ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Ingin Mendapatkan Rambut Sehat dan Berkilau? Yuk Coba Perawatan Rambut ala Korea!

Selama ini, tren perawatan kulit wajah dari Korea, atau yang dikenal dengan 10 steps Korean skin care routine, pasti sudah akrab di telinga Anda. Kalau Korean hair care routine, sudah pernah dengar? Sayangnya perawatan rambut memang belum banyak menyita perhatian setiap orang. Jangankan serum rambut, kondisioner saja belum tentu rutin dipakai. Padahal rambut juga memiliki peran besar dalam menentukan penampilan kita, lho. Sayang kan kalau kulit wajah sudah terawat, namun rambut malah terlihat rusak dan kusam. Nah, untuk Anda yang ingin memberikan perhatian lebih pada rambut, perawatan rambut ala Korea ini bisa jadi pilihan. Perawatan rambut ini sangat efektif untuk menghindari rambut dari kekeringan, sekaligus memelihara kesehatannya. Tertarik mencoba? Lihat langkah perawatannya di bawah ini, yuk!

Scalp Treatment

korean hair care routine

Tahap pertama dalam rutinitas perawatan rambut ala Korea adalah merawat kulit kepala. Sama seperti kulit wajah, kulit kepala juga harus dijaga kebersihannya agar bebas dari minyak, sisa-sisa produk, dan lapisan kulit mati. Kulit kepala yang terjaga kesehatan dan kebersihannya dapat membuat rambut memiliki warna asli yang tahan lama dan tekstur yang tetap lembut. Untuk merawat kulit kepala, ada produk khusus yang disebut scalp scalers atau scalp shampoo. Scalp scalers dapat mengangkat minyak, kotoran, serta sel kulit mati pada kulit kepala dan menjadikan kulit kepala lebih sehat. Gunakan produk ini dengan cara memijat dan fokuskan pada kulit kepala saja. Selain membersihkan, eksfoliasi kulit kepala juga dapat menjadi salah satu cara untuk merawat kulit kepala. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan menggunakan boar brush. Bristle dari boar brush akan mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari kulit kepala sekaligus memperlancar peredaran darah.

Shampoo + Conditioner

korean hair care routine

Setelah kulit kepala, sekarang waktunya merawat rambut. Perawatan rambut berupa keramas dan memakai kondisioner merupakan jenis perawatan yang sangat umum dilakukan banyak orang. Lakukan tahap ini seperti rutinitas normal Anda. Pilihlah sampo yang tidak membuat kulit kepala Anda kering dan memiliki setidaknya 10 kandungan tanaman di dalamnya. Pastikan juga untuk memijat kulit kepala dengan baik agar semua manfaat sampo dapat terserap dengan baik pada kulit kepala. Selesai mencuci rambut, aplikasikan kondisioner seperti biasa. Tapi perhatikan juga cara mengaplikasikannya, ya. Sebaiknya kondisioner hanya digunakan pada batang rambut dan tidak untuk kulit kepala. Hal ini untuk mencegah kondisi kulit kepala mudah berminyak dan lepek, karena kondisioner berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut agar tidak menjadi frizzy.

Baca juga: Perawatan Hemat ala Salon di Rumah dengan Hair Mask yang Membuat Rambut Lebih Lembut dan Mudah Diatur

Hair Treatment

korean hair care routine

Langkah selanjutnya adalah produk perawatan rambut. Untuk memaksimalkan kelembapan rambut, Anda membutuhkan produk perawatan rambut yang lebih kaya akan kandungan yang mampu menutrisi. Produk perawatan ini dapat berupa hair mask atau deep conditioner. Pilih produk yang sesuai kebutuhan rambut. Deep conditioner cocok untuk Anda yang membutuhkan kelembapan ekstra pada bagian rambut saja, sedangkan hair mask cocok untuk Anda yang membutuhkan perawatan rambut dari akarnya. Dalam menggunakannya, kedua produk ini sama-sama perlu didiamkan beberapa saat sebelum akhirnya dibilas hingga bersih. Untuk memaksimalkan penyerapan produk pada rambut atau kulit kepala, Anda bisa menggunakan shower cap sambil memijat kepala dari luar. Atau Anda bisa membungkus rambut dengan handuk yang sudah dipanaskan.

Hair Essence

korean hair care routine

Last but not least, hair essence! Dalam tahap ini, tidak hanya produk berupa essence saja yang bisa Anda gunakan. Tahapan terakhir ini berfungsi untuk mengunci kelembapan dan melindungi rambut Anda hingga beberapa hari ke depan. Anda bisa menggunakan leave in conditioner, hair essence, hair serum atau hair oil. Leave in conditioner berfungsi untuk melembutkan rambut dan menjaganya agar tetap lembap. Hair essence memiliki fungsi untuk menghidrasi dan menutrisi rambut serta menjaganya tetap lembut dan berkilau. Hair serum berfungsi untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan polusi. Sedangkan hair oil memiliki fungsi untuk menutrisi dan memberikan kilau pada rambut secara alami. Semua penggunaan produk ini tidak perlu dibilas lagi dan cukup digunakan pada bagian bawah rambut saja. Untuk meratakan produk dengan baik, gunakan bantuan sisir. Setelah semua langkah selesai dilakukan barulah Anda bisa mengeringkan rambut. Baik dengan cara blow dry, atau towel dry.

Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut dengan Perawatan Simpel Menggunakan Hair Oil Milik Brand Lokal Berikut

PREVIOUS ARTICLE

3 Fakta Seputar Skin Care Dari Ahli Kulit Eropa Ini Perlu Anda Ketahui!

NEXT ARTICLE

Mengenal Mesty Ariotedjo, Brand Ambassador Terbaru Wardah yang Multitalenta

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments