ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Perlukan Permasalahan Jerawat Ditangani dengan Penggunaan Antibiotik? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Jika berbicara mengenai masalah kulit yang paling sering dialami oleh para wanita, tentu Anda tidak akan melupakan jerawat, bukan? Jerawat yang muncul di kulit wajah, apalagi yang meradang dan menimbulkan rasa sakit, merupakan salah satu masalah kulit yang bisa membuat frustasi. Apalagi, ketika jerawat tersebut tidak mudah hilang. Padahal, Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menyingkirkannya. Terkadang, pilihan terakhir Anda untuk mengenyahkan jerawat adalah menggunakan antibiotik yang biasanya dijual secara bebas di apotek. Namun, perlukah sebetulnya penggunaan antibiotik untuk mengobati jerawat yang membandel? Simak pembahasannya di bawah ini, yuk!

Penyebab Jerawat

Jerawat

Seperti yang Anda telah ketahui, munculnya jerawat bisa diakibatkan oleh berbagai faktor. Selain bisa disebabkan oleh kelenjar sebasea yang terlalu aktif, sehingga menghasilkan minyak berlebih, peradangan atau inflamasi juga bisa menjadi salah satu pendorong yang kuat di balik munculnya jerawat. Bahkan, inflamasi yang ditandai dengan kemerahan pada kulit wajah bisa terlihat sebelum jerawat muncul. Kondisi inflamasi ini bisa disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes. Namun, ini hanyalah salah satu faktor yang bisa merangsang munculnya peradangan yang menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Hati-hati, Salah Penanganan Jerawat Bisa Menyebabkan Kondisinya Semakin Parah. Cari Tahu Alasannya di Sini!

Faktor genetik, hormon, kondisi emosional, dan asupan makanan juga bisa menjadi penyumbang terbesar terjadinya jerawat. Makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti, nasi, pasta, dan makanan yang terlalu manis, sering dikaitkan dengan timbulnya jerawat karena makanan tersebut dapat meningkatkan produksi minyak dan pergantian sel kulit pada wajah. Nah, rupanya hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan bakteri Propionibacterium acnes yang berada di udara bebas dapat terjebak di pori-pori kulit dan menyebabkan peradangan di kulit wajah.

Penggunaan Antibiotik untuk Mengobati Jerawat yang Meradang

Jerawat

Sebelum dunia medis sudah maju seperti sekarang ini, antibiotik sering direkomendasikan oleh para dokter untuk mengobati jerawat karena masalah kulit tersebut dianggap dapat menular. Namun, saat ini sudah muncul hasil penelitian  yang menyatakan bahwa jerawat bukanlah hasil dari infeksi bakteri karena sebetulnya semua orang dewasa secara alami memiliki bakteri Propionibacterium acnes di pori-pori kulit. Kehadiran bakteri Propionibacterium acnes ini sendiri lebih kepada memperparah kondisi jerawat karena inflamasi.

Baca Juga: Suntik Jerawat, Benarkah Efektif untuk Atasi Masalah Jerawat yang Meradang?

Oleh karena itulah, tidak semua jenis jerawat bisa diobati menggunakan antibiotik. Golongan antibiotik tetrasiklin, seperti doxycycline dan minocycline, paling sering direkomendasikan oleh dokter untuk melawan jerawat yang sangat parah hingga muncul benjolan merah, pustula, dan kista yang menyakitkan. Biasanya, antibiotik tersebut diresepkan bersama dengan obat jerawat topikal atau oles (salah satunya retinoid) yang digunakan selama sekitar tiga sampai empat bulan agar tubuh tidak mengalami resistensi antibiotik.

Jerawat

Jika Anda hanya berurusan dengan komedo, seperti whitehead atau blackhead, penggunaan antibiotik untuk mengobati jerawat mungkin bukanlah hal yang tepat. Whitehead dan blackhead adalah bentuk jerawat non-inflamasi yang lebih baik diobati dengan produk yang dijual bebas dengan kandungan seperti benzoyl peroxide, yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat,. Atau, bisa juga menggunakan produk berkandungan  salicylic acid yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih serta mengelupas sel-sel mati dari kulit.

Baca juga: 5 Selebriti yang Punya Masalah Jerawat dan Cara Mereka Mengatasinya

PREVIOUS ARTICLE

Dengan Harga Hanya Rp.88.000, Ini Dia 5 Liquid Foundation Berkualitas yang Bisa Anda Temukan di Sociolla!

NEXT ARTICLE

Inilah 5 Alasan Mengapa Make Over Multifix Matte Blusher Layak untuk Dicoba

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

COMMENTS

8comments


  • Dita Napitupulu1 week ago

    🙏🙏🙏

  • Jilian Piolin1 week ago

    Coba deh👌

  • Ela Salsabel1 week ago

    👍

  • Ratri Ayuni Dewi1 week ago

    🙏

  • ribka tiomaida1 week ago

    👍

  • Krisnia Ardhia1 week ago

    bermanfaat

  • erica natalia1 week ago

    ok

  • Nurfarahin Nurfarahin1 week ago

    Hmmm jadi harus hati2 pakai antobiotik, 👍🏻