sebenarnya tidak ada pantangan khusus yang harus dilakukan sebelum maupun sesudah suntik jerawat. Hanya saja, diperlukan sedikit kedisiplinan dalam merawat wajah, mulai dari rutin menggunakan skincare, menghindari sinar matahari secara langsung, serta tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung susu dan minyak. Cukup mudah, bukan?

Lantas, Adakah Efek Sampingnya?

Suntik jerawat memiliki efek samping yang mungkin serupa dengan prosedur suntik-menyuktik lainnya, yaitu timbul rasa nyeri dan kemerahan. Pada pasien yang mengalami alergi terhadap reaksi obat steroid, dapat meminta obat khusus pada dokter spesialis kulit guna meredakan alergi. Reaksi alergi yang timbul pun tidak akan separah yang mungkin Anda bayangkan. Selain akan terjadi dikit rasa gatal, kemungkinan besar wajah juga aka terlihat agak bengkak. Namun, tidak perlu khawatir! Selama Anda melakukannya di klinik yang aman, seluruh efek samping ini dapat diatasi dengan cepat oleh sang dokter spesialis kulit, kok! Bagaimana, tertarikkah Anda untuk mencoba treatment ini?

Baca juga: Jerawat Belum Kunjung Hilang? Yuk, Coba Rekomendasi Obat Jerawat dari Brand Korea Berikut!

PREVIOUS ARTICLE

Banjir Diskon! Ini Dia 5 Lipstik Lokal yang Bisa Anda Dapatkan dengan Harga Spesial di Sociolla

NEXT ARTICLE

Ragam Produk Complexion Pilihan dari NYX yang Menarik Dicoba oleh Para Pecinta Makeup Drugstore

RELATED ARTICLES

comments