Beauty

Sejuta Manfaat Lendir Siput Untuk Kecantikan

Jika biasanya Anda mencintai escargot tersaji dalam sebuah piring dengan bumbu garlic, maka Anda akan lebih mencintai keluarga siput ini setelah tau manfaat lendir siput untuk kecantikan. Lendir siput ternyata kaya akan antioksidan dan memiliki manfaat yang bersaing dengan inovasi teknologi kecantikan lainnya. Bagaimana kisah ‘si siput’ dalam mengembalikan kesehatan kulit dan rambut?

Sejarah

Manfaat lendir siput untuk kecantikan sebenarnya telah diketahui sejak lama oleh bangsa Yunani kuno. Hippocrates, seorang ahli fisika Yunani terpandang pada masa itu sering menggunakan siput yang telah dihancurkan dan dicampur dengan sour milk sebagai penawar inflamasi kulit. Kemudian, berkat petani Chile, lendir siput menjadi populer kembali. Petani tersebut yakin bahwa tangannya menjadi lembut karena sering menyentuh lendir siput.

Manfaat Kandungan Ajaib

Lendir mempermudah siput dalam berjalan pada batu-batuan dan juga berfungsi untuk mengobati luka pada badannya yang lunak ketika bersentuhan dengan bebatuan yang tajam dan kasar. Lendir siput mengandung proteoglycans, glycosaminoglycans, glycoprotein enzymes, hyaluronic acid, copper peptides, antimicrobial peptides dan trace elements termasuk copper, zinc, and iron, serta semua kandungan yang diperlukan untuk regenerasi kulit atau mengatasi kulit yang rusak dan luka. Lendir siput ini juga mengandung enzim-enzim yang menstimulasi kolagen, fibronectin protein, elastin fibers, dan yang berfungsi sebagai anti aging agar kulit awet muda, serta dapat mempercepat penyembuhan luka, mengembalikan kondisi kulit dan rambut yang rusak, hingga menyuburkan dan menguatkan batang rambut. Selain itu, kandungan yang dimiliki lendir siput juga dapat meningkatkan kemampuan lapisan epidermis kulit manusia untuk mempertahankan kadar air sehingga kulit tetap lembap.  Wow, tons of benefits.

Perkembangan Teknologi si Siput

Sejumlah spa di Asia Tenggara terutama Thailand yang menyadari kegunaan lendir siput ini pun mengadaptasinya ke dalam perawatan facial.  Dengan durasi 45 menit, perawatan facial menggunakan siput ini memiliki tarif sekitar $30. Harganya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan Tokyo’s Ci:z.Labo, sebuah salon kecantikan yang menjadi pelopor perawatan snail massage dan facial ini. Spa yang menggunakan ‘jasa siput’ ini juga mulai berkembang di Cina dan London.

Tidak hanya digunakan dalam perawatan, lendir siput yang biasa disebut cairan mucus ini juga banyak dimanfaatkan bangsa Perancis dalam pembuatan berbagai produk kecantikan berbentuk krim dan lotion, terutama pelembap, serum dan spot treatment, hingga sampo. Pengetahuan ini juga dimanfaatkan oleh para peneliti Korea mengundang kesuksesan besar di Korea dalam 7 tahun terakhir.

Ingin tahu produk apa saja yang memanfaatkan lendir siput demi kecantikan? Klik disini.

PREVIOUS ARTICLE

Elizabeth Rahajeng for Sociolla

NEXT ARTICLE

Transformasi Masker GlamGlow Dalam Bentuk Cleanser

RELATED ARTICLES

comments