ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

5 Alasan Mengapa Pemilik Kulit Acne-Prone Perlu Menghindari Produk Makeup Berbahan Silikon

Kandungan silikon dalam sebuah produk kecantikan khususnya complexion berfungsi untuk membuat tampilan wajah tampak lebih flawless dan halus, serta dapat menyamarkan tampilan pori-pori. Selain itu, biasanya produk makeup yang menggunakan silikon adalah makeup yang menawarkan klaim waterproof, karena fungsi lain dari silikon dalam produk kecantikan juga dapat membuat warnanya tahan lama dan tidak luntur saat terkena air atau keringat. Namun, di samping berbagai fungsinya yang mampu membuat penampilan terlihat maksimal, silikon adalah salah satu kandungan dalam produk makeup yang perlu dihindari atau digunakan seminimal mungkin khususnya bagi Anda yang memiliki jenis kulit acne-prone, loh. Mengapa? Berikut 5 alasannya!

Menyumbat kotoran dalam pori-pori

Layaknya sebuah plastic wrap yang digunakan untuk membuat makanan atau minuman dalam wadah tetap terlindungi, fungsi silikon dalam sebuah produk kecantikan juga demikian. Silikon menciptakan sebuah lapisan pada kulit yang dapat mengunci kelembapan kulit serta mengisi pori-pori. Namun, silikon juga bisa membuat kotoran, bakteri, sebum, dan sel kulit mati turut terperangkap serta menyumbat pori-pori. Kondisi inilah yang seringkali memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan juga komedo, terutama bagi pemilik kulit acne-prone.

Bisa menjadi penyebab jerawat

Makeup berjenis waterproof umumnya menggunakan silikon sebagai salah satu bahan utama. Dan dengan menggunakan makeup waterproof yang memiliki kandungan silikon selama lebih dari 8 jam secara tidak langsung akan turut membuat minyak, kotoran serta bakteri juga ikut terkunci di dalam pori-pori dalam waktu yang cukup lama. Kondisi tersebut dapat menyumbat pori-pori dan bisa memicu timbulnya jerawat atau breakout. Karena itu, silikon menjadi salah satu ingredient yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit yang rentan berjerawat.

Baca Juga: Kandungan Skin Care yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Rentan Berjerawat

Menyebabkan kulit menjadi kusam dan dehidrasi

Menumpuknya kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori karena terlalu sering menggunakan makeup dengan kandungan silikon dapat membuat kulit wajah menjadi tampak kusam. Tak hanya itu, lapisan di atas kulit yang terbentuk karena pemakaian makeup dengan kandungan silikon juga membuat kulit tidak bisa menyeimbangkan kadar kelembapan alaminya sehingga membuat kulit menjadi sangat kering atau dehidrasi.

Menghambat regenerasi sel kulit

Dalam jangka waktu sekitar 28 hari, kulit memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel kulit mati, meluruhkannya dan menggantinya dengan yang baru. Penggunaan makeup dengan kandungan silikon, ternyata juga menghambat proses regenerasi sel kulit karena menahan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori di permukaan kulit. Sehingga bagi Anda pemilik kulit yang rentan berjerawat, penggunaan makeup dengan kandungan silikon dapat berpotensi memicu timbulnya hiperpigmentasi, kulit yang kemerahan, bekas jerawat yang sulit hilang, hingga munculnya tanda-tanda penuaan.

Menghambat skin care terserap oleh kulit

Kandungan silikon yang ada di dalam produk kecantikan sangat sulit untuk dibersihkan dari wajah. Ketika menggunakannya, Anda perlu menggunakan makeup remover atau cleanser yang memang khusus untuk menghapus makeup waterproof yang umumnya menggunakan silikon. Menggunakan makeup remover biasa tidak akan mampu membersihkan makeup dengan sempurna dan meninggalkan residu. Sisa-sisa silikon pada makeup yang masih tertinggal dan menumpuk di permukaan kulit setelah membersihkan makeup akan menghambat skin care yang Anda gunakan, di mana produk skin care tidak akan mampu meyerap ke dalam kulit dan bekerja dengan maksimal.

Karenanya, sebisa mungkin pemilik kulit acne-prone perlu menghindari penggunaan produk kecantikan dengan kandungan silikon, untuk mengurangi efek negatif yang bisa ditimbulkannya. Namun, bila Anda terpaksa menggunakannya, pastikan untuk memerhatikan beberapa aturan dalam menggunakan makeup waterproof yang umumnya menggunakan silikon, agar kulit tetap sehat dan bebas masalah.

Baca Juga: Aturan Mengaplikasikan Makeup untuk Pemilik Kulit Acne-Prone

PREVIOUS ARTICLE

Review: Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Cream. Benarkah Sebagus Ulasan yang Beredar di Internet?

NEXT ARTICLE

Tampil Memukau pada Perayaan Imlek dengan Inspirasi Makeup Sesuai Warna Keberuntungan Berdasarkan Shio

RELATED ARTICLES

COMMENTS

2comments


  • Syifa Nurhanifa1 week ago

    infonya sangat bermanfaat

  • Dzakia Wranggana4 weeks ago

    terima kasih infonya