ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Perjalanan Emina Selama 4 Tahun Mewarnai Industri Kecantikan Tanah Air

Happy birthday Emina!

Bulan ini, tepatnya tanggal 13 Maret 2019, Emina Cosmetics baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-4. Brand yang identik dengan kesan fun dan playful ini sukses menjadi salah satu brand lokal favorit perempuan Indonesia, baik yang masih pemula maupun yang sudah lihai merias diri. Kesuksesan Emina hingga berhasil menjadi sebesar sekarang tentu tidak lepas dari kerja keras tim brand yang berada di bawah naungan PT Paragon Technology ini. Kira-kira, ada kisah menarik apa ya di balik perjalanan Emina di industri kecantikan tanah air? Beruntung sekali, tim Beauty Journal berkesempatan untuk mengobrol langsung dengan Clarissa Gunawan selaku Brand Manager Emina. Yuk, simak obrolan kami!

Emina Cosmetics

Seperti yang telah kita ketahui, Emina identik sekali dengan image yang fun dan playful. Apakah Clarissa dan tim melihat bahwa pasar di Indonesia sangat menyukai produk-produk kecantikan yang demikian?

Sebenarnya waktu itu kami lihat kalau market kosmetik di Indonesia sudah berkembang banget. Namun, banyak konsumen yang merasa belum ada brand yang memiliki karakter yang sesuai dengan dirinya. Istilahnya, belum ada yang “aku banget”, terutama untuk anak-anak muda. Lalu, kami juga sempat melakukan survey dan melihat kalau di luar negeri tuh sudah banyak brand yang punya konsep unik, dan berhasil menjadi signature. Misalnya, di US ada Benefit Cosmetics, di Jepang ada Canmake, belum lagi di Korea yang memang kaya banget akan banget brand kosmetik berkonsep unik

Nah, kita lihat kalau di Indonesia belum ada nih yang seperti ini. Padahal sebenarnya banyak lho masyarakat Indonesia yang tertarik, hanya saja produk seperti itu masih sulit didapat atau memiliki harga yang terlalu tinggi. Akhirnya, kita pun memiliki konsep dengan image yang fun dan playful, serta memiliki target anak remaja.

Berapa lama persiapan yang dilakukan Emina dan tim sebelum resmi merilis produk-produknya? Boleh diceritakan juga sedikit perjalanannya?

Kami pertama kali launching tuh di bulan Maret 2015, sedangkan proses pengembangannya sendiri berlangsung dari April 2014. Jadi, kira-kira butuh waktu 11 bulan untuk mempersiapkan brand ini, mulai dari pemilihan nama, konsep, desain, target audience, hingga produknya sendiri. Sebelum launching, kami juga sempat 2-3 kali ganti konsep hingga akhirnya memutuskan untuk jalan dengan konsep ini.

Kendala apa saja yang dihadapi selama 4 tahun ini?

Kalau dibilang kendala sih sebenarnya tidak ada, mungkin lebih ke ketakutan kami sendiri saja. Misalnya, waktu pertama kali launching tuh kami agak takut kalau konsumen belum bisa menerima brand baru dengan konsep seperti ini. Untungnya, seiring dengan berjalannya waktu, brand kami bisa semakin diterima oleh konsumen. Kalau sisanya, mungkin lebih ke tantangan kali ya? Salah satunya, yaitu gimana caranya kami sebagai brand baru bisa terus keep up sama tren dan menghasilkan produk baru yang inovatif, tetapi dalam waktu yang cepat.

Meski belum begitu lama, namun empat tahun tahun bukanlah waktu yang singkat. Well, bagaimana strategi Clarissa dan tim dalam membesarkan nama Emina hingga seperti saat ini?

Dari dulu sampai sekarang, Emina selalu balik ke konsumen. Kami selalu berupaya untuk melakukan interaksi dan komunikasi dengan konsumen agar dapat mengetahui kebutuhan konsumen tuh seperti apa, lalu pendapat konsumen seperti apa. Bentuk komunikasi inilah yang membantu kami untuk terus melakukan inovasi. Selain itu, kami juga berusaha mempertahankan kualitas, dengan harga yang affordable. Akhirnya, konsumen pun balik lagi dan lagi.

Emina Cosmetics

Bagaimana Clarissa melihat persaingan dengan brand kecantikan lokal lainnya?

Industri kosmetik di Indonesia tuh perkembangannya pesat banget. Salah satu penyebabnya, tentu berkat kehadiran brand-brand lokal juga. Nah, dengan hadirnya brand lokal yang semakin banyak ini, industri kecantikan jadi lebih exciting! Konsumen jadi lebih ngerti, smart, dan semakin terbuka dengan inovasi. Kepercayaan terhadap brand lokal pun semakin meningkat! Jadi, dibanding menganggap kalau brand lokal lainnya sebagai saingan, kami justru merasa terbantu sih karena kami kan sama-sama turut membantu market kosmetik di Indonesia semakin tumbuh.

Apa saja yang menjadi keunggulan Emina, sehingga bisa tetap disukai wanita Indonesia di tengah gempuran brand lokal baik indie maupun big company?

Emina selalu mengutamakan inovasi, hal ini juga terbukti dari produk-produk best seller Emina yang kebanyakan merupakan produk inovatif, seperti Cheeklit Cream Blush, misalnya. Selain itu, kami juga termasuk brand yang terdepan dalam meluncurkan sebuah produk. Seperti waktu meluncurkan lip tint, kami jadi brand yang paling pertama dibandingkan brand lain. Kalau dibandingin sama brand indie, channel distribusi kami lebih merata, sehingga lebih mudah untuk didapatkan.

Kehadiran Emina sebagai brand yang tergolong baru dan memiliki konsep playful juga membuat kami lebih bisa explore. Emina juga termasuk salah satu brand yang menjadi pionir dalam menyuarakan standar kecantikan yang berbeda-beda, lho! Sesuai dengan tagline kami, “Born to Be Loved”.

Emina Bare With Me Mineral Cushion

Makna cantik bagi Emina?

Banyak orang yang percaya kalau beauty is pain, hal ini membuat Emina ingin mengenalkan konsep baru kalau beauty is fun. Balik lagi ke tagline kami “Born to Be Loved“, kami ingin menyampaikan ke para konsumen kalau semua orang itu cantik dengan keunikan, karakter, personality, dengan bentuk tubuh yang berbeda-beda. Dibanding menjadi tidak pede karena merasa tidak sesuai standar kecantikan yang beredar di masyarakat, Emina lebih terdorong untuk mengajak para perempuan untuk lebih bisa menerima dan mencintai dirinya sendiri.

Hero product dari Emina atau yang paling jadi best seller?

Kalau hero product yang juga jadi best seller dari Emina ada Cheeklit Cream Blush, Creamatte, Cheeklit Pressed Blush, dan kalau dari skin care-nya, ada Sun Protection SPF 30. Selain itu, ada juga produk Sugar Rush Lip Scrub, Magic Potion, dan Lip Tint Eraser.

Emina Cosmetics

Dari sekian banyak produk yang ditawarkan, Clarissa paling suka dengan yang mana?

Hmm, yang mana ya? Banyak banget nih soalnya, hahaha! Kalau diurutkan dari awal ya, aku paling suka dengan Dot Burst Face Wash karena cocok banget di kulit aku yang kering. Lalu, aku juga suka dengan Cheeklit Cream Blush, Creamatte, dan Magic Potion. Oh, ya! Masquerade Face Mask juga aku suka banget!

Emina Cosmetics

Well, saat ini beberapa brand kecantikan lokal mulai berkolaborasi dengan para beauty influencer. Apakah Emina akan turut melakukan hal tersebut?

Selama ini kolaborasi Emina dengan beauty influencer memang baru berupa product launching aja, belum sampai ke tahap pengembangan produk. Sebenarnya ada ketertarikan juga sih, tim kami sendiri juga sudah pernah beberapa kali melakukan diskusi. Namun, idenya masih digodok dengan tim internal. Tunggu saja, ya!

Bocoran tentang rencana Emina selanjutnya di tahun ini?

Tahun ini Emina akan lumayan banyak melakukan launching produk baru, mulai dari tekstur baru hingga varian baru. Nah, yang baru bisa aku bocorin, yang akan launching dalam waktu dekat tuh Emina Creamatte Metallic. Selain launching product, Emina juga akan mengadakan campaign dalam rangka merayakan ulang tahun Emina ke-4 dan campaign Beauty Bestie yang pastinya nggak kalah seru!

PREVIOUS ARTICLE

Inspirasi dan Tips Makeup dari Marlene Hariman, Sekaligus Pilihan Produk Favoritnya

NEXT ARTICLE

5 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut dari Brand Lokal yang Layak Anda Coba

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

10comments


  • Wiwin Darwini3 hours ago

    brand favorite ❤️❤️

  • Wiwin Darwini3 hours ago

    brand favorite ❤️

  • Wiwin Darwini3 hours ago

    brand favorite akuh

  • Wiwin Darwini3 hours ago

    brand favorite ❤️

  • Wiwin Darwini3 hours ago

    brand favorite ❤️❤️

  • Wiwin Darwini3 hours ago

    brand favorite ❤️❤️

  • Wiwin Darwini3 hours ago

    brand favorite ❤️❤️

  • Wiwin Darwini3 hours ago

    brand favorite ❤️❤️

  • Wiwin Darwini3 hours ago

    brand favorite ❤️❤️

  • Imaniyah1 day ago

    bwek