Beauty

Review: Avene Cleanance Cleansing Gel, Pembersih Wajah Bebas Deterjen untuk Kulit Berminyak

Saat Harbolnas 1212 lalu, saya ‘iseng’ beli Avene Cleanance Cleansing Gel di Sociolla. Dari dulu memang saya tertarik coba, tapi entah kenapa belum benar-benar tergerak untuk membelinya. Kebetulan (atau sudah suratan takdir? Ha ha ha), Sociolla memberikan harga khusus untuk produk ini ketika Harbolnas. Banyak yang bilang produk ini bagus untuk yang punya kulit berminyak dan gampang jerawatan. Baca terus untuk tahu ulasan lengkapnya, ya.

Formula, Tekstur, Aroma

Review Avene Cleanance Cleansing Gel - Cover

Ada 3 fungsi utama yang ditawarkan produk ini, yaitu membersihkan, mengurangi minyak, dan menenangkan kulit. Untuk produknya ini, Avene menggunakan formula soap-free alias tidak menggunakan deterjen atau sabun. Ketika menggunakannya, saya memang tidak merasakan adanya sensasi kesat atau tertarik. Lembap banget! Formula soap-free ini juga mungkin akan lebih cocok untuk Anda yang punya kulit sensitif.

Untuk mengurangi minyak, Avene mengandalkan monolaurin yang merupakan bahan kimia hasil gabungan glycerol (di ingredients tercantum Glyceryl Laurate) dan lauric acid. Monolaurin biasanya ditemukan dalam minyak kelapa. Manfaatnya pun ada banyak, mulai dari mengurangi infeksi pada kulit berjerawat, mencegah pertumbuhan bakteri, sekaligus melembapkan kulit yang bisa berguna untuk mengontrol minyak pada wajah. Seperti pada produk Avene lainnya, ada kandungan Avene Thermal Spring Water sebagai pencegah iritasi dan menenangkan kulit yang mungkin meradang akibat jerawat.

Karena merupakan gel, tekstur pembersih wajah ini tentu saja lebih kental dan tidak cepat ‘hilang’ atau tipis ketika digosok pada tangan. Karena bebas deterjen, jangan harap busa yang dihasilkan akan sebanyak facial foam ya. Untuk yang terbiasa pakai pembersih wajah dengan busa berlimpah, mungkin akan merasa ‘aneh’ pada awalnya. Namun, rasa aneh ini akan berkurang setelah Anda merasakan kalau kulit terasa lebih bersih, segar, dan lembut setelah pemakaian. Sensasi segar ini juga didukung aromanya yang memiliki wangi lembut seperti sabun mandi.

Cara Pakai

Ada dua cara untuk menggunakan Avene Cleanance Cleansing Gel. Kalau melihat dari kemasannya, kita disarankan untuk membasahi kulit dengan air dan langsung menggunakan produk di wajah. Gunakan gel dengan memutar sambil diberi pijatan singkat, baru setelah itu dibilas. Dengan cara ini, gel tidak digosok-gosok dulu di tangan karena hal itu dilakukan pada wajah.

Nah, itu cara pertama. Cara kedua saya dapat dari video Avene yang ini. Gel dituangkan dulu pada tangan sambil diberi air sedikit demi sedikit. Ketika busa sudah dihasilkan, barulah kita gunakan pada wajah yang kering dengan gerakan memutar sambil sedikit dipijat. Dua-duanya sudah saya coba dan sama-sama tak ada masalah. Kalau saya sih lebih suka cara tradisional, menciptakan busa dulu di tangan baru digunakan pada wajah yang kering.

Oh iya, produk ini juga bisa digunakan pada tubuh. Kalau Anda sering mengalami jerawat di punggung atau bagian dada, Avene Cleanance Cleansing Gel ini juga bisa dipakai di area tersebut. Cara pakainya mungkin lebih cocok dengan cara pakai pertama ya.

Kemasan

Satu poin plus lainnya yang saya temukan pada Avene Cleanance Cleansing Gel adalah desain tutupnya. Ada segel khusus mirip seperti segel yang pernah saya temukan pada kemasan obat. Segelnya tidak menggunakan segel plastik bening atau stiker yang mudah lepas, melainkan segel pengunci yang harus kita tarik hingga lepas (dan perlu pakai sedikit tenaga, hosh hosh hosh…). Intinya, kemasannya anti-bocor dan terjamin dengan baik ketika Anda membelinya.

Review Avene Cleanance Cleansing Gel

Lalu, penutupnya menggunakan tutup putar yang mirip seperti botol kemasan cabai bubuk atau lada. Ketika diputar, barulah lubangnya terbuka. Lagi-lagi, diputarnya perlu pakai sedikit usaha. Bagus kok, karena jadi tidak gampang terbuka kalau Anda membawanya traveling.

Pendapat Saya

Saya memang punya kulit cenderung berminyak tapi tidak punya masalah jerawat parah. Selama saya memakai produk ini, I’m quite happy with the result. Klaimnya cukup terbukti. Saya biasa menggunakan makeup remover dulu untuk mengangkat minyak dan baru ditutup dengan pembersih ini. Kulit memang terasa lebih bersih dan segar. Plus, lembut! Untuk masalah minyak, kulit sih tidak serta merta berkurang minyaknya. Lagipula, kulit berminyak butuh perawatan ekstra untuk menyeimbangkannya dan kita juga kan harus memperhatikan makanan (saya penyuka gorengan, jadi ya sudahlah pasrah saja. Ha ha ha…) Namun, harus saya akui kulit memang terasa lebih lembap dan gel-nya tidak bikin kulit cepat berminyak kalau saya pakai pelembap setelahnya.

Review Avene

Avene Cleanance Cleansing Gel yang biasa saya temui dijual dalam ukuran 200 ml, namun saya menemukan ukuran yang lebih besar di Sociolla, yaitu 300 ml. Produk ini dijual dengan harga Rp499.000 dan saat itu saya membelinya dengan potongan harga 50%. So lucky! Kalau Anda punya masalah kulit berminyak dan gampang banget jerawatan, coba deh produk ini. Siapa tahu cocok!

 

 

Ingredients:
Avene Thermal Spring Water (Avene Aqua), Water (Aqua), Sodium Lauroyl Methyl Isethionate, Zinc Coceth Sulfate, Polysorbate 20, Sodium Cocoamphoacetate, Ceteareth-60 Myristyl Glycol, Peg-40 Hydrogenated Castor Oil, Green 5 (Ci 61570), Citric Acid, Disodium Edta, Fragrance (Parfum), Glyceryl Laurate, Sodium Benzoate, Sodium Hydroxide, Sodium Sulphate, Yellow 5 (Ci 19140), Zinc Gluconate.

PREVIOUS ARTICLE

Ingin Membeli Foundation Secara Online? Ini Trik Memilih Agar Dapat Produk yang Tepat

NEXT ARTICLE

Kerap Tampil Memesona di Berbagai Kesempatan, Berikut Inspirasi Makeup ala Putri Marino yang Menarik untuk Dicoba

RELATED ARTICLES

  • 5 Brand Skin Care Asal Perancis yang Perlu Dilirik Pemula

    […] Baca juga: Review Avene Cleanance Cleansing Gel, Pembersih Wajah Bebas Deterjen untuk Kulit Berminyak […]

  • UP – 5 Rekomendasi Gentle Facial Cleanser yang Aman untuk Kulit Sensitif

    […] Baca juga: Review: Avene Cleanance Cleansing Gel, Pembersih Wajah Bebas Deterjen untuk Kulit Berminyak […]

COMMENTS2 comments