ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Skip Care vs 10 Steps Skin Care, Mana yang Jadi Pilihan Anda?

Sebagai salah satu negara yang metode makeup dan skin care-nya menjadi tren dunia, Korea Selatan tidak pernah kehabisan tren di industri kecantikan. Mulai dari riasan bibir ombre, gaya alis yang lurus, hingga yang paling populer yaitu 10 steps skin care. Di dalam 10 steps skin care sendiri, penggunaan skin care dibagi menjadi 10 tahapan dengan 10 produk dimulai dari first cleanser hingga sheet mask. Penggunaan 10 produk ini tentu saja tidak selalu dilakukan di pagi dan malam hari karena ada beberapa produk seperti eksfoliator yang hanya boleh digunakan maksimal seminggu sekali dan sunscreen yang biasa digunakan di pagi hari. Meski begitu, 10 steps skin care tetap memiliki 10 tahapan karena bertujuan untuk membuat penggunanya memahami keseluruhan tahapan penggunaan skin care dan kemudian mampu menyesuaikan pengetahuan mereka dengan penggunaan skin care untuk mendapatkan hasil yang mereka inginkan di kulit.

Kemunculan Skip Care sebagai Tren Skin Care

Skip care vs 10 steps skin care

Meski begitu, tak jarang juga ada pengguna 10 steps skin care yang merasa bahwa penggunaan banyak produk tak memberikan dampak yang ia inginkan bahkan ada yang sampai mengalami iritasi, kemerahan, dan merasa bahwa kulitnya perlahan menjadi sensitif. Kemunculan efek samping dari rutinitas ini kemudian mendorong lahirnya sebuah tren skin care baru di Korea Selatan yakni Skip Care yang merupakan metode skin care yang bertentangan dengan 10 steps skin care. Metode ini mengedepankan tahapan skin care yang lebih sederhana dan kembali kepada dasar-dasar utama dari penggunaan skin care seperti membersihkan, melembapkan, dan melindungi.

Tahapan skip care memang minimalis, sehingga Anda harus memastikan bahwa tiga produk yang digunakan pada skip care sesuai untuk kebutuhan kulit dan dapat menyelesaikan berbagai masalah pada wajah. Beralih kembali ke skin care dasar dapat membantu kulit Anda bernapas dan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, penggunaan skip care dapat membantu dalam menjaga kulit sensitif dari masalah-masalah yang tidak diinginkan.

Baca juga: Skip-Care, Tren Perawatan Kulit dari Korea yang Lebih Singkat dan Efektif

Pilih yang mana, 10 Steps atau Skip Care?

Skip care vs 10 steps skin care

Tidak ada tahapan skin care yang lebih baik antara satu dengan yang lainnya karena skin care benar-benar tergantung pada tiap individu yang menggunakannya. Menurut dr. Yunyoung Claire Chang, dermatologis dari Union Square Laser Dermatologi, kebutuhan skin care harian tiap individu sangat ditentukan oleh usia, cuaca, diet, faktor stres eksternal, dan dapat berubah seiring berjalannya waktu. Bisa jadi Anda tidak cocok menggunakan skip care karena padatnya aktivitas sehingga kulit membutuhkan double cleansing. Atau, kegiatan Anda sehari-hari terbatas pada pekerjaan kantor dan rumah sehingga tiga produk saja cukup untuk memenuhi kebutuhan kulit.

Bagi Anda yang sering mengalami kemerahan, gatal-gatal, rosacea, dan pemilik kulit sensitif, memangkas produk skin care yang Anda gunakan dan kembali pada tahapan yang lebih sederhana disebut akan sangat membantu kulit karena tidak banyak zat-zat asing yang masuk ke dalam lapisannya. Akan tetapi untuk yang memiliki kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat, satu pembersih saja tidak akan cukup untuk menangkal masalah-masalah tersebut. Kulit berminyak tetap membutuhkan bantuan baik dari toner yang mengandung AHA/BHA. Nah, kira-kira mana kah yang lebih cocok dengan Anda, Skip Care atau 10 Steps Skin Care?

Baca juga: Yoga Skin, Tren Makeup Terbaru yang Menampilkan Kulit Bercahaya dari Dalam

[Sumber foto cover]

PREVIOUS ARTICLE

Thayers 101: Panduan Memilih Produk Toner dan Astringent Thayers Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

NEXT ARTICLE

Dari Merias Anggota Keluarga Jokowi hingga Memiliki 8000 Murid, Ini Lika-liku Perjalanan Karier MUA Clerence Victoria

RELATED ARTICLES

A future corgi and shibe Momma. A patata in a human form.

COMMENTS

7comments


  • Isyhari Maheswar1 week ago

    Ya ampun, baru ngomongin ini sama adek aku, tau tau artikel ini muncul 😅 jadi penasaran mau praktekin

  • Rolita Sisca2 weeks ago

    sedang mencoba skip care biar lebih hemat 💔

  • Lulu Badriyah3 weeks ago

    Skip care aja ;)

  • Epa Sariningsih4 weeks ago

    Skip care, tapi masih d tambahin beberapa

  • Adinda Putri Nur Afiani1 month ago

    Sepertinya skip care saja 😅

  • Veronica Andrea1 month ago

    10 steps sih bikin capek dan bangkrut :(

  • Diana Makiah2 months ago

    Aku pribadi lebih suka skip care aih hm hm

    • Dita Nurliani1 month ago

      @dianamakiah Saya jugaa! Kadang suka capek duluan kalo mau 10 steps :(