ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Serba-serbi Produk Kecantikan dengan Klaim Bebas Gluten

Setiap orang memiliki sensitivitas tersendiri terhadap sebuah kandungan dalam produk kecantikan. Menggunakan produk kecantikan dengan kandungan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit tentu saja akan menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kulit. Diet gluten atau mengonsumsi makanan yang bebas dari kandungan gluten mungkin sudah Anda ketahui dan sering terdengar. Namun, mungkin Anda masih asing dengan produk kecantikan yang menawarkan klaim bebas gluten atau gluten-free. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan klaim bebas gluten pada sebuah produk kecantikan dan adakah manfaatnya untuk kulit? Berikut penjelasan selengkapnya!

Apa itu produk kecantikan bebas gluten?

Memilih produk kecantikan memang harus teliti hingga melihat pada kandungan yang dipakai di dalam produk tersebut supaya tidak menimbulkan efek negatif pada kulit seperti iritasi dan juga kemerahan pada kulit. Karenanya, hingga kini semakin banyak brand kecantikan yang hadir dengan menawarkan klaim bahwa produk-produknya dibuat menggunakan kandungan yang aman, organik, dan juga bebas dari kandungan berbahaya.

Klaim pada produk kecantikan seperti hypoallergenic, vegan cosmeticalcohol-free, paraben free, hingga oil-free mungkin sudah banyak Anda temukan. Namun produk kecantikan dengan klaim bebas gluten mungkin merupakan hal yang masih baru atau bahkan belum pernah Anda temui.

Gluten adalah senyawa yang biasanya terdapat di dalam protein yang ditemukan pada gandum, roti, hingga susu. Gluten juga kerap ditemukan pada makanan olahan, seperti sereal, biskuit, pasta, kecap, bir hingga oatmeal. Diet gluten ditujukan bagi mereka yang menderikta kondisi celiac atau intoleran terhadap gluten. Sama halnya dengan makanan yang bebas dari kandungan gluten, produk kecantikan dengan klaim bebas gluten juga ditujukan bagi mereka yang sensitif terhadap protein tersebut. Hingga kini, ada beberapa brand yang muncul dengan produk yang diklaim bebas gluten. Namun, apakah klaim tersebut memang berpengaruh pada kulit seseorang yang alergi intoleran terhadap gluten?

Bahan-bahan yang mengandung gluten

Tak hanya dalam makanan, produk kecantikan dan perawatan kulit juga bisa mengandung gluten, seperti lotion, scrub, lipstik hingga tabir surya. Di antara beberapa bahan makanan yang mengandung gluten, ada susu, biji-bijan dan juga oatmeal biasanya digunakan sebagai salah satu ingredient dalam sebuah produk kecantikan. Selain itu, beberapa kandungan lain di dalam produk kecantikan yang mungkin terkontaminasi oleh gluten yang juga perlu diwaspadai adalah seperti barley extract, hordeum vulgare extract, malt extract, sodium lauroyl oat amino acid, dan avena sativa extract.

Perlukah menggunakan produk kecantikan dengan klaim bebas gluten?

Bagi orang yang menderita celiac, mengonsumsi gluten dapat merusak lapisan usus halus yang menyebabkan masalah dengan sistem pencernaan. Satu-satunya cara untuk menghindari kondisi buruk akibat gluten adalag dengan melakukan diet bebas gluten. Beberapa tanda yang mungkin muncul pada orang-orang yang intoleran terhadap gluten adalah masalah kulit sperti ruam, gatal hingga melepuh, sakit kepala, perut kembung bahkan bisa mengalami depresi. Di antara beberapa tanda tersebut, kulit adalah salah satu bagian tubuh yang paling terkena dampak bila Anda mengalami alergi terhadap gluten.

Eits, tapi tak perlu khawatir, karena efek negatif paling besar terhadap tubuh tetap disebabkan melalui proses mengonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan gluten. Menurut dermatolog asal New York, Dr Debra Jaliman MD, reaksi negatif pada seseorang yang mengalami kondisi intoleran gluten saat menggunakan produk kecantikan yang mengandung gluten kemungkinannya sangat kecil dan bisa terjadi jika produknya diaplikasikan di dekat mulut sehingga tidak sengaja tertelan. Lalu, apakah penting memerhatikan klaim bebas gluten pada sebuah produk kecantikan? Jawabanya kembali bergantung pada kondisi tubuh dan kulit setiap orang.

Dr Jaliman menyarankan, yang harus benar-benar menghindari produk perawatan kulit dengan klaim bebas gluten adalah anak-anak yang intoleran terhadap gluten. Karena akan lebih mudah bagi anak-anak untuk memasukkan tangan ke dalam mulutnya sehingga menyebabkan kandungan gluten masuk ke dalam tubuh dan bisa menimbulkan efek negatif.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki sensitivitas terhadap gluten, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli diet bernama Tricia Thompson dan diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, sangat kecil kemungkinan kandungan gluten di dalam sebuah produk kecantikan dapat memengaruhi kondisi kulit dan kesehatan Anda. Namun, bila Anda adalah seorang yang mengalami kondisi intoleran gluten dan merasakan efek negatif setelah menggunakan produk kecantikan dan perawatan kulit dengan kontaminasi gluten, sebaiknya Anda segera menghentikan pemakaiannya dan berkonsultasi dengan dokter kulit.

Baca Juga: Sakit Kepala dan Kulit Bermasalah Setelah Makan Roti Atau Susu? Mungkin Anda Alergi Gluten!

PREVIOUS ARTICLE

Rekomendasi Produk Perawatan Leher untuk Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

NEXT ARTICLE

Ucapkan Selamat Tinggal pada Bibir Kering dengan Rekomendasi Masker Bibir Berikut

RELATED ARTICLES

COMMENTS

2comments


  • Rosnyyandari Martikasari1 week ago

    birthday_bag_sociolla

  • fadila setianingtyas1 month ago

    😍