Beauty

Review: Betadine SC Antiseptik, Sabun Cair yang Katanya Ampuh untuk Mengatasi Jerawat!

Selain disebabkan oleh hormon dan pori-pori tersumbat, penyebab jerawat lain yang kerap jadi biangnya adalah propionibacterium acnes yang merupakan bakteri penyebab jerawat.  Kalau bakteri tersebut sudah terbentuk pada pori-pori wajah, sepertinya butuh perhatian khusus, nih! Apalagi, facial wash biasa umumnya tidak diformulasikan dengan kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri. Belakangan ini, ada sebuah produk yang cukup heboh dibincangkan di Instagram berkat khasiatnya dalam mengatasi masalah jerawat, yaitu Betadine SC Antiseptik. Kalau Anda mengikuti akun Instagram dari Andra Alodita atau Lizzie Parra, pasti sudah hafal dengan sabun cair yang satu ini. Hmm, saya tentunya langsung penasaran dan mencari produk ini saat sedang pergi ke mall. Tak perlu lama mencari, produk ini saya temukan di sebuah drugstore ternama. Kira-kira, Betadine SC Antiseptik benar-benar ampuh mengatasi jerawat nggak ya?

Kemasan, Kandungan, dan Klaim

Betadine SC Antiseptik

Betadine SC Antiseptik dikemas dalam flip top bottle berwarna merah. Ukurannya kecil dan tutupnya cukup kencang sehingga aman untuk dibawa bepergian. Sabun cair ini mengandung 7.5% povidone Iodine yang mampu mengatasi 99.9% kuman penyebab penyakit. Hanya kandungan itu saja yang tertera pada kemasannya. Sudah saya cari-cari ke internet pun tidak ada data lengkap mengenai apa saja kandungan dari sabun cair ini.

Wangi dan Tekstur

Betadine SC Antiseptik

Saat pertama kali mencobanya, saya agak kaget karena warna dan wanginya benar-benar persis seperti bau obat merah Betadine. Saya kira produk sabunnya akan sedikit lebih wangi dari obat merahnya. Jujur saja, awalnya wanginya terasa agak sedikit mengganggu. Namun, setelah dilanjutkan dengan penggunaan skin care lainnya, wanginya akan tersamarkan dan tidak terlalu menganggu lagi, kok! Lama-lama juga akan terbiasa. Untuk teksturnya, Betadine SC Antiseptik terbilang jauh lebih encer dibandingkan dengan sabun cair pada umumnya. Pokoknya, benar-benar mirip dengan obat merah Betadine, tetapi lebih thick.

Cara Pakai

Betadine SC Antiseptik

Kalau dilihat pada kemasan Betadine SC Antiseptik, cara pakai dari sabun cair ini adalah dengan menuangkan secukupnya pada tangan, busakan dan usapkan pada daerah yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 15-30 detik, lalu bilas hingga bersih menggunakan air. Untuk penggunaan pada wajah, sebaiknya Anda hanya memakai sabun ini saat dibutuhkan atau saat berjerawat saja. Tidak perlu digunakan sehari-hari. Nah, yang menarik dari sabun ini adalah banyak orang yang menggunakannya sebagai acne spot treatment. Cara penggunaannya pun sederhana. Sebelum tidur, cukup aplikasikan Betadine SC Antiseptik pada jerawat atau calon jerawat, lalu biarkan hingga esok harinya. Katanya sih, jerawat dapat langsung mengering atau bahkan kempes dan tidak jadi tumbuh.

Pendapat Saya

Saat memutuskan untuk mencoba produk ini, tentu saja wajah saya sedang berjerawat. Jerawat yang saya alami memiliki jenis yang berbeda, mild acne pustule pada area dahi dan mild cystic acne pada area pipi. Ketika mencoba produk ini, saya menggunakan Betadine SC Antiseptik sebagai pembersih tambahan. Jadi, sabun ini tidak menggantikan pembersih wajah yang biasa saya pakai. Untuk digunakan pada seluruh wajah, sabun ini meninggalkan rasa kesat di kulit wajah saya yang berjenis kombinasi cenderung berminyak ini. Namun, tidak terlalu membuat wajah kering. Saya menggunakan sabun ini selama 2-3 hari pada pagi dan malam. Hasilnya? Jerawat saya, khususnya pada area dahi mulai mereda dan berkurang. Namun, kulit saya tidak sampai benar-benar bersih karena tetap meninggalkan bekas jerawat.

Nah, hal yang paling membuat saya penasaran dari Betadine SC Antiseptik ini adalah keampuhannya dalam mengatasi jerawat saat digunakan sebagai acne spot treatment. Sayang sekali, cara ini tidak bekerja pada kulit saja. Kulit pada sekeliling jerawat memang terlihat mengering, tetapi jerawatnya sendiri tidak mengering. Entah tidak cocok dengan kulit saya, atau mungkin hanya bisa efektif bekerja pada jenis jerawat tertentu. Secara keseluruhan sih saya tidak ada keluhan mengenai produk ini dan akan tetap menggunakannya sebagai face wash saat diperlukan. Untuk masalah harga, Betadine SC Antiseptik ini saya beli seharga Rp45.000 untuk kemasan 100 ml. Karena penggunaannya tergolong jarang, pasti bisa awet dan tahan lama.

Kalau Anda sendiri bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Ingat ya, reaksi sebuah produk dapat berlainan pada setiap orang. Jika seandainya Anda membeli produk ini dan tidak cocok untuk digunakan pada wajah, produk ini tidak akan mubazir karena masih bisa digunakan pada seluruh tubuh. Jadi yaa tidak rugi-rugi amat, deh 😀

Baca juga: Review: Bebas Minyak Dan Jerawat Dengan Queen Helene Mint Julep Masque

PREVIOUS ARTICLE

Rekomendasi Lipstik Lokal untuk Bibir Kering yang Nyaman Digunakan Sepanjang Hari

NEXT ARTICLE

Rekomendasi Concealer Drugstore yang Mampu Samarkan Noda Gelap dan Kemerahan di Wajah

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments