ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Tak Hanya Kulit Wajah, Ini Dia Pentingnya Rutin Mengeksfoliasi Kulit Kepala!

Untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan manfaat eksfoliasi kulit bukan? Meskipun tubuh secara alami mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru, proses eksfoliasi dapat membantu menyingkirkan tumpukan sel kulit mati pada permukaan kulit. Nah, rutinitas eksfoliasi ini biasanya hanya terfokus pada kulit wajah dan leher saja. Padahal, bagian permukaan kulit lainnya juga penting untuk di eksfoliasi, salah satunya kulit kepala. Mengapa kulit kepala juga penting untuk dieksfoliasi secara rutin? Simak alasannya di bawah ini, yuk!  

Manfaat Eksfoliasi untuk Kulit Kepala

Kulit Kepala

Menurut Dr. Erum Ilyas, MD, seorang ahli dermatologi dari Montgomery Dermatology di Pennsylvania, seiring berjalannya waktu orang-orang akan mengalami penumpukan residu dari produk rambut yang digunakan, seperti sampo dan kondisioner, serta akumulasi minyak alami dan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Nah, proses eksfoliasi kulit kepala ini sangat penting untuk membuat kulit kepala terhindar permasalahan kulit kepala yang umum terjadi, seperti terkelupas, kering, dan gatal. Tak hanya itu, kulit kepala yang sehat juga merupakan kunci dari rambut yang sehat dan berkilau, lho!

Lebih lanjut, Dr. Ilyas menyebutkan bahwa jika Anda tidak mengatasi penumpukan residu tersebut, terutama bila mengalami berbagai permasalahan dan meningkatnya sensitivitas di area kulit kepala, hal tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan dapat menyebabkan kondisi kulit kepala yang kronis seperti psoriasis dan dermatitis seboroik.

Baca Juga: Memiliki Bentuk yang Hampir Mirip, Ini yang Membedakan Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Memulai Eksfoliasi Kulit Kepala untuk Rambut yang Lebih Sehat

Kulit Kepala

Layaknya produk eksfoliasi untuk kulit wajah, produk eksfoliasi kulit kepala terdiri dari dua jenis, yaitu eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimia. Keduanya berfungsi menghilangkan penumpukan sel kulit mati, kelebihan minyak, dan ketombe. Eksfoliasi kulit kepala biasanya dilakukan pada rambut yang basah dan baru dikeramas. Setelah menyisir dan memisahkan bagian-bagian rambut Anda, terapkan produk eksfoliasi dengan ujung jari secara merata di seluruh area kulit kepala. Anda juga bisa menggunakan sikat atau sarung tangan yang dirancang untuk eksfoliasi kulit kepala. Jika Anda menggunakan produk eksfoliasi fisik, gosoklah dengan gerakan memutar yang lembut dan jangan lupa untuk memijat kulit kepala.

Lalu, produk eksfoliasi apa saja yang bisa Anda gunakan untuk kulit kepala? Jika tertarik menggunakan produk eksfoliasi fisik untuk mengangkat sel-sel kulit mati, Anda bisa mencoba L’Oreal Paris EverFresh Micro-Exfoliating Scrub yang diperkaya dengan biji aprikot untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang menumpuk di kulit kepala dengan lembut. Sementara itu, Briogeo Scalp Revival Charcoal + Tea Tree Scalp Treatment bisa menjadi pilihan Anda untuk eksfoliasi kimia. Diperkaya dengan binchotan charcoal dan tea tree oil untuk mendetoksifikasi kulit kepala, mengangkat kotoran, menyeimbangkan kembali pH, dan mendorong pertumbuhan rambut baru yang sehat.

Tak hanya itu, Anda juga dapat membuat sendiri produk eksfoliasi kulit kepala menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah Anda, salah satunya seperti scrub kepala dari brown sugar dan oatmeal berikut ini.

Bahan yang diperlukan:

2 sendok makan brown sugar

2 sendok makan oatmeal, ditumbuk halus

2 sendok makan kondisioner rambut favorit Anda

Kombinasi brown sugar dan oatmeal menciptakan produk eksfoliasi fisik yang akan membantu mengelupas sel-sel kulit mati di kulit kepala. Setelah Anda keramas, oleskan campuran ini ke rambut yang masih basah. Gunakan gerakan melingkar yang lembut untuk mengeksfoliasi kulit kepala, dan bilas sampai bersih.

Baca Juga: Jangan Diabaikan! Yuk Ketahui Lebih Lanjut Tentang Jerawat Pada Kulit Kepala!

Anda disarankan untuk mengeksfoliasi kulit kepala Anda sekali atau maksimal dua kali seminggu. Mengapa? Hal ini dikarenakan eksfoliasi akan menghilangkan minyak dari kulit kepala Anda, sehingga eksfoliasi yang sering akan menyebabkan kulit kepala memproduksi minyak berlebih. Anda harus menghindari paparan sinar matahari langsung setelah menjalani proses eksfoliasi kulit kepala. Jika perlu melakukan kegiatan di luar ruangan, pastikan Anda mengenakan topi atau gunakan produk SPF yang diformulasikan untuk kulit kepala dan rambut.

PREVIOUS ARTICLE

Clinique Hadirkan Produk Perawatan Wajah di Malam Hari dengan Kandungan Retinol untuk Melawan Penuaan Kulit

NEXT ARTICLE

Ragam Tips Penggunaan Bulu Mata Palsu untuk Hasil yang Maksimal

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

COMMENTS

3comments


  • shinta raraninggar1 month ago

    waaah perlu dicoba

  • Niken kusuma1 month ago

    waaa akuu baru tau kalo kulit kepala juga butuh di exfoliate, thanks infonya!

  • Ria R S1 month ago

    Aku pake dr kiehl's yg scalp treatment gara2 sering pake dry shampoo